Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Sosial Dalam Meningkatkan Ekuitas Merek Pada Pulas Katumbiri

Shalma Azhahra, Iwan Kurniawan

Abstract


Teknologi digital telah mengubah cara bisnis beroperasi, terutama dalam pemasaran. Media sosial, seperti Instagram, telah menjadi alat penting bagi perusahaan untuk mencapai audiens mereka secara virtual. Hal ini juga berlaku untuk Pulas Katumbiri (Puka), perusahaan lokal di bidang handcrafting yang menggunakan Instagram sebagai salah satu sarana untuk social media marketing activities (SMMA). SMMA melalui Instagram memungkinkan Puka untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan ekuitas merek mereka. Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, efektivitas strategi pemasaran sangat penting. Dalam penelitian ini, tujuan utama adalah untuk mengevaluasi pengaruh penerapan Instagram dalam meningkatkan ekuitas merek Pulas Katumbiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram sebagai platform SMMA memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan ekuitas merek Pulas Katumbiri. Salah satu indikator SMMA yang paling berperan adalah interaksi dengan pengguna, sementara indikator ekuitas merek yang paling berperan adalah asosiasi merek. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Instagram sebagai bagian dari strategi SMMA memiliki peran yang sangat penting dalam memperkuat ekuitas merek Pulas Katumbiri. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan harus terus memanfaatkan media sosial untuk membangun dan mempertahankan citra merek mereka di era digital yang terus berkembang.


Keywords


social media marketing activities, ekuitas merek, pemasaran sosial media

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name. New York: The Free Press.

Agustina,I., Ajis, M.N.B., Pradesa, H.A.(2021).Entrepreneur’s perceived risk and risk-taking behavior in the small-sized creative businesses of tourism sector during COVID-19 pandemic. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi dan Manajemen, 18 (2), 187-209. http://dx.doi.org/10.31106/jema.v18i2.12563.

Anwar, S., Pradesa, H.A., Ahmad, F. (2022).Testing Military Professionalism Construct: An Empirical Evidence From Indonesian Army (Case On Batallion Arhanud 2/ABW/2 Kostrad Malang). Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021, September 15 2021, Bandung, Indonesia. http://dx.doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315242

Bilgin, Y. (2018). The Effect Of Social Media Marketing Activities On Brand Awareness, Brand Image And Brand Loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1),128-148.DOI: https://doi.org/10.15295/bmij.v6i1.229

Harijanto, D., Dharmanegara, I. B. A., Pradesa, H. A., & Tanjung, H. (2022). Do Distributive Justice Really Make Public Officers Feels More Obligated in Their Job?. Innovation Business Management and Accounting Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.56070/ibmaj.v1i1.1

Kawidjaya, S. P., Nugroho, A. B., Pradesa, H. A., & Taufik, N. I. (2023). Persepsi Atas Kualitas Sistem Dan Informasi Dalam Mendorong Kepuasan Pengguna Sistem BJB Greens. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 7775–7788. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2548

Mothersbaugh, D. L., Hawkins, D. I., & Kleiser, S. B. (2020). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. New York: McGraw-Hill Education.

Nugroho, A.B. , Ahmad, F., Harahap, A.S. (2020). Product Quality Improvement Strategy and Competitive Advantage In Industry Competition. Prosiding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 4.0, 178 – 181.

Pradesa, H. A., Taufik, N. I., & Novira, A. (2018). Isu Konseptual Tentang Perasaan Berkewajiban (Felt Obligation) Individu Dalam Perspektif Kerangka Pertukaran Sosial. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.30741/wiga.v8i1.231

Pradesa, H.A., Tanjung, H. (2021). The Effect of Principal’s Spiritual Leadership Dimension on Teacher Affective Commitment. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (3), 69 – 81. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i3.2678

Pradesa, H.A., Agustina, I., & Zulvia, P. (2022). Mengurai Faktor Terpenting Pada Kualitas Pelayanan Pembiayaan Murabahah Pada Bank Perkreditan Rakyat Syariah. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 725-734. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2419.

Rangkuti, S.A., Kurniawan, I. (2022). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung Berdasarkan Survei Kepuasan Masyarakat. Jurnal Wacana Kinerja, 25 (2), 201-222. http://dx.doi.org/10.31845/jwk.v25i2.763.

Salsabila, R. S. (2020). Penerapan SEM-PLS Untuk Mengevaluasi Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia. (Skripsi Sarjana, Institut Pertanian Bogor).

Seo E. J., & Park, J. W. (2018). A Study on the Effects of Social Media Marketing Activities on Brand Equity And Customer Response in the Airline Industry. Journal of Air Transport Management, 66, 36–41.

Syawali, A.Z.S., Harahap, A.S., Pradesa, H.A., Andikaputra, F.A.T. (2023).Analisis Penggunaan Aplikasi BJB DIGI Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 624 – 633. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1205

Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.

Utami, P. P., Wilona, K., & Tabitha, C. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Ekuitas Merek E-Commerce Sociolla. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9( No 1), 223–238. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)