Penyusunan Strategi Digital Marketing Menggunakan Situation Analysis dalam Menghadapi Era Digital

Marshanda Raisya Kertamuda, Putri Wulandari Atur Rejeki

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini memberikan pengaruh positif bagi perusahaan, salah satunya terhadap pemasaran perusahaan dengan melalui digital marketing. Adanya digital marketing saat ini berdampak positif bagi perusahaan karena dapat membantu perusahaan meningkatkan penjualannya serta membantu mencapai target pasarnya dengan lebih mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penerapan digital marketing yang tepat untuk diterapkan pada salah satu perusahaan jasa maklon yang bergerak di bidang kosmetika serta farmasi dan baru menerapkan digital marketing dengan melihat situation analysis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan wawacara dan observasi sebagai pengumpulan data. Analisis SWOT dilakukan dengan menggunakan matriks IFE dan EFE yang menunjukkan posisi perusahaan saat ini. Dari hasil analisis data didapatkan total skor dari faktor kekuatan sebesar 1,5. Total skor dari faktor kelemahan sebesar 0,6. Total skor dari faktor peluang sebesar 1,68 dan total skor dari faktor ancaman sebesar 0,72. Nilai total skor rata – rata pada matriks IFE sebesar 2,1. Sementara matriks EFE sebesar 2,4. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan berada pada kuadran I yang berarti strategi pemasaran yang harus diterapkan adalah strategi pertumbuhan progresif yaitu merancang tujuan dengan cara memanfaatkan kekuatan yang ada saat ini untuk dapat memanfaatkan peluang yang ada.


Keywords


Digital marketing, situation analysis, Analisa SWOT

Full Text:

PDF

References


Anindya, J. P., Pradesa, H. A. ., Nugroho, A. B. ., & Wijayanti, R. (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Vaksin Virus (Studi Kasus di PT. Bio Farma Bandung). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5324–5337. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2567

Anwar, S., Trilestari, E. W., & Agustina, I. (2022). The Tourism Development Policy in Bandung Regency: A Study on Kampung Gamis Soreang. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 19(1), 112 - 121. https://doi.org/10.31113/jia.v19i1.859

David, F. R. (2005). Manajemen Strategi. Jakarta : Salemba Empat.

Dudiagunoviani, Y. (2009). Analisis Strategi Pengembangan Usaha tani Beras Organik Kelompok Tani Cibeureum Jempol (Studi Kasus : Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor). Skripsi pada Depertemen Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Mursalim, W., Ravenska, N., & Wijayanti, R. (2020). Penguatan pengusaha pemula berbasis teknologi jawa barat melalui pendampingan inkubator bisnis politeknik STIA LAN Bandung. SeTIA Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–9.

O'Regan, N., Martin, A., & Gallear, D. (2008). Leaders, Loungers, Laggards

Purba, C. O., Nurhaliza, L. ., & Putrianti, S. D. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Produk Tabungan Emas di PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Ujungberung Bandung. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 10 (3), 169-180.

Rahman, A., Nugroho, A.B.. Tindaon, S.S., Wijayanti, R. (2020). Advokasi Model Pemanfaatan E-commerce Untuk Peningkatan Daya Saing UMKM. SeTIA Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2), 63 – 69.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.

Umar, Husein. (1999). Riset Strategi Perusahaan. Jakarta PT. Gramedia Pustaka Utama

Viedy, E., Lombok, V., Samadi, R. L., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA.

Wijayanti, R., Ravenska, N., & Nugroho, A. (2022). Business Model Innovation with Design Thinking Approach at Bumdes Pagerwangi. Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021. https://doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315259


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)