Pelayanan Pembuatan Sertifikat Tanah Pada Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Gowa

Muh. Nasrullah, Raodatul Jannah, Jamaluddin Jamaluddin

Abstract


Pelayanan merupakan setiap usaha yang dilakukan/diberikan dalam rangka pemenuhan kebutuhan bagi yang membutuhkannya, baik dalam bentuk barang maupun jasa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pelayanan pembuatan sertifikat tanah pada kantor Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Gowa. Untuk mengetahui tujuan penelitian tersebut maka digunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian kemudian diolah dengan menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pembuatan sertifikat tanah pada kantor Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Gowa ialah sudah baik semua indikator dan dinilai telah memadai.

Full Text:

PDF

References


Ahsan, S. C., Thaija, A., & Niswaty, R. (2020). Public Service Standards in Public Service Malls of Central Sulawesi Province. Solid State Technology, 63(5), 8988–8993.

Arhas, S. H., Suprianto, S., Darwis, M., Saleh, S., Jamaluddin, J., & Nasrullah, M. (2022). Service Quality and Customer Loyalty at Grapari. KnE Social Sciences, 734–740.

Arifin, L., Agustang, A., & Idkhan, A. M. (2021). Analysis of the Challenges of Motor Vehicle Tax Revenue at the Technical Service Unit Office Revenue. Jurnal Ad’ministrare, 8(1), 427–434.

Jamaluddin, J., Mirdawati, Niswaty, R., Darwis, M., & Salam, R. (2018). Keefektifan Pelayanan IMB Pada Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar The effectiveness of IMB Services at the Makassar City Investment Office and One Door Integrated Services at Makassar City.

Lail, H., & Isma, A. A. (2021). Hospital Management Innovation in Public Services in Regional Public Hospitals Lanto Dg. Pasewang Jeneponto District. Jurnal Ad’ministrare, 8(1), 43–48.

Lindgren, I., Madsen, C. Ø., Hofmann, S., & Melin, U. (2019). Close encounters of the digital kind: A research agenda for the digitalization of public services. Government Information Quarterly, 36(3), 427–436. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.giq.2019.03.002

Kementerian PANRB Nomor 10 tahun 2019.

Pethig, F., Kroenung, J., & Noeltner, M. (2021). A stigma power perspective on digital government service avoidance. Government Information Quarterly, 38(2), 101545. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.giq.2020.101545

Rahman, N., Hurriyah, N. F., Niswaty, R., & Arhas, S. H. (2022). Strategy to Improve Administrative Services AT THE Office of Religious Affairs, North Galesong District, Takalar Indonesia. International Journal of Social Science, 1(5), 681–686.

Sulanjari, D. Y. (2020). E-Government Implementation in the Education Zone Service in Makassar City. Jurnal Ad’ministrare, 6(2), 153–158.

Syukur, M., & Awaru, O. (2019). Opportunities and Challenges of Organic Agriculture in the Era of Industrial Revolution 4.0 (A Case Study at Bulukumba Regency; South Sulawesi Province). International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019).

Takdir, M., Baharuddin, B., Arhas, S. H., & Irman, I. (2021). Quality of Academic Service during the COVID-19 Pandemic at the Universitas Muhammadiyah Sinjai. Jurnal Ad’ministrare, 8(1), 143–148.

Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)