Pengaruh Etika ASN terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Disdukcapil Kota Makassar

Arini Arifin, Vonny Stefanya, Winanda Sura' Mantong

Abstract


Aparatur Sipil Negara sebagai bagian dari aparatur pemerintah merupakan aset dari dinas untuk meningkatkan kualitas yang sebenarnya dapat melaksanakan tugas dan fungsi yang efisien dan efektif. Dalam melaksanakan pelayanan publik yang baik perlu diterapkan etika yang baik pula. Hasil observasi awal peneliti dengan cara mewawancarai masyarakat yang ada di lokasi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar sudah baik menurut beberapa narasumber akan tetapi terdapat narasumber yang mengatakan bahwa system pelayanan di disdukcapil kota makassar masih terbilang berbelit-belit, kurang cepat dan masih terdapat kasus diskriminatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh etika ASN terhadap kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif dengan menggunakan bantuan kuesioner, penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei 2022 hingga juni 2022. Hasil analisis dihitung menggunakan spss diperoleh dari hasil uji t diketahui thitung 4,033 dan nilai ttabel pada d.f = (n-k-1) = 78-2-1 = 75 dengan taraf signifikansi (α) = 0,005 yaitu sebesar 1,995 karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak artinya etika ASN berpengaruh positif pada kualitas pelayanan publik.


Keywords


Etika ASN; Kualitas; Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Arfita, S., Putera, R. E., & Zetra, A. (2021). Implementasi Etika Aperatur Sipil Negara dalam Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang - Pariaman. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 4(2), 162–169. Retrieved from https://ojs.stiami.ac.id/index.php/transparansi/article/view/1876

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tangkilisan, H. (2006). Kebijakan Publik yang Membumi. Yogyakarta. Retrieved from https://onesearch.id/Record/IOS13411.INLIS000000000001623


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)