Telaah Kritis Tentang Konsep Kepercayaan Masyarakat: Peran Serta Tehnologi, Informasi dan Komunikasi

Iin Agustina, Riza Bahtiar Sulistyan, Rizky Pramuditha

Abstract


 

Artikel ini bertujuan untuk melakukan telaah kritis terhadap konsep kepercayaan masyarakat dengan fokus pada peran serta teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) dalam membentuk dan memengaruhi kepercayaan publik terhadap pemerintah dan atau institusi publik. Konsep kepercayaan masyarakat sendiri merupakan isu penting dalam administrasi publik, karena dapat mempengaruhi hubungan antara warga negara dan pemerintah, serta penyediaan layanan publik yang berkualitas. Artikel ini melibatkan analisis literatur yang mencakup beberapa hasil empiris penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kepercayaan masyarakat, terutama dalam konteks TIK. Hasil dari telaah kritis ini menggambarkan bahwa kepercayaan masyarakat adalah konsep yang kompleks dan multifaset. Kepercayaan tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kualitas layanan pemerintah, transparansi, integritas, dan keadilan dalam penggunaan TIK dalam pemerintahan. Kontribusi TIK terhadap pembentukan dan pemeliharaan kepercayaan masyarakat juga disoroti dalam penelitian ini, dengan fokus pada penggunaan teknologi dalam menyediakan informasi yang jelas, partisipasi warga negara dalam proses pengambilan keputusan, dan pencegahan praktik korupsi. Artikel ini memberikan gambaran penting tentang bagaimana telaah konsep kepercayaan masyarakat serta potensi arah kajian ke depan.


Keywords


Kepercayaan Warga, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Organisasi Publik

Full Text:

PDF

References


Alon-Barkat, S. (2020). Can government public communications elicit undue trust? Exploring the interaction between symbols and substantive information in communications. Journal of Public Administration Research and Theory, 30(1), 77–95. https://doi.org/10.1093/jopart/muz013

Berg, M., & Johansson, T. (2020). Building institutional trust through service experiences - Private versus public provision matter. Journal of Public Administration Research and Theory, 30(2), 290–306. https://doi.org/10.1093/jopart/muz029

Delhey, J., & Newton, K. (2003). Who trusts?: The origins of social trust in seven societies. European Societies, 5(2), 93–137. https://doi.org/10.1080/1461669032000072256

Gonzálvez-Gallego, N., & Nieto-Torrejón, L. (2021). Government data openness and coverage. How do they affect trust in European countries? Journal of Data and Information Science, 6(1), 139–153. https://doi.org/10.2478/jdis-2021-0010

Gonzálvez-Gallego, N., Nieto-Torrejón, L., & Pérez-Cárceles, M. C. (2020). Is Open Data an Enabler for Trust? Exploring the Link and the Mediating Role of Citizen Satisfaction. International Journal of Public Administration, 43(14), 1218–1227. https://doi.org/10.1080/01900692.2019.1668412

Grimmelikhuijsen, S., & Porumbescu, G. A. (2017). Reconsidering the expectancy disconfirmation model. Three experimental replications. Public Management Review, 19(9), 1272–1292. https://doi.org/10.1080/14719037.2017.1282000

Heeks, R. (2002). Reinventing government in information age: International practice in IT Enabled public sector reform. Routledge.

Im, T., Cho, W., Porumbescu, G., & Park, J. (2014). Internet, trust in government, and citizen compliance. Journal of Public Administration Research and Theory, 24(3), 741–763. https://doi.org/10.1093/jopart/mus037

Kang, S., & Van Ryzin, G. G. (2019). Coproduction and trust in government: evidence from survey experiments. Public Management Review, 21(11), 1646–1664. https://doi.org/10.1080/14719037.2019.1619812

Maulana, R. R., & Priatna, R. (2021). Perancangan Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan dalam Menunjang Digitalisasi Desa. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8(6), 419 – 423. https://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3753

Morgeson, F. V., Vanamburg, D., & Mithas, S. (2011). Misplaced trust? Exploring the structure of the e-government-citizen trust relationship. Journal of Public Administration Research and Theory, 21(2), 257–283. https://doi.org/10.1093/jopart/muq006

Mugiarto, M., Agustina, I., & Suryaman, W. (2023). Adopsi Teknologi Aplikasi Aset Dan Kompetensi Pegawai Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Pengelolaan Barang Milik Negara Di Sopd Kota Cimahi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 4823–4835.

Newton, K. (2004). Social trust: Individual and cross-national approaches. Portuguese Journal of Social Science, 3(1), 15–35. https://doi.org/10.1386/pjss.3.1.15/0

Nulhusna, R., Sandhyaduhita, P. I., Hidayanto, A. N., & Phusavat, K. (2017). The relation of e-government quality on public trust and its impact on public participation. Transforming Government: People, Process and Policy, 11(3), 393–418. https://doi.org/10.1108/TG-01-2017-0004

Pradesa, H. A., Zulvia, P., & Syawali, A. Z. S. (2022). Policy Advocacy for Strengthening Village Governance in Developing Tourism Destination in Wangunharja Village. Empowerment Society, 5(1), 33–40. https://doi.org/10.30741/eps.v5i1.840

Taufik, N. I., & Wijayanti, R. (2021). Penerapan E-Office di Lingkungan Politeknik STIA LAN Bandung. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8(6), 424–428. https://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3754

Tolbert, C. J., & Mossberger, K. (2006). The Effects of E-Government on Trust and Confidence in Government. Public Administration Review, 66(3), 354–369.

Van de Walle, S., & Bouckaert, G. (2003). Public service performance and trust in government: The problem of causality. International Journal of Public Administration, 26(8–9), 891–913. https://doi.org/10.1081/PAD-120019352

Van Ryzin, G. (2007). Pieces of a Puzzle: Linking Government Performance, Citizen Satisfaction, and Trust. Public Performance & Management Review, 30(4), 521–535. https://doi.org/10.2753/pmr1530-9576300403

Zulvia, P., & Harahap, A. S. (2023). Advokasi Digitalisasi Desa Dalam Pengembangan Potensi Desa Cibodas Lembang Sebagai Desa Digital. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 518–525. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2501


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)