Strategi B2B Digital Marketing PT Satu Sama Serasa

Ginanjar Muhammad Rabbani, Nanda Ravenska

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan kebutuhan biji kopi di industrinya yang meningkat seiring dengan ramainya coffeeshop dengan peran digitalisasi di sektor pemasaran saat ini sehingga menjadi sebuah tantangan bagi PT Satu Sama Serasa melalui brand Sasta Coffee Roastery dalam memasarkan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemasaran digital yang dilakukan PT Satu Sama Serasa, kemudian menganalisis apa yang telah dilakukannya dalam pengembangan optimalisasi pemasaran digital, dan dapat merekomendasikan strategi pemasaran digital untuk PT Satu Sama Serasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan melakukan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Segmenting, Targeting, Positioning dan Bauran Pemasaran digital 4C. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara keseluruhan strategi pemasaran PT Satu Sama Serasa sudah baik, namun terdapat sedikit kendala pada bauran pemasaran digitalnya yaitu pada bagian Communal Activation dan Conversation pada Bauran Pemasarannya. Maka dari itu peneliti dapat merekomendasikan strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial Instagram sebagai saluran promosi dari channeling marketplace perusahaan, pemberdayaan kembali Whatsapp karena memiliki manfaat dalam komunikasi pemasaran, pembuatan website sebagai media digital interaksi dengan konsumennya, mengikuti komunitas kopi, menjaga hubungan yang baik dengan konsumen, melakukan kolaborasi dengan konsumen yang ada, serta mempertahankan harga dan kualitas produk.

Keywords


strategi; pemasaran digital; industri kopi

Full Text:

PDF

References


Adithia, S., & Jaya, M. P. P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 37–46. https://doi.org/10.37535/104001120213

Anindya, J. P. ., Pradesa, H. A. ., Nugroho, A. B. ., & Wijayanti, R. (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Vaksin Virus (Studi Kasus di PT. Bio Farma Bandung). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5324–5337. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2567

Ayu, E.P., Aliami, S., Leksono, P.Y. (2021). Performa STP Untuk Mempertahankan Mind Share Pada Produk Bolu Kering Mak Plengeh. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi. Vol.6(2), p 82-83.

Badan Pusat Statistik. (2022). Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun (Ribu Jiwa) 2020-2022. https://www.bps.go.id/indicator/12/1975/1/jumlah-penduduk-pertengahan-tahun.html

Sitinjak, W., et al. (2022). Pengantar Bisnis Konsep E-Marketing. Bandung: Media Sains Indonesia.

Bustanol Arifin, B., Mujakki, A., Kurniawan, M.H. (2019). Konsep Digital Marketing Berbasis SEO (Search Engine Optimization). Jurnal Ekonomi Keuangan dan Bisnis, Vol.4(2), p 3-4.

CNN Indonesia. (2022). 5 Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Dunia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221001003239-269-854948/5-negara-penghasil-kopi-terbesar-di-dunia-indonesia-peringkat-berapa#:~:text=3.%20Indonesia,pengekspor%20kopi%20terbesar%20di%20dunia

Khofifah, R. (2022). Pemanfaatan Marketplace Shopee Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Shop JR.Id4. Skripsi, Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Nugroho, A.B. , Ahmad, F., Harahap, A.S. (2020). Product Quality Improvement Strategy and Competitive Advantage In Industry Competition. Prosiding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 4.0, 178 – 181.

Nugroho, A. B., Ravenska, N., & Zulvia, P. (2021). Lifestyle Patterns During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 78–82. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.015

Rachmat, Z., et al. (2023). Digital Marketing dan E-Commerce. Padang: GET Press.

Rahman, A., Nugroho, A.B.. Tindaon, S.S., Wijayanti, R. (2020). Advokasi Model Pemanfaatan E-commerce Untuk Peningkatan Daya Saing UMKM. SeTIA Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2), 63 – 69.

Ravenska, N., & Zulvia, P. (2022). Perilaku Impulsive Buying Masyarakat Bandung Raya Pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 15-26. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.133

Sari, S.P., Fadilah, M.R., Fahmi, R., Firmansyah, R. (2023). Analisis Komunikasi Bisnis Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Sishop_Id Pada Fitur Live Di Aplikasi Shopee. Student Research Journal, 1 (3), 176–189. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i3.329

Sinurat, E.J. (2018). Analisis Segmentation, Targetting, Positioning Terhadap Pemasaran Pada PT Bank Sumut Imam Bonjol Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, Vol.4(2), p 160-163.

Suswanto. P., Setiawati, S.D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.3 (2), p 17-18.

Suteja, J. (2023). Shopee Tokopedia dan Lazada Siapa Juara. https://investor.id/business/319585/shopee-tokopedia-dan-lazada-siapa-juara#:~:text=Rata%2Drata%20situs%20Shopee%20dibuka,135%20juta%20pengunjung%20setiap%20bulan

Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)