INOVASI LAYANAN PUBLIK MELALUI PROGRAM E-FAKTUR DI KANTOR PELAYANAN PAJAK SERANG TIMUR

intania putri zahra, fikri habibi, Usep Saepul ahyar

Abstract


Pelaksanaan faktur pajak manual yang merupakan bukti pungutan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Serang Timur belum memberikan kemudahan, meningkatkan kepatuhan wajib pajak, dan mengantisipasi penyelewengan wajib pajak. Permasalahan yang sering dikeluhkan oleh wajib pajak antara lain; masih banyaknya modus penyalahgunaan faktur pajak dan pelaksanaan yang memakan waktu dengan sistem manual ini, sehingga dibuat program e-Faktur sebagai inovasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan dan faktor yang mempengaruhi e-Faktur menggunakan Teori Atribut Inovasi Rogers yang memiliki lima indikator dan dengan Teori Element Sukses E-government Harvard JFK School of Goverment sebagai teori pendamping. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang diperlukan baik data primer maupun data sekunder dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan inovasi pelayanan melalui program e-Faktur di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Serang Timur sudah berjalan dengan baik, walaupum dalam pelaksanaannya terdapat faktor penghambat yaitu kurangnya sosialisasi, half implemented, SDM dan ego sektoral.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)