ANALISIS PELAYANAN JKN-KIS DI RSUD DR. MURJANI SAMPIT

Zikrilhaq Shangriela Sabila, Alin Triska, Widaningsih Widaningsih, Imas Sumiati

Abstract


Program JKN-KIS memungkinkan masyarakat memperoleh akses yang lebih besar untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan praktis dan gratis, sehingga keikutsertaan masyarakat dalam program ini sangatlah penting. RSUD Dr. Murjani Sampit menjadi salah satu rumah sakit yang melayani JKN-KIS, dan untuk melihat kualitas dari pelayanan tersebut maka diperlukan dimensi pelayanan oleh Parasuraman sebagai tolak ukur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengukur kualitas pelayanan JKN-KIS di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Murjani Sampit melalui dimensi pelayanan Parasuraman. Metode kualitatif digunakan sebagai metode dalam penelitian ini serta dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study), dan metode pengumpulan data studi pustaka.  Temuan-temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan JKN-KIS di RSUD Dr. Murjani Sampit saat ini sudah sesuai dengan dimensi pelayanan yang dicetuskan oleh Parasuraman yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles.


Keywords


Pelayanan Publik; Pelayanan kesehatan; JKN-KIS.

Full Text:

PDF

References


Harizatul Qudsiah, F. I. (2018). Pemanfaatan Kartu JKN-KIS Pada Pasien Rawat Inap di RSUD Ungaran. Hygeia Journal of Public Health Research and Development.

Indrawan, I. B. (2020, October 31). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JKN-KIS TERHADAP KEPUASAN. Jurnal Kindai, 19. From ejournal.stiepancasetia.ac.id.

Khainuddin, H. K. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Rawat Inap Pada Badan Layanan Umum m Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 11.

Pattiasina, R. Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien terhadap Loyalitas Pasien Pengguna JKN-KIS di RSUD Sele Be Solu Kota Sorong. PROSPEK Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi.

RS Umum Daerah Dr Murjani Sampit. (n.d.). From goalkes.com: https://www.goalkes.com/rumah-sakit/rs-umum-daerah-dr-murjani-sampit

Saftary, R. (2018). KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT HASAN SADIKIN BANDUNG (Studi Tentang Pelayanan Kepada Pasien Pemilik Kartu Indonesia Sehat). Skripsi, 17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)