Efektivitas Kinerja Pegawai Tata Usaha di SMK Negeri 1 Makassar

Nazaruddin H, Nurlaila Samaun, Haerul Haerul, Isgunandar Isgunandar

Abstract


Efektivitas adalah hubungan antara output dan tujuan atau dapat juga dikatakan merupakan ukuran seberapa jauh tingkat output, efektivitas juga sering digunakan untuk mengukur keberhasilan yang dicapai oleh organisasi atau perusahaan terkait dengan program-program yang sudah direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Kinerja Pegawai Tata Usaha SMK Negeri 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan informan 5 (lima) orang yaitu kepala sekolah, kepala tata usaha dan pegawai dibidang tata usaha. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang akan digunakan pada penelitian ini ialah reduksi pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kinerja pegawai tata usaha SMK Negeri 1 Makassar, cukup efektif dengan pengertian lain kinerja staf tata usaha yang dilihat melalui kualitas, kuantitas, kedispilinan, kesopanan, tanggung jawab, pengetahuan, keterampilan, dan evaluasi kerja. Permasalahan yang terkait dengan hasil kerja pegawai tata usaha yang didalam menjalankan tugasnya, faktor tersebut dapat dijadikan tolak ukur dalam mengadakan pengkajian tingkat kinerja seorang pegawai meskipun disadari bahwa kinerja pegawai bukanlah satu-satunya faktor yang dapat menetukan keberhasilan dalam pencapaian tersebut. Namun masih terdapat aspek yang belum dilakukan secara maksimal. Berdasarkan temuan-temuan tersebut disarankan kepada staf  tata usaha untuk lebih meningkatkan tanggung jawab kepada sesama staf tata usaha maupun dengan pegawai


Keywords


Efektivitas, Kinerja Pegawai, Tata Usaha

Full Text:

PDF

References


Agiskawati, A., Jamaluddin, J., Nasrullah, M., & Salam, R. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Komputer pada Kantor Pengadilan Tata Usaha Negara Makassar. Jurnal Office, 4(1), 13–18.

Akib, H., Abdullah, N. R., Niswaty, R., Arhas, S. H., & Awaluddin, M. (2022). Maintenance of Office Facilities at the Makassar City Public Works Service. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 12(1), 69–76.

Arhas, S. H., Suprianto, S., Darwis, M., Saleh, S., Jamaluddin, J., & Nasrullah, M. (2022). Service Quality and Customer Loyalty at Grapari. KnE Social Sciences, 734–740.

Han, Y., & Robertson, P. J. (2021). Public Employee Accountability: An Empirical Examination of a Nomological Network. Public Performance & Management Review, 44(3), 494–522. https://doi.org/10.1080/15309576.2020.1803092

Niswaty, R., Dhahri, I., Nasaruddin, H., & Arhas, S. H. (2021). Organizational Culture and Employee Performance. International Joined Conference on Social Science (ICSS 2021), 652–656.

Niswaty, R., Febrianti, K., Sakawati, H., & Arhas, S. H. (2022). Efektivitas Media e-Court di Pengadilan Tata Usaha Negara Makassar. Sawerigading Journal of Public Administration, 1(1).

Purnama, & Kempa. (2016). Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen, 4(2), 33–39.

Sari, W. P. I., Jamaluddin, J., Saleh, S., & Arhas, S. H. (2020). Influence of Compensation on Work Performance in the District Office of Bissappu, Bantaeng Regency. Jurnal Ad’ministrare, 6(2), 105–114.

Suprianto, S., & Arhas, S. H. (2022). Quality of Employee Performance at the Makassar City Ujung Tanah Sub-District Office. PINISI Discretion Review, 5(2), 353–360.

Takdir, M., Baharuddin, B., Arhas, S. H., & Irman, I. (2021). Quality of Academic Service during the COVID-19 Pandemic at the Universitas Muhammadiyah Sinjai. Jurnal Ad’ministrare, 8(1), 143–148.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)