Peranan Humas dalam Peningkatan Citra Sekolah pada SMK YAPMI Makassar

Muhammad Darwis, Hazimah RY, Sitti Hardiyanti Arhas

Abstract


Fungsi humas adalah menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antara organisasi dengan publiknya, internal maupun eksternal dalam rangka menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dalam upaya menciptakan opini publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran humas dalam peningkatan citra sekolah pada SMK YAPMI Makassar. Adapun jumlah populasi dalam penelitian  ini adalah 708 responden dengan sampel sebanyak 71 responden dengan jenis penelitian dan  pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah Teknik Probablity Sampling yaitu Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan humas dalam peningkatan citra sekolah pada SMK YAPMI Makassar dalam kategori baik dengan persentase 80 persen dan apabila dikonfirmasikan dengan kategori yang telah ditentukan sebelumnya persentase ini termasuk dalam interval 61%-80% yang berarti peranan humas dalam  peningkatan citra sekolah pada SMK YAPMI Makassar berada pada kategori baik, yang ditinjau dari indikator humas sebagai penghubung, humas sebagai Pembina hubungan, humas sebagai back up management, dan humas sebagai corporate image.


Keywords


peran, humas, citra sekolah

Full Text:

PDF

References


Alexander, J. W., & Morgan, G. (1988). Images of Organization. The American Journal of Nursing. https://doi.org/10.2307/3425778

Bagheri, J. (2016). Overlaps between Human Resources’ Strategic Planning and Strategic Management Tools in Public Organizations. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 230, 430–438. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.09.054

Chen, X., Hung-Baesecke, C. J. F., & Chen, Y. R. R. (2020). Constructing positive public relations in China: Integrating public relations dimensions, dialogic theory of public relations and the Chinese philosophical thinking of Yin and Yang. Public Relations Review. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2019.04.004

Kent, M. L., & Li, C. (2020). Toward a normative social media theory for public relations. Public Relations Review.

Niswaty, R., Wulandari, S., Saleh, S., & Rizal, M. (2018). Strategi Humas Universitas Negeri Makassar Dalam Meningkatkan Citra Positif Masyarakat. Ad’ministrare, 5(2), 99–104.

Ørnager, S., & Lund, H. (2018). Images in Social Media: Categorization and Organization of Images and Their Collections. Synthesis Lectures on Information Concepts, Retrieval, and Services.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Rosli, N. E. Z. H. B. M., Bidin, R. B. H., Omar, S. Z. B., Osman, M. N. Bin, & Zawawi, J. W. B. M. (2019). An experimental designs for the impact of attributed organization crisis responsibility on halal organization image as mediated by crisis response strategy. International Journal of Engineering and Advanced Technology. https://doi.org/10.35940/ijeat.E1104.0585C19

Saleh, S., Taslim, M., Nasrullah, M., Arhas, S. H., & Nur, H. (2022). Perbandingan Prestasi Belajar Berdasarkan Gaya Belajar Pada Mahasiswa di Universitas Negeri Makassar. Phinisi Integration Review, 5(1), 119–126.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2006).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)