Strategi Pembelajaran Tenaga Pendidik Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Siswa
Abstract
Tenaga pendidik di Sekolah merupakan ujung tombak dalam penyelenggaraan pendidikan dengan output penting mendidik para siswa. Penelitian ini sangat relevan mengingat strategi pembelajaran yang terencana memiliki dampak signifikan pada peningkatan kompetensi siswa. Proses pembelajaran di tingkat Sekolah Menengah Atas melibatkan beberapa aspek kritis seperti kemampuan literasi, numerasi, karakter, iklim keamanan, kebinekaan, kualitas pembelajaran, dan refleksi guru. Keberhasilan strategi pembelajaran sangat diperlukan untuk mengatasi tantangan ini. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang proses pembelajaran di salah satu SMA dan menyoroti kebutuhan strategi pembelajaran yang efektif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa fokus pada peningkatan kompetensi, penerapan teori dalam konteks praktis, dan peningkatan minat belajar siswa adalah strategi yang perlu diterapkan. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan secara langsung meningkatkan kompetensi siswa. Hasil penelitian ini memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih baik di masa depan, memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kurikulum dan metode pengajaran yang lebih efektif. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan sumbangan yang berharga dalam menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anindita, N., Maasir, L. (2019).Work Life Balance (WLB) melalui Penerapan Aplikasi Kerja Berbasis IT pada Pegawai Wanita. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 3 (1).
Anwar, S. (2019).Peran Komite Sekolah Dalam Pemenuhan Hak Pendidikan Untuk Mencapai Tujuan Sustainable Development Goals di Indonesia. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 3 (1).
Anwar, S. (2021).Tantangan dan Peluang Kebijakan “Merdeka Belajar” sebagai Upaya Pemerintah Menghadapi Era Society 5.0. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 5, 101 – 107. http://180.250.247.102/conference/index.php/knia/article/view/602/pdf.
Anwar, S. (2022). The Role of The School Committee as a Mediator Between Educational Institutions and Village Communities in Madrasah Tsanawiyah, Gabus Sub-district, Grobogan Regency. Jurnal Administrasi Negara, 28(2), 138–162. https://doi.org/10.33509/jan.v28i2.1712.
Anwar, S., Pradesa, H.A., Ahmad, F. (2022).Testing Military Professionalism Construct: An Empirical Evidence From Indonesian Army (Case On Batallion Arhanud 2/ABW/2 Kostrad Malang). Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021, September 15 2021, Bandung, Indonesia. http://dx.doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315242
Anwar, S., Trilestari, E. W., & Agustina, I. (2022). The Tourism Development Policy in Bandung Regency: A Study on Kampung Gamis–Soreang. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 19 (1), 112 - 121. https://doi.org/10.31113/jia.v19i1.859
Chandra, G. A., Sufianti, E., & Listiani, T. (2022). Model Pola Karir Jabatan Struktural Tenaga Kependidikan di Institut Seni Budaya Indonesia Bandung. Jurnal Media Administrasi Terapan, 2(2), 81–94. https://doi.org/10.31113/jmat.v2i2.18
Dimyati. (2019). Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Halimah, S. (2019). Strategi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pustaka.
Kurniawan, I., Setiawan, B., Listiani, T. (2020). Pembinaan Aparatur Pemerintah Desa Dalam Bidang Manajemen Pemerintahan Desa Bagi Para Kepala Desa dan Perangkat Desa di Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2), 32 – 36. https://doi.org/10.53860/losari.v2i2.26
Pradesa, H.A., Tanjung, H. (2021). The Effect of Principal’s Spiritual Leadership Dimension on Teacher Affective Commitment. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (3), 69 – 81. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i3.2678
Zakir, S. (2012). Strategi pengembangan kompetensi siswa dengan manajemen berbasis sekolah. Jurnal analis.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)