IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN TRANSPORTASI ONLINE

Cut Ferzia Zharifa, Ryan Miftah Farid, Sendi Ari Nugraha

Abstract


 

                Transportasi online merupakan layanan publik yang sangat sering digunakan oleh masyarakat saat ini. Karena transportasi online menawarkan banyak sekali kemudahan dalam proses pemesanannya sehingga akan mempermudah konsumen untuk menggunakan jasanya. Tetapi tidak jarang adanya keributan yang terjadi antara pihak transportasi online dengan pengemudi transportasi konvensional. Pada penulisan artikel ini membahas mengenai bagaimana kualitas pelayanan Dinas Perhubungan (DISHUB) kota Bandung terhadap transportasi online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil analisis terhadap penelitian ini adalah kualitas pelayanan yang diberikan sudah cukup baik karena mengedepankan asas kebersamaan dan juga memikirkan berbagai pihak dengan adanya diskusi supaya menjadi adil untuk semua pengemudi. Kualitas kinerja DISHUB dalam mengatur permasalahan dengan adanya keberadaan transportasi online Kota Bandung. Tercantum di dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor Nomor 12 Tahun 2019. Pelayanan transportasi online kepada konsumen di kota Bandung memberikan pelayanan baik karena banyak sekali masyarakat yang merasa terbantu dengan kehadiran transportasi online.

Kata Kunci: Transportasi Online, DISHUB, Konsumen.


Keywords


Kata Kunci: Transportasi Online, DISHUB, Konsumen.

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

dok. (t.thn.). Diambil kembali dari https://text-id.123dok.com/document/ky626295z-pengertian-dan-sejarah-jasa-transpotasi-berbasis-aplikasi-online-di-indonesia.html

Admin. (2020, Februari 8). Permenhub PM 12 Tahun 2019 Tentang Perlingungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor Yang Di Gunakan untuk Masyarakat. Diambil kembali dari JOGLOABANG: https://www.jogloabang.com/

Administrator. (2021). BAGAN STRUKTUR ORGANISASI DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDUNG. Diambil kembali dari DISHUB BANDUNG: https://dishub.bandung.go.id/

Pengertian dan Sejarah Jasa Transpotasi Berbasis Aplikasi Online di Indonesia. (t.thn.). Diambil kembali dari 123dok.: https://text-id.123dok.com/document/ky626295z-pengertian-dan-sejarah-jasa-transpotasi-berbasis-aplikasi-online-di-indonesia.html

Kanedi, I., Utami, F. H., & Zulita, L. N. (2017). Sistem Pelayanan Untuk Peningkatan Kepuasan Pengunjung Pada Perpustakaan Arsip Dan Dokumentasi Kota Bengkulu. Pseudocode, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.33369/pseudocode.4.1.37-46

Margarena, L. O. (2020). Kajian Yuridis Kewenangan Pemerintahdalam Mengatur Operasional Transportasi Online. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Pradana, M. F. Y., & Sufa, M. F. (2021). Analisis Pelayanan Kualitas Jasa Layanan Ojek Online Menggunakan Pendekatan Servqual, Importance Performance Analysis (IPA), Dan Potential Gain In Costumer …. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/95143%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/95143/2/NASKAHPUBLIKASI muhammad fanny yoga p.pdf

Putri, H. S., & Diamantina, A. (2019). Ojek Online Untuk Kepentingan Masyarakat. 1, 392–403.

Rahma, N. (2013). Peranan Dinas Perhubungan Dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Di Bidang Angkutan Kota (Studi Pada Dinas Perhubungan Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(7), 1296–1304.

Subagiyo, R., Budiman, A., Agama, I., Negeri, I., & Tulungagung, I. (2021). Kebijakan Penetapan Tarif Ojek Online Dalam Pandangan Maqashid Syariah. Jurnal Muslimpreneur, 1(1). https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/muslimpreneur/article/view/58

Suhanda, N. (2019). KUALITAS PELAYANAN JASA TRANSPORTASI ONLINE PADA PT KARYA ANAK BANGSA (GO-JEK) DI KOTA PEKANBARU. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 6(1), 1–15.

Uli Sari Sianipar, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Relation Terhadap Kepuasan Pengunjung di Mal SKA Pekanbaru. Jom Fisip, 5(1), 1–11.

Yanti, P. F. (2021). Mengukur Kualitas Pelayanan pada Ojek Online di Masa Pandemi. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 940–947. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/2833/2212

Zahra, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Pelanggan Gojek Di Kota Yogyakarta). Hilos Tensados, 1, 1–476.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)