Sistem Pelayanan Drive Thru di Unit Pelaksana Tugas Pendapatan Wilayah Gowa Provinsi Sulawesi Selatan
Abstract
Pelayanan pada kantor Sistem Manunggal Satu Atap(Samsat) merupakan sistem administrasi untuk mempercepat layanan admninistrasi pembayaran pajak kendaraan bermotor yang kegiatannya dilakukan dalam satu gedung. Pelayanan yang seperti ini sangat penting diterapkan karena menjadi salah satu bagian dari pelayanan publik yang diselenggarakan oleh negara dan tentunya memudahkan masyarakat dalam membayar pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pelayanan Drive Thru di UPT Pendapatan Wilayah Gowa Provinsi Sulawesi Selatan, dengan pendekatan desain kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik obsevasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Informan dalam penelitian ini sebanyak 5 (lima) orang dengan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sistem pelayanan Drive Thru di UPT Pendapatan Wilayah Gowa Provinsi Sulawesi Selatan secara keseluruhan disimpulkan sistem pelayanan sudah berlangsung baik. Hal ini ditinjau dari masing-masing dimensi mulai dari dimensi bukti fisik yang ditampilkan oleh Samsat khususnya pada bagian pelayanan Drive Thru yang hasilnya cukup tinggi, dimensi keandalan atau kemampuan yang hasilnya tinggi, dimensi daya tanggap yang hasilnya tinggi, dimensi jaminan yang hasilnya tinggi, dan pehatian atau sikap yang hasilnya juga tinggi.Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahsan, S. C., Niswaty, R., & Dhahri, I. (2021). Modification of District Integrated Administrative Services (PATEN) and Super Service Delivery Models at Polewali Mandar. Iapa Proceedings Conference, 78–97.
Ahsan, S. C., Thaija, A., & Niswaty, R. (2020). Public Service Standards in Public Service Malls of Central Sulawesi Province. Solid State Technology, 63(5), 8988–8993.
Akib, H., Abdullah, N. R., Niswaty, R., Arhas, S. H., & Awaluddin, M. (2022). Maintenance of Office Facilities at the Makassar City Public Works Service. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 12(1), 69–76.
Ayu, A., Niswaty, R., Darwis, M., & Arhas, S. H. (2019). Applying the Principles of Good Governance in the Efforts of Guiding Out-of-School Children at Social Service Offices Takalar Regency. Jurnal Office, 5(2), 51–58.
Jamaluddin, J., Mirdawati, Niswaty, R., Darwis, M., & Salam, R. (2018). Keefektifan Pelayanan IMB Pada Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar The effectiveness of IMB Services at the Makassar City Investment Office and One Door Integrated Services at Makassar City.
Takdir, M., Baharuddin, B., Arhas, S. H., & Irman, I. (2021). Quality of Academic Service during the COVID-19 Pandemic at the Universitas Muhammadiyah Sinjai. Jurnal Ad’ministrare, 8(1), 143–148.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)