Optimalisasi Strategi Penggunaan E-Commerce Shopee Mall Pada Kampeong Radjoet Kota Bandung

Nur Indah Purnama Sari, Nanda Ravenska

Abstract


Kampoeng Radjoet merupakan salah satu CV yang bergerak dalam bidang industri berbahan dasar rajut. Kampoeng Radjoet sudah berdiri sejak tahun 2015 dan mengoptimalkan penjualannya dalam penjualan online. Namun, optimalisasi penggunaan e-commerce Shopee Mall Kampoeng Radjoet belum dilakukan secara optimal sehingga perlu dikembangkan lebih dalam lagi untuk lebih menarik perhatian konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana optimalisasi penggunaan Shopee Mall Kampoeng Radjoet dan strategi apa yang dibutuhkan untuk pengoptimalisasian Shopee Mall Kampoeng Radjoet. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Analisis yang dilakukan yaitu dengan menggunakan teori optimalisasi yang digunakan untuk mengetahui indikator apa saja yang sudah optimal pada Shopee Mall Kampoeng Radjoet. Selain itu, menggunakan analisis 5 tahapan sukses e-commerce yang digunakan untuk mengetahui sudah sejauh mana e-commerce Shopee Mall Kampoeng Radjoet berjalan. Berdasarkan hasil teori optimalisasi, diketahui bahwa dari 3 indikator yaitu komunikasi, resources dan disposisi sudah cukup memenuhi indikator meskipun indikator komunikasi masih perlu ditingkatkan. Analisis strategi 5 tahapan sukses ­e-commerce masih perlu diperhatikan yaitu bagaimana cara Kampoeng Radjoet memiliki ciri khas sendiri untuk Shopee Mall Kampoeng Radjoet, dan memperhatikan bagaimana agar  komunikasi yang dijalankan dengan konsumen dapat berjalan dengan efektif. Kampoeng Radjoet dapat mempertimbangkan untuk lebih diperhatikan kembali untuk pengoptimalisasian Shopee Mall Kampoeng Radjoet.


Keywords


Optimalisasi, Strategi, Shopee Mall, E-commerce

Full Text:

PDF

References


Adiratna, Y. R. (2022). Evaluasi Penerapan E-commerce Pada Perusahaan Distributor PT Panahmas Dwitama Distrindo Jember. E-QIEN Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(3), 1533-1541.

Agung, N. F., & Darma, G. S. (2019). Opportunities and Challenges of Instagram Algorithm in Improving Competitive Advantage. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(1), 743-747.

Arda, M., & Pulungan, D. R. (2019). Analisis Pengaruh Faktor Kesuksesan Pengadopsian E-commerce Pada Usaha Kecil dan Menengah di Kota Medan. Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(2), 100-108.

Ardhinata, A., & Fanani, S. (2015). Keridhaan (antaradhin) Dalam Jual Beli Online. JESTT Vol. 2 No. 1 Januari 2015, 2, 47-60.

Dayat, M. (2019). STRATEGI PEMASARAN DAN OPTIMALISASI BAURAN PEMASARAN DALAM MEREBUT. Jurnal Mu’allim, 1(2), 299-218.

Fahtira, V.N.2020. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT HERBA PENAWAR ALWAHIDA INDONESIA (Studi Pada Alfatih Business Center II HPAI Kota Bengkulu). Skripsi. Bengkulu: INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

Hanny, R., Syah, A., & Novita, D. (2020). ANALISIS PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATANPENDAPATAN UMKM KULINER KECAMATAN SAWANGAN - DEPOK. Excellent : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan, 7(1), 56-68.

Lee, C.-S. (2001). An analytical framework for evaluating e-commerce business models and strategies. Internet Research: Electronic Networking Applications and Policy, 7(1), 105-118.

Ni'mah, F., Awaluddin , M., & Sijal, M. (2022). OPTIMALISASI MEDIA BISNIS ONLINE (E-COMMERCE) DALAM MENGAKSELERASI PENJUALAN PASCA PANDEMI COVID-19. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 3(4), 21-28.

Mcllvennan, C. K., Morris, M. A., Guetterman, T. C., Matlock, D. D., & Curry, L. (2019). Qualitative Methodology in Cardiovascular Outcomes Research. Circulation: Cardiovascular Quality and Outcomes, 12(9), 1-10.

Nugroho, A.B. , Ahmad, F., Harahap, A.S. (2020). Product Quality Improvement Strategy and Competitive Advantage In Industry Competition. Prosiding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 4.0, 178 – 181.

Nuraieni, F. A., Haryanto, N.D., & Pradesa, H. A. (2021). Faktor Penentu Dalam Mendorong Niat Membeli “Odading Mang Oleh”. Jurnal Ekonomi Manajemen, 7 (2), 113–126. https://doi.org/10.37058/jem.v7i2.2735

Ogi, I., Silva, A., & Santoso, R. T. (2022). OPTIMALISASI POTENSI PARIWISATA LABUAN BAJO SEBAGAI BALI BARU DARI PERSPEKTIF SDM. SINTESA, 5, 35-39.

Pranitasari, D., & Sidqi, A. N. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee Menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius. Jurnal Akuntansi dan Manajemen (JAM), 18(02), 12-31.

Purba, C. O., Handayani, H. (2022).The Use Of Social Media Influencers in Digital Marketing to Target Consumer Buying Interest. Jurnal Mirai Management, 7 (3), 372 – 380.

Purba, C. O., Nurhaliza, L. ., & Putrianti, S. D. . (2022). Strategi Bauran Pemasaran Produk Tabungan Emas di PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Ujungberung Bandung. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 10 (3), 169-180.

Rahardja, U., Aini, Q., Apriani, D., & Khoirunisa, A. (2019). Optimalisasi Informasi Manajemen Laporan Assignment Pada Website Berbasis Content Management System. Technomedia Journal (TMJ), 3(2), 213-223.

Rahman, A., Nugroho, A.B.. Tindaon, S.S., Wijayanti, R. (2020). Advokasi Model Pemanfaatan E-commerce Untuk Peningkatan Daya Saing UMKM. SeTIA MENGABDI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2), 63 – 69.

Ravenska, N., & Zulvia, P. (2022). Perilaku Impulsive Buying Masyarakat Bandung Raya Pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 15-26. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.133

Rudiadi. (2022). Optimalisasi Peningkatan Pajak Daerah Melalui Retribusi Pelayanan Pasar Tradisional Di Kec Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir Berdasarkan Peraturan Daerah Kab Rohil Nomor 21 Tahun 2011. The Journal Of Taxation, Vol 3(1), 9.

Rosmandi, M. L. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 122-127.

Sumarni, T., Melinda, L. D., & Komalasari, R. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 163-171.

Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.

Viona, V., Yohanes, K., Kurniawati, L. S., Marta, R. F., & Isnaini, M. (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, I(2), 46-65.

Wardhana, D. (2018). OPTIMALISASI KINERJA SATUAN RELAWAN KEBAKARAN. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA)(1), 49-63.

Wijayanti, R., Ravenska, N., & Nugroho, A. (2022). Business Model Innovation with Design Thinking Approach at Bumdes Pagerwangi. Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021. https://doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315259

Yudiarno, F. S., Rofi"a, I., Cahyani, R. D., & Hayati, N. (2021). Optimalisasi Strategi Pemasaran BUMDes melalui E-Commerce di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus BUMDes Madu Sejahtera Desa Segoromadu). Bultin Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, 1 (1), 1-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)