Klusterisasi Pelanggan Potensial dengan Penggunaan Algoritma K-Means Dalam Mencari Segementasi Pasar (Studi Kasus GUTS Barber and Shop)

Yanuar Rizky Harjoyudanto, Pepi Zulvia

Abstract


GUTS Barber and Shop adalah salah satu usaha UMKM yang bergerak pada bidang pelayanan jasa. Sebagai usaha mikro, GUTS Barber and Shop selalu dihadapkan pada berbagai tantangan pada era globalisasi saat ini khususnya dalam bidang pemasaran. Pelanggan merupakan aset utama sebagai kunci sukses bagi sebuah perusahaan yang harus selalu dijaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui segmentasi pasar, berdasarkan hasil klusterisasi yang kemudian akan dirumuskan menjadi strategi pemasaran yang sesuai untuk meningkatkan efektifitas usaha. Dalam menentukan kelompok pelanggan digunakan metode clustering dengan K-Means. Hasil dari Pengelompokan pelanggan berdasarkan kategori Usia membuahkan hasil dimana Cluster 0, atau Generasi Z menjadi Generasi dengan nilai terbanyak.. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini terciptanya strategi pemasaran yang sesuai untuk target pasar. Pelanggan Potensial serta segmentasi pasar yang dimiliki GUTS Barber and Shop adalah Generasi Z.

Keywords


Strategi Pemasaran, Pelanggan Potensial, Clustering, Algoritma K-Means

Full Text:

PDF

References


Amindoni, A. (2020). Virus corona: Gelombang PHK di tengah pandemi Covid-19 diperkirakan mencapai puncak bulan Juni, Kartu Prakerja dianggap tak efektif. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-52218475

Anindya, J. P. ., Pradesa, H. A. ., Nugroho, A. B. ., & Wijayanti, R. (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Vaksin Virus (Studi Kasus di PT. Bio Farma Bandung). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5324–5337. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2567

Bakti, C. P., & Safitri, N. E. (2017). Peran Bimbingan dan Konseling Untuk Menghadapi Generasi Z Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling Perkembangan. Jurnal Konseling Gusjigang, 3, 104–113. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1602

Harahap, A., Zulvia, P. (2021). Klasterisasi Desa dengan Menggunakan Algoritma K-Means pada Data Potensi Desa. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8 (6), 237 – 246. http://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3724

Haryanto, N. D., Zulvia, P., & Setiawan, B. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Kuadran Importance Performance Analysis (IPA) dan Indeks Potential Gain Customer Value (PGCV) Pada Kantor Pos Purworejo 54100. Progress Conference, 4(1), 413–423.

Khairunnisa, N. (2023). 9 Strategi Pemasaran untuk Memenangkan Hati Gen Z yang Tepat. https://narasi.tv/read/narasi-daily/9-strategi-pemasaran-untuk-memenangkan-hati-gen-z-yang-tepat

Nugroho, A.B. , Ahmad, F., Harahap, A.S. (2020). Product Quality Improvement Strategy and Competitive Advantage In Industry Competition. Prosiding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 4.0, 178 – 181.

Nugroho, A. B., Ravenska, N., & Zulvia, P. (2021). Lifestyle Patterns During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 564(Icas 2020), 78–82. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.015

Poani, A. D., Rombe, E., & Mubaraq, R. (2021). Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen Kafe Jepa and Surabi di Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 7, 375–383. https://doi.org/https://doi.org/10.22487/jimut.v7i4.254

Purba, C. O., Handayani, H. (2022).The Use Of Social Media Influencers in Digital Marketing to Target Consumer Buying Interest. Jurnal Mirai Management, 7 (3), 372 – 380.

Purba, C. O., Nurhaliza, L. ., & Putrianti, S. D. . (2022). Strategi Bauran Pemasaran Produk Tabungan Emas di PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Ujungberung Bandung. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 10 (3), 169-180.

Ravenska, N., & Zulvia, P. (2022). Perilaku Impulsive Buying Masyarakat Bandung Raya Pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16 (1), 15-26. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.133

Samuelson A, P. (2008). Microeconomics. McGraw Hill Irwin, 2008.

Sucipto, A. (2019). Klasterisasi Calon Mahasiswa Baru Menggunakan Algoritma K-Means. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 5, 50–56. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/jst.v5i2.5829

Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.

Zulvia, P., & Haryanto, N. D. (2021). Increasing Customer Statisfaction Through Improving Service Quality at the Purworejo Post Office 54100. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 195-211. https://doi.org/10.31113/jia.v18i2.796

Zulvia, P., Gedeona, H. T. W., & Pradesa, H. A. (2022). Disentangling Important Factors in Service Quality: An Empirical Study in Vocational Higher Education at Bandung City. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(2), 128–141. https://doi.org/10.30741/adv.v6i2.938


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)