EVALUASI PELAYANAN PUBLIK PADA POLI UMUM RSUD KOTA BANDUNG

Budi Setiawan, Raisa Rafifiti Choerunnisa, Caswadi Caswadi

Abstract


Perkembangan dunia bisnis saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Untuk memperoleh keunggulan dalam persaingan maka setiap perusahaaan harus mampu memenuhi kepuasan pelanggannya. Adapun kepuasan pelanggan dapat dipenuhi salah satunya melalui pelayanannya. Sebagai pelayanan kesehatan masyarakat umum, Rumah Sakit memiliki masalah utama yaitu mengenai pelayanan yang diberikan apakah sudah sesuai harapan pasien atau tidak. Oleh karena itu, pihak Rumah Sakit dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan pasien dengan meningkatkan kualitas pelayanannya. Penelitian ini membahas mengenai hasil evaluasi pelayanan yang diberikan oleh Poli Umum RSUD Kota Bandung terhadap para pasiennya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana pengumpulan data menggunakan wawancara. Penelitian ini mengevaluasi pelayanan di Poli Umum RSUD Kota Bandung, dimana kualitas pelayanan dari segi Kehandalan Pelayanan, Pelayanan Bermutu, Kepastian Pelayanan yang Mempuni, Responsif dan Keterlibatan dalam menangani pasien, Simpati dan Empati, Sarana dan Prasarana sudah dinilai cukup baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan grafik kunjungan yang meningkat setiap tahunnya. Hambatan dalam waktu pelayanan adalah kurangnya tenaga medis, waktu pelayanan dan kelengkapan sarana dan prasarana. Adapun upaya tindak lanjut terkait pelayanan di poli umum RSUD Kota Bandung yaitu dengan menambah tenaga medis, menambah jadwal praktik di poli umum, dan menggangarkan dana untuk pemeliharaan fasilitas.


Full Text:

PDF

References


Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Azwar, S. 2016. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara

Komariah, Aan dan Djam'an Satori. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller 2018. Marketing Managemet. Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Lovelock, C., dan Gummesson. 2017. Pemasaran Jasa (Seventh ed.). Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi dan Hamdani, 2016. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Saleh, A Muwafik. 2017. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tijiptono, Fandy. 2016. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)