Penyusunan Strategi Digital Marketing Menggunakan Situation Analysis dalam Menghadapi Era Digital

Marshanda Raisya Kertamuda, Putri Wulandari Atur Rejeki

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini memberikan pengaruh positif bagi perusahaan, salah satunya terhadap pemasaran perusahaan dengan melalui digital marketing. Adanya digital marketing saat ini berdampak positif bagi perusahaan karena dapat membantu perusahaan meningkatkan penjualannya serta membantu mencapai target pasarnya dengan lebih mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penerapan digital marketing yang tepat untuk diterapkan pada salah satu perusahaan jasa maklon yang bergerak di bidang kosmetika serta farmasi dan baru menerapkan digital marketing dengan melihat situation analysis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan wawacara dan observasi sebagai pengumpulan data. Analisis SWOT dilakukan dengan menggunakan matriks IFE dan EFE yang menunjukkan posisi perusahaan saat ini. Dari hasil analisis data didapatkan total skor dari faktor kekuatan sebesar 1,5. Total skor dari faktor kelemahan sebesar 0,6. Total skor dari faktor peluang sebesar 1,68 dan total skor dari faktor ancaman sebesar 0,72. Nilai total skor rata – rata pada matriks IFE sebesar 2,1. Sementara matriks EFE sebesar 2,4. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan berada pada kuadran I yang berarti strategi pemasaran yang harus diterapkan adalah strategi pertumbuhan progresif yaitu merancang tujuan dengan cara memanfaatkan kekuatan yang ada saat ini untuk dapat memanfaatkan peluang yang ada.


Keywords


Digital marketing, situation analysis, Analisa SWOT

Full Text:

PDF

References


Afandi, M. N., E. Tri Anomsari, A. Novira, and S. Sudartini. (2023). Collaborative Governance in a Mandated Setting: Shifting Collaboration in Stunting Interventions at Local Level. Development Studies Research 10, no. 1: 2212868. https://doi.org/10.1080/21665095.2023.2212868.

Agustina, I., Bin Ajis, M. N., & Pradesa, H. A. (2021). Entrepreneurs perceived risk and risk-taking behavior in the small-sized creative businesses of tourism sector during COVID-19 pandemic. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 18(2), 187–209. https://doi.org/10.31106/jema.v18i2.12563

Anindya, J. P., Pradesa, H. A. ., Nugroho, A. B. ., & Wijayanti, R. (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Vaksin Virus (Studi Kasus di PT. Bio Farma Bandung). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5324–5337. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2567

Anwar, S., Trilestari, E. W., & Agustina, I. (2022). The Tourism Development Policy in Bandung Regency: A Study on Kampung Gamis Soreang. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 19(1), 112 - 121. https://doi.org/10.31113/jia.v19i1.859

Cahyadi, S. S., & Reni Wijayanti. (2023). Analysis of Entrepreneurial Orientation at Employees of PT. Pertamina Patra Niaga - Bandung Retail Sales Area. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 20(2), 191–197. https://doi.org/10.31113/jia.v20i2.975

David, F. R. (2005). Manajemen Strategi. Jakarta : Salemba Empat.

Dudiagunoviani, Y. (2009). Analisis Strategi Pengembangan Usaha tani Beras Organik Kelompok Tani Cibeureum Jempol (Studi Kasus : Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor). Skripsi pada Depertemen Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Dwiputrianti, S. (2011). Scope of Auditing on the Quality of Content in the Indonesian External Public Sector Auditing Reports. International Review of Public Administration, 16(3), 133-149. https://doi.org/10.1080/12294659.2011.10805211

Dwiputrianti, S., Sutiyono, W., Suryanto, A., Rachmawati, T., & Octoviandy Purba, C. (2023). Understanding Indicators of Talent Acquisition and Retention of Different Generations in Building Talent Management: A Case Study of DKI Jakarta Provincial Government. Policy & Governance Review, 7(1), 86. https://doi.org/10.30589/pgr.v7i1.646

Mursalim, W., Ravenska, N., & Wijayanti, R. (2020). Penguatan pengusaha pemula berbasis teknologi jawa barat melalui pendampingan inkubator bisnis politeknik STIA LAN Bandung. SeTIA Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–9.

O'Regan, N., Martin, A., & Gallear, D. (2008). Leaders, Loungers, Laggards

Pradesa, H.A., Tanjung, H. (2021). The Effect of Principal’s Spiritual Leadership Dimension on Teacher Affective Commitment. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (3), 69 – 81. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i3.2678

Pradesa, H. A., Tanjung, H., Agustina, I., & Salleh, N. S. N. M. (2023). Increasing proactive work behavior among teachers in islamic senior high school: the role of ethical work climate and perceived organizational support. International Journal of Islamic Educational Psychology, 4(2), progres. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i2.19911

Purba, C. O., Nurhaliza, L. ., & Putrianti, S. D. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Produk Tabungan Emas di PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Ujungberung Bandung. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 10 (3), 169-180.

Rahman, A. (2017). Sebuah Pelajaran Dari Pelaksanaan Reformasi Pajak di Indonesia dan Vietnam. Jurnal Borneo Administrator, 13(1), 73–88. https://doi.org/10.24258/jba.v13i1.276

Rahman, A., Nugroho, A.B.. Tindaon, S.S., Wijayanti, R. (2020). Advokasi Model Pemanfaatan E-commerce Untuk Peningkatan Daya Saing UMKM. SeTIA Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2), 63 – 69.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sunardi, S., & Pradesa, H. A. (2018). An empirical evidence of ethical climate index in rural banks from Board of Directors Perspective. Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 21(3), 373. https://doi.org/10.14414/jebav.v21i3.1590

Tanjung, H., Salleh, N. S. N. M. ., & Pradesa, H. A. . (2023). Mediating Role of Public Service Motivation in Enhancing the Effect of Spiritual Leadership on Felt Obligation and Affective Commitment. International Journal of Social Science and Business, 7(4), 864–875. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i4.49540

Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.

Umar, Husein. (1999). Riset Strategi Perusahaan. Jakarta PT. Gramedia Pustaka Utama

Viedy, E., Lombok, V., Samadi, R. L., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA.

Wijayanti, R., Ravenska, N., & Nugroho, A. (2022). Business Model Innovation with Design Thinking Approach at Bumdes Pagerwangi. Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021. https://doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315259

Zulvia, P., Haryanto, N., Buana, A.A. (2022).Pengukuran Kepuasan Pelanggan Melalui Perbaikan Kualitas Informasi di Kompas.com. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 26 (2), 81 – 94. https://doi.org/10.17933/jskm.2022.4734


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)