Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Balai Diklat Keuangan Cimahi

Retno Dayu Wardhani, Teni Listiani

Abstract


Penelitian ini berujuan untuk menganalisis penerapan Organizational Citizenship Behavior (OCB), faktor-faktor pendorong dan penghambat penerapan OCB, serta upaya-upaya yang dilakukan untuk menguatkan atau meningkatkan OCB di Balai Diklat Keuangan Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa dimensi OCB yaitu helping behaviour, organizational compliance, dan individual initiative belum diterapkan dengan baik oleh para pegawai di Balai Diklat Keuangan Cimahi, sedangkan dimensi self development telah diterapkan sudah baik namun masih harus ditingkatkan lagi kualitasnya. Faktor pendorong atau penghambat penerapan OCB berasal dari dalam individu itu sendiri yaitu komitmen, sikap, moral, dan dari luar individu yaitu lingkungan kerja, budaya organisasi, kepemimpinan. Untuk menguatkan atau meningkatkan OCB dilakukan dengan menginternalisasi dan mengimplementasikan nilai-nilai serta budaya organisasi, dengan cara melihat, mengamati, bertanya secara informal terkait pekerjaan, dan melakukan pertemuan-pertemuan serta kegiatan informal.


Keywords


organizational citizenship behavior (ocb), perilaku organisasi

Full Text:

PDF

References


Ashkanasy, Neal M., Celeste P.M. Wilderom and Mark F. Peterson. 2000. Handbook of Organizational Culture and Climate. Thousand Oaks, CA: SAGE.

Aselfallah, Houriya and Ali Badizadeh. 2014. Effect of Organizational Citizenship Behaviour on Total Quality Management and Organizational Performance (Case Study in Dana Insurance Co.). Europian Online Journal of Natural and Social Sciences, Vol. 3 (4), p. 1124-1136.

Djati, SP. 2009. Variable Antesenden Organizational Citizenship Behaviour dan Pengaruhnya terhadap Service Quality pada Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya. Jurnal Aplikasi Manajmen Universitas Brawijaya. Vol 7. No. 3.

Luthan, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi 10: Yogyakarta.

Malloy, Marco. 2017. Organizational Behaviour. New York: Library Press.

Middleton, John. 2002. Organizational Behaviour. United Kingdom. Capstone Publishing (2 Wiley Company)

Musttaq, K. and M. Umar. 2015. Association Between Job Satisfaction, Motivation and Five Factors of Organizational Citizenship Behaviour. International Journal of Socal, Behavioural, Education, Economic, Business and Industrial Engineering. Vol 9 (8).

Perry, James I.and Annie Hondeghem. 2009. Motivation in Public Management. The Call of Publc Service. New York: Oxford University ress Inc.

Podsakoff, Philip M., Scott B, MacKenzie, Julie Beth Paine and Daniel G. Bachrach. 2000. Organizational Citizenship Behaviour: A Critical Review of the Theoritical and Empirical Literatur and Suggestion for Futrure Research. Journal of Management. Vol 26 (3) p. 513-563.

Robbin, Stephen P. and Timothy A.Judge. 2015. Perilaku Organisasi (Organizational Behaviour). Edisi 16. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Sedarmayanti, Lindawati Kuswanto. 2015. Pengaruh Servant Leadership, Komitmen Organisasional, dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behaviour (Studi di Rumah Sakit Imanuel Bandung). Jurnal Ilmu Administrasi STIA LAN Bandung, Vol XII, No, 3)

Sutharjana, Ni Wayan Karthi, Armanu Thoyib, Eka Afnan Taroena, Mintari Rahayu. 2013. Organizational Citizenship Behaviour Effect on Patient Satisfaction and Loyalty Through Service Quality (Study on Maternity Hospital in Indonesia). International Journal of Scientific & Technological Research, Vol. 2 (5).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)