Pengaruh Tujuan Pemanfaatan Digital Marketing Terhadap Omzet Penjualan Perusahaan Bandung Kunafe
Abstract
Peran digital marketing semakin krusial dalam strategi pemasaran perusahaan dewasa ini. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak pemanfaatan tujuan digital marketing terhadap omzet penjualan Perusahaan Bandung Kunafe. Melalui pendekatan kuantitatif, data pemasaran Perusahaan Bandung Kunafe diolah dan dianalisis menggunakan teknik deskriptif statistik serta regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa digital marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap omzet penjualan. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin efektif strategi digital marketing yang diterapkan oleh perusahaan, semakin besar dampaknya pada peningkatan omzet penjualan. Secara spesifik, jumlah likes dan comments, serta jumlah program promosi, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap omzet penjualan. Sementara biaya promosi dan jumlah viewers juga memberikan kontribusi positif, walaupun dalam tingkat yang lebih rendah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa digital marketing memiliki peran penting dalam meningkatkan omzet penjualan Perusahaan Bandung Kunafe. Oleh karena itu, disarankan agar perusahaan terus mengembangkan dan memperkuat strategi digital marketing, terutama dalam pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan jumlah likes dan comments, serta memaksimalkan potensi dari program promosi guna mendukung pertumbuhan bisnis Bandung Kunafe secara maksimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hidayati, N., Sunaryo, H., Agustina, I., & Hanif, R. (2021). Model Integrasi Minat Beli Produk Halal: Evaluasi Empiris Pada Konsumen Muslim di Kota Malang. Progress Conference, 4(1), 372–381. Retrieved from https://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/387
Nasikh, M. (2016). Pertimbangan Costs Of Sustainable Promotional Media (CSPM) yang Efektif: Langkah mendongkrak omzet penjualan produk atau jasa. Malang. Jurnal Pendidikan Hukum dan Bisnis.
Nikmatullah, H. R. ., Wijayanti, R., Kurniawan, I., & Purba, C. O. . (2023). Peranan Service Convenience dalam Meningkatkan Repurchase Intention dan Loyalitas Pelanggan di Bahagia Kopi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 8018–8030. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2655.
Nugroho, A.B. , Ahmad, F., Harahap, A.S. (2020). Product Quality Improvement Strategy and Competitive Advantage In Industry Competition. Prosiding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 4.0, 178 – 181.
Nugroho, A. B., Ravenska, N., & Zulvia, P. (2021). Lifestyle Patterns During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 564, 78–82. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.015
Nuraieni, F. A., Haryanto, N.D., & Pradesa, H. A. (2021). Faktor Penentu Dalam Mendorong Niat Membeli “Odading Mang Oleh”. Jurnal Ekonomi Manajemen, 7 (2), 113–126. https://doi.org/10.37058/jem.v7i2.2735
Nuraieni, F. A., Ravenska, N., & Pradesa, H. A. (2021). Applying Importance Performance Analysis (IPA) Method in Analyzing Level of Service Quality. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 5(2), 85–93. https://doi.org/10.30741/adv.v5i2.779
Pradesa, H.A., Agustina, I., & Zulvia, P. (2022). Mengurai Faktor Terpenting Pada Kualitas Pelayanan Pembiayaan Murabahah Pada Bank Perkreditan Rakyat Syariah. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 725-734. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2419.
Rahman, A., Nugroho, A.B.. Tindaon, S.S., Wijayanti, R. (2020). Advokasi Model Pemanfaatan E-commerce Untuk Peningkatan Daya Saing UMKM. SeTIA MENGABDI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2), 63 – 69.
Rauf, A. (2021). Pengertian digital marketing. Digital Marketing: Konsep dan Strategi, 1(2).
Ravenska, N., & Zulvia, P. (2022). Perilaku Impulsive Buying Masyarakat Bandung Raya Pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 15-26. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.133
Susanti, R., Silvia, E. D., & Ariani, F. (2022). Penerapan Strategi Digital Marketing Berbasis Konten Pada Ve Bordir Dan
Sulaman Bukittinggi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1129-1136.
Suteja, A. (2021). Analisis Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Volume Penjualan
Buah Naga Pada Kelompok Tani Di Desa Waringinsari Barat Tahun 2020 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Pringsewu).
Tambunan, Y. S., & Sinaga, N. A. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Omzet Penjualan Pada Cv. Graha Mineral Arsi Sibolga. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 6(3), 14-29.
Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.
Tjiptono, F., Chandra, G. (2018). Pemasaran Strategik. Yogyakarta.
Wijayanti, R., Ravenska, N., & Nugroho, A. (2022). Business Model Innovation with Design Thinking Approach at Bumdes Pagerwangi. Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021. https://doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315259
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)