Kempemimpinan Kepala Sekolah dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Yapmi Makassar
Abstract
Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah kemampuan kepala sekolah dalam mempengaruhi dan menggerakkan segala sumber daya yang ada dalam kegiatan pengelolaan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Yapmi Makassar. Menggunakan jenis dan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, dan menetapkan 7 (tujuh) orang informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru, staf tata usaha, siswa, dan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Yapmi Makassar sudah diterapkan dengan baik. Ditinjau dari enam indikator kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam manajemen berbasis sekolah bahwa kepala sekolah mampu memberdayakan guru-guru untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, lancar, dan produktif, kepala sekolah dapat menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan waktu yang telah ditetapkan, kepala sekolah mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat sehingga dapat melibatkan mereka secara aktif dalam rangka mewujudkan tujuan sekolah dan pendidikan, kepala sekolah mampu bekerja dengan tim manajemen sekolah, kepala sekolah berhasil mewujudkan tujuan sekolah secara produktif sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akib, H., & Darwis, M. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Jurnal Office, 1(1), 80–87.
Akib, H., & Saleh, S. (2015). Pengaruh Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 7 Makassar. Jurnal Office, 1(2), 141–147.
Darwis, M., Rahmawati, R., Sakawati, H., Arhas, S. H., Rizal, M., & Salam, R. (2020). A study of The professionalism of Administrative Personnel at SMK Country 7 Bulukumba, Sulawesi Selatan, Indonesia. GNOSI: An Interdisciplinary Journal of Human Theory and Praxis, 3(2), 23–34.
Ikhsan, M. I., Niswaty, R., Saleh, S., & Arhas, S. H. (2019). The Effectiveness of Using the Lecture Method at SMK Negeri 1 Parepare. PINISI Discretion Review, 3(2), 151–156.
Mulyasa, E. (2015). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah (ke-5). Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2017). Manajemen berbasis sekolah konsep, strategi, dan implementasi (ke-16). PT Remaja Rosdakarya.
Nasaruddin., & Muslimin. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah ( MBS ) pada SD Inpres Bira 1 Kota Makassar. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Pelaksanaan, 2.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Patras, Y. E., Iqbal, A., Papat, P., & Rahman, Y. (2019). Meningkatkan kualitas pendidikan melalui kebijakan manajemen berbasis sekolah dan tantangannya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 806.
Saleh, S., Jamaluddin, J., & Arhas, S. H. (2019). IbM Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar Berbasis Information Teknologi di Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Humanis, 18(2), 23–28.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)