Analisis Perubahan Perilaku Sosial Akibat Game Online (Studi Kasus di Mahasiswa Semester 7 STIA SEBELAS APRIL SUMEDANG)

Eldi Akbar Kurniawan, Ridha Arifah Adami, Nita Rismayanti, Desi Anggraeni, Arif Rahman Sudrajat

Abstract


Penelitian ini berjudul Analisis Perubahan Perilaku Sosial Akibat Game Online, Studi Kasus di Mahasiswa Semester 7 D STIA Sebelas April Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan kebutuhan mahasiswa dari bermain game online dan untuk mengetahui penyimpangan perilaku yang diakibatkan oleh penggunaan game online, serta mengetahui upaya untuk menanggulangi dampak negatif game online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis deksriptif. Game online menjadi salah satu jenis permainan yang tidak memandang usia dan waktu. Sejauh ini game online paling banyak dimainkan oleh laki-laki. Alasan mahasiswa menggunakan game online cukup beragam, diantaranya adalah game online merupakan sarana hiburan dan untuk mengisi waktu luang serta menghilangkan stress. Game online yang dimainkan secara terus-menerus menimbulkan kesenangan yang selalu ingin diulang-ulang. Adapun dampak negatif dari penggunaan game online yaitu mudah mengalami perubahan emosi seperti mudah tersinggung, menjadi kurang responsif dan kurang peka terhadap lingkungan sekitarnya. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa tidak seharusnya seperti itu. Adapun solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketergantungan game online dimulai dari diri sendiri, bantuan keluarga bahkan peran pemerintah juga dibutuhkan untuk mengatasi hal ini.

Kata Kunci: perilaku sosial; game online


Full Text:

PDF

References


Ayu Pitaloka, Ardanareswari. 2013. Perilaku Konsumsi Game Online Pada Pelajar (Studi Fenomenologi tentang Perilaku Konsumsi Game Online Pada Pelajar di Kelurahan Gemolong, Kabupaten Sragen tahun 2013). Sosialitas, Vol 3 (1), p 3.

Hartono, Teguh. 2019. Perkembangan Game Online di Indonesia.

http://www.pulsagram.com/blog/perkembangan-game-online-di-indonesia/

Wati, Rosa. 2013. Perkembangan Teknologi.

https://sites.google.com/site/escampur1002/perkembangan-teknologi

Zarqawysalahudin. 2016. Dampak Game Online Terhadap Perilaku Sosial Remaja Ditinjau Ditinjau dari Pendekatan Behavior. Riset Tugas Akhir. Tegal: Universitas Pancasakti.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)