Mendorong Peningkatan Efektivitas Digitalisasi Layanan di PT Dayamitra Telekomunikasi

Yusi Hasnia Balqis, Rodlial Abubakar

Abstract


Meningkatnya jumlah pendirian pembangunan menara membuat banyaknya dokumen BAST pada setiap kontrak kerjasama kerap mengalami keterlambatan penyelesaian yang berakibat terhadap terlambatnya proses pembayaran terhadap mitra kerja di PT Dayamita Telekomunikasi, hal ini membuat perusahaan akhirnya menerapkan digitalisasi pada proses pemeriksaan dokumen BAST. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rekomendasi solusi dalam membangun efektivitas program digitalisasi layanan administrasi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini yaitu mitra kerja, pegawai administrasi, dan manager construction di PT Dayamitra Telekomunikasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa penerapan digitalisasi layanan pada proses pemeriksaan dokumen berita acara serah terima berjalan efektif hal ini dipahami melalui penyelesaian pemeriksaan dokumen berita acara serah terima yang dapat selesai tepat waktu serta mitra kerja dapat memperoleh bayaran atas kerjasama dengan tepat waktu. Adapun rekomendasi dari penelitian ini yaitu perlu dilakukan integrasi oleh manager konstruksi dengan pihak-pihak yang berkepentingan atas pengimplementasian digitalisasi pada layanan pemeriksaan dokumen, dan peningkatan pada fasilitas untuk menunjang kinerja pegawai dalam menciptakan layanan yang efektif.


Keywords


Efektivitas layanan; Digitalisasi layanan; Administrasi.

Full Text:

PDF

References


Abubakar, R. R. T., & Ravenska, N. (2021). Pemanfaatan E-Study pada Kegiatan Pembelajaran di Politeknik STIA LAN Bandung. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8(6), 345. https://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3739

Alfiena, N. N., & Abubakar, R. R. T. (2023). Pelaksanaan Penilaian Kinerja di PT Taspen (PERSERO) Kantor Cabang Utama Bandung. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 7.0, 115–119.

Andikaputra, F., Yulandary, W., Zulvia, P., & Nugroho, A.B. (2022). Meninjau Efektivitas Sistem Rely-on Dalam Menunjang Pengelolaan Pelanggan Pada PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) Area Batam. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(2), 143-162. https://doi.org/10.32815/jpro.v3i2.1445

As-Sajjad, M. D., Agustina, I., & Wiradiputra, I. A. (2023). Assessing Technical, Functional And Image Aspects Of Service Quality And Their Impact On Citizen Satisfaction. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 7(2), 173–188. https://doi.org/10.30741/adv.v7i2.1215

Kawidjaya, S. P., Nugroho, A. B., Pradesa, H. A., & Taufik, N. I. (2023). Persepsi Atas Kualitas Sistem Dan Informasi Dalam Mendorong Kepuasan Pengguna Sistem BJB Greens. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 7775–7788. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2548

Maharani, H. K., Abubakar, R. R. T., Sufianti, E., & Rahmawati, A. (2023). Collaboration Model of Masagi Bersih Program in Supporting the Village Sustainable Development (Study Case: Ciburial Village, Cimenyan District, Bandung Regency, West Java). Fourth International Conference on Administrative Science (ICAS 2022), 71–82.

Maulana, R.R., Priatna, R. (2021). Perancangan Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan dalam Menunjang Digitalisasi Desa. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8 (6), 419 – 423. http://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3753

Mugiarto, M., Agustina, I., & Suryaman, W. (2023). Adopsi Teknologi Aplikasi Aset Dan Kompetensi Pegawai Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Pengelolaan Barang Milik Negara Di Sopd Kota Cimahi . Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 4823–4835. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2800

Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2015). Manajemen Pelayanan Publik (1st ed.). Pustaka Setia.

Mutiarin. (2014). Manajemen Birokrasi dan Kebijakan Publik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pujihartanti, E. (2022). Analisis Kelayakan Investasi Pembangunan Menara BTS (Base Transceiver Station) oleh Provider Penyedia Menara (Survey di Desa Lembur Awi, Kec Pacet, Kab Bandung). Jurnal Pajak & Bisnis, 3(1), 166–175.

Pulungan, E. W. (2021). Pembuatan Sistem Otomatisasi Berita Acara Serah Terima Pekerjaan Terintegrasi di Pusat Pelayanan Teknologi BPPT.

Sofiani, N., & Riani, A. (2021). Rancangan Sistem Pengendalian Manajemen Menggunakan Metode Six Sigma di Digital Innovation Lounge (dilo) Bandung. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 2(2), 16-25. https://doi.org/10.32815/jpro.v2i2.836

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sundaningsih, M., & Abubakar, R. R. T. (2023). Penerapan Tim Kerja di Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 7.0, 120–124.

Syawali, A.Z.S., Harahap, A.S., Pradesa, H.A., Andikaputra, F.A.T. (2023).Analisis Penggunaan Aplikasi BJB DIGI Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 624 – 633. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1205

Taufik, N.I., Wijayanti, R. (2021). Penerapan E-Office di Lingkungan Politeknik STIA LAN Bandung. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8 (6), 424-428. http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3754

Taufik, N.I., Sulistianti, I., Pradesa, H.A. (2022). Penilaian risiko pada layanan pembayaran pensiun PT Asabri Bandung: Sebuah praktek terbaik untuk penguatan tata kelola perusahaan. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5 (2), 857-867. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i2.1729

Wulandari, I., Priatna, R., & Andikaputra, F. A. (2022). Sumedang Regency ASN Digital Literacy (ASN Digital Literacy Improvement Strategy Sumedang Regency). PubBis : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 6(2), 192–202. https://doi.org/10.35722/jurnalpubbis.v6i2.638

Wulandari, I., Priatna, R., & Andikaputra, F. A. (2021). Intellectual Capital Implementation Strategy Based on the Industrial Revolution 4.0 at the Bandung City Information and Communication Office. 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 285-288. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.054


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)