Strategi Pembelajaran Tenaga Pendidik Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Siswa

Annisa Nurliani Afandi, Teni Listiani

Abstract


Tenaga pendidik di Sekolah merupakan ujung tombak dalam penyelenggaraan pendidikan dengan output penting mendidik para siswa. Penelitian ini sangat relevan mengingat strategi pembelajaran yang terencana memiliki dampak signifikan pada peningkatan kompetensi siswa. Proses pembelajaran di tingkat Sekolah Menengah Atas melibatkan beberapa aspek kritis seperti kemampuan literasi, numerasi, karakter, iklim keamanan, kebinekaan, kualitas pembelajaran, dan refleksi guru. Keberhasilan strategi pembelajaran sangat diperlukan untuk mengatasi tantangan ini. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang proses pembelajaran di salah satu SMA dan menyoroti kebutuhan strategi pembelajaran yang efektif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa fokus pada peningkatan kompetensi, penerapan teori dalam konteks praktis, dan peningkatan minat belajar siswa adalah strategi yang perlu diterapkan. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan secara langsung meningkatkan kompetensi siswa. Hasil penelitian ini memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih baik di masa depan, memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kurikulum dan metode pengajaran yang lebih efektif. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan sumbangan yang berharga dalam menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan.


Keywords


Pelatihan SDM, Pengembangan SDM

Full Text:

PDF

References


Afandi, M. N., E. Tri Anomsari, A. Novira, and S. Sudartini. 2023. Collaborative Governance in a Mandated Setting: Shifting Collaboration in Stunting Interventions at Local Level. Development Studies Research 10, no. 1: 2212868. https://doi.org/10.1080/21665095.2023.2212868.

Agustina, I., Bin Ajis, M. N., & Pradesa, H. A. (2021). Entrepreneurs perceived risk and risk-taking behavior in the small-sized creative businesses of tourism sector during COVID-19 pandemic. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 18(2), 187–209. https://doi.org/10.31106/jema.v18i2.12563

Anindita, N., Maasir, L. (2019).Work Life Balance (WLB) melalui Penerapan Aplikasi Kerja Berbasis IT pada Pegawai Wanita. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 3 (1).

Anwar, S. (2019).Peran Komite Sekolah Dalam Pemenuhan Hak Pendidikan Untuk Mencapai Tujuan Sustainable Development Goals di Indonesia. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 3 (1).

Anwar, S. (2021).Tantangan dan Peluang Kebijakan “Merdeka Belajar” sebagai Upaya Pemerintah Menghadapi Era Society 5.0. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 5, 101 – 107. http://180.250.247.102/conference/index.php/knia/article/view/602/pdf.

Anwar, S. (2022). The Role of The School Committee as a Mediator Between Educational Institutions and Village Communities in Madrasah Tsanawiyah, Gabus Sub-district, Grobogan Regency. Jurnal Administrasi Negara, 28(2), 138–162. https://doi.org/10.33509/jan.v28i2.1712.

Anwar, S., Pradesa, H.A., Ahmad, F. (2022).Testing Military Professionalism Construct: An Empirical Evidence From Indonesian Army (Case On Batallion Arhanud 2/ABW/2 Kostrad Malang). Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021, September 15 2021, Bandung, Indonesia. http://dx.doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315242

Anwar, S., Trilestari, E. W., & Agustina, I. (2022). The Tourism Development Policy in Bandung Regency: A Study on Kampung Gamis–Soreang. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 19 (1), 112 - 121. https://doi.org/10.31113/jia.v19i1.859

Aritonang, D. M. (2017). Perkembangan pengaturan format dekonsentrasi di indonesia. Jurnal Legislasi Indonesia, Vol 14, No 2 (2017). https://doi.org/10.54629/jli.v14i2.124

Aritonang, D. M. (2021). Kompleksitas Penegakan Hukum Administrasi dan Pidana di Indonesia. Jurnal Legislasi Indonesia, 18(1), 45- 58. https://doi.org/https://doi.org/10.54629/jli.v18i1.729

Cahyadi, S. S., & Reni Wijayanti. (2023). Analysis of Entrepreneurial Orientation at Employees of PT. Pertamina Patra Niaga - Bandung Retail Sales Area. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 20(2), 191–197. https://doi.org/10.31113/jia.v20i2.975

Chandra, G. A., Sufianti, E., & Listiani, T. (2022). Model Pola Karir Jabatan Struktural Tenaga Kependidikan di Institut Seni Budaya Indonesia Bandung. Jurnal Media Administrasi Terapan, 2(2), 81–94. https://doi.org/10.31113/jmat.v2i2.18

Dwiputrianti, S. (2011). Scope of Auditing on the Quality of Content in the Indonesian External Public Sector Auditing Reports. International Review of Public Administration, 16(3), 133-149. https://doi.org/10.1080/12294659.2011.10805211

Dwiputrianti, S., Sutiyono, W., Suryanto, A., Rachmawati, T., & Octoviandy Purba, C. (2023). Understanding Indicators of Talent Acquisition and Retention of Different Generations in Building Talent Management: A Case Study of DKI Jakarta Provincial Government. Policy & Governance Review, 7(1), 86. https://doi.org/10.30589/pgr.v7i1.646

Dimyati. (2019). Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Halimah, S. (2019). Strategi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pustaka.

Kurniawan, I., Setiawan, B., Listiani, T. (2020). Pembinaan Aparatur Pemerintah Desa Dalam Bidang Manajemen Pemerintahan Desa Bagi Para Kepala Desa dan Perangkat Desa di Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2), 32 – 36. https://doi.org/10.53860/losari.v2i2.26

Pradesa, H.A., Tanjung, H. (2021). The Effect of Principal’s Spiritual Leadership Dimension on Teacher Affective Commitment. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (3), 69 – 81. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i3.2678

Pradesa, H. A., Tanjung, H., Agustina, I., & Salleh, N. S. N. M. (2023). Increasing proactive work behavior among teachers in islamic senior high school: the role of ethical work climate and perceived organizational support. International Journal of Islamic Educational Psychology, 4(2), progres. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i2.19911

Rahman, A. (2017). Sebuah Pelajaran Dari Pelaksanaan Reformasi Pajak di Indonesia dan Vietnam. Jurnal Borneo Administrator, 13(1), 73–88. https://doi.org/10.24258/jba.v13i1.276

Sunardi, S., & Pradesa, H. A. (2018). An empirical evidence of ethical climate index in rural banks from Board of Directors Perspective. Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 21(3), 373. https://doi.org/10.14414/jebav.v21i3.1590

Tanjung, H., Salleh, N. S. N. M. ., & Pradesa, H. A. . (2023). Mediating Role of Public Service Motivation in Enhancing the Effect of Spiritual Leadership on Felt Obligation and Affective Commitment. International Journal of Social Science and Business, 7(4), 864–875. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i4.49540.

Zakir, S. (2012). Strategi pengembangan kompetensi siswa dengan manajemen berbasis sekolah. Jurnal analis.

Zulvia, P., Haryanto, N., Buana, A.A. (2022).Pengukuran Kepuasan Pelanggan Melalui Perbaikan Kualitas Informasi di Kompas.com. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 26 (2), 81 – 94. https://doi.org/10.17933/jskm.2022.4734


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)