Program BOP Paud dan Efektifitasnya bagi Paud Di daerah Kabupaten Bandung
Abstract
Salah satu upaya pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia adalah melaksanakan Program BOP PAUD. Program BOP PAUD diberikan kepada sekolah-sekolah yang telah terdaftar dan memenuhi syarat. Namun pada pelaksanaannya, masih ditemukan berbagai permasalahan seperti proses pelaporan penggunaan dana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman efektifitas program BOP PAUD di daerah Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh PAUD yang berada di Kabupaten Bandung. Adapun sampel penelitian ini sebanyak lima PAUD. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar sebanyak 75% responden berpendapat bahwa program BOP PAUD membantu dalam meringankan beban biaya untuk menjalankan pendidikan di sekolah mereka, ada perbedaan pendapat tentang sejauh mana program ini telah meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Program BOP PAUD dapat menjadi salah satu solusi meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Kabupaten Bandung. Namun, perlu lebih banyak upaya untuk memastikan semua sekolah mendapatkan manfaat Program BOP PAUD serta memenuhi syarat. Rekomendasi yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah dana BOP PAUD dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam mendukung penyediaan media dan sumber belajar dalam mempermudah proses belajar dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan baik di dalam maupun di luar kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, M.N., Anomsari, E.T., Novira, A. (2021). A Conceptual Model of Localizing the SDGs: Lesson Learned from the Local Development Plan and Practice in Indonesia. Review of International Geographical Education Online, 11 (8).
Agustina, R., Gisrang, A. P. L., Sari, N. R., Putrianti, R., & Anggraeni, G. (2021). Profil Anak Usia Dini 2021 (BPS) (I. Maylasari, B. Santoso, A. S. Mustari, & Y. Rachmawati, Ed.). Badan Pusat Statistik.
Annisya, N.M.O., Novira. A. (2023). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Kampung Seraya Kecamatan Batu Ampar Kota Batam. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik,26 (1), 29-50. http://dx.doi.org/10.31845/jwk.v26i1.810.
Anomsari, E.A., Abubakar, R.R.T. (2019). Program Pembangunan Partisipatif dan Dampaknya Terhadap Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Natapraja:Kajian Ilmu Administrasi Negara, 7 (1), 121 – 138. https://doi.org/10.21831/jnp.v7i1.22157
Anwar, S., Trilestari, E. W., & Agustina, I. (2022). The Tourism Development Policy in Bandung Regency: A Study on Kampung Gamis–Soreang. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 19 (1), 112 - 121. https://doi.org/10.31113/jia.v19i1.859
Badan Pusat Statistik. (2021). Jumlah Sekolah Taman Kanak-Kanak 2018-2021. Diambil 5 September 2023, dari https://jabar.bps.go.id/indicator/28/139/1/jumlah-sekolah-taman-kanak-kanak.html
Badan Pusat Statistik. (2022a). Statistik Pendidikan 2022 (R. Sinang & I. Maylasari, Ed.). BPS RI.
Badan Pusat Statistik. (2022b). Statistik Pendidikan 2022 (Raden’s Sinang & I. Maylasari, Ed.). BPS RI.
Damayanti, W. K., Khoeriyah, N. D., Koswara, N., & Handayani, S. (2023). Implementation of operational assistance policy in the implementation of early childhood education (bop paud) in improving the quality of paud in west bandung district. BALTIC JOURNAL OF LAW & POLITICS A Journal of Vytautas Magnus University, 16(2), 58–76. https://doi.org/10.2478/bjlp-2023-000005
Fauziah, W. R., Sugiarti, C., & Ramdani, R. (2022). Efektivitas program wirausaha pemuda dalam upaya penurunan angka pengangguran terbuka di kabupaten tegal pada masa pandemi covid-19. (Online) JURNAL MANAJEMEN, 14(2), 367–375.
Imad, M., & Herdiawan, H. (2019). PERAN BIAYA OPERASIONAL PENDIDIKAN TERHADAP OUTPUT PENDIDIKAN. Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 1, 152–165.
Kusnandar, V. B. (2021, Desember 15). Anak Usia Dini di Indonesia Capai 30,83 Juta pada 2021. Diambil 23 Agustus 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/15/anak-usia-dini-di-indonesia-capai-3083-juta-pada-2021
Machmuddah, Z., & Suhartono, E. (2019). Peranan Aplikasi Sistem BOP PAUD yang Akuntabel untuk Guru PAUD Kota Semarang The Role of BOP PAUD System Aplication Accountable for PAUD Teachers in Semarang City. ABDIMASKU, 2(2), 114–120.
Mulyadi, D., Maulana, R. (2022).Policy Evaluation of Village Head Election in Bandung Regency. Proceedings of the Third International Conference Administration Science (ICAS 2021). DOI 10.4108/eai.15-9-2021.2315255.
Mulyadi, D., Maulana, R. R. (2021). Government Collaboration Model for Disaster Management Policy in West Bandung Regency. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 100 – 103. http://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.019
Ramdani, E.M., Maasir, L., Artisa, R.A. (2020). Strategi Community Engagement Dalam Program Gema Madani Simpati (Gerakan Masyarakat Mandiri, Berdaya Saing dan Inovatif) di Kota Tasikmalaya. Moderat : Jurnal Ilmu Pemerintahan. 6 (4), 728-743
Sugiharto, Siagian, D., Sunaryanto, L. T., & Oetomo, D. S. (2003). TEKNIK SAMPLING. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sukmayadi, V., & Halim Yahya, A. (2020). Indonesian Education Landscape and the 21 st Century Challenges. Journal of Social Studies Education Research, 2020(4), 219–234. Diambil dari www.jsser.org
World Bank. (2020). Janji Pendidikan di Indonesia. Washington DC: World Bank.
Zulaika, N., Lestari, M., Zulfachri, B., Sitepu, A. P., & Salihi, S. (2022). Analisis Akuntabilitas Laporan Pertanggungjawaban Dalam Pengelolaan Dana Bop Paud Pada Pemerintah Kota Tanjungpinang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1325-1334.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)