Indeks Kepuasan Pengunjung di Taman Surabaya Kelurahan Kedung Cowek Kecamatan Bulak Kota

Moch Ali Mashuri, Shinta Devi Apriliana

Abstract


Indonesia merupakan negara kepulauan yang setiap daerah memiliki potensi yang dapat dikelola dan dikembangkan guna untuk mensejahterakan masyarakat. Melalui Nawa Cita, sektor pariwisata ditetapkan menjadi salah satu sektor prioritas pembangunan nasional. Kota Surabaya merupakan salah satu daerah yang berupaya mengembangkan potensi di bidang kepariwisataan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Surabaya. Dalam sektor pariwisata Pengukuran kepuasan pengunjung perlu dilakukan karena mengingat saat ini tingkat persaingan pariwisata semakin meningkat, semakin besar investasi yang dilakukan perusahaan untuk memenuhi kepuasan konsumen, dan harapan para pengunjung yang berubah dari waktu ke waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan pengunjung di Taman Suroboyo Kelurahan Kedung Cowek Kecamatan Bulak Kota Surabaya. Dari tujuan tersebut diharapkan penelitian ini memiliki manfaat antara lain Dapat dijadikan sebagai referensi oleh pihak dan pengelola Taman Suroboyo dalam memahami pengunjung dan merencanakan strategi untuk mencapai kepuasan pengunjung, Bagi penulis atau mahasiswa dapat menjadi sarana untuk penelitian-penelitian serupa dan dapat menambah wawasan bagi pembaca tentang indeks kepuasan pengunjung, Bagi pihak lain dapat menjadi referensi, masukan dan informasi yang ingin meneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, pengumpulan data menggunakan kuisoner, sumber data primer dan sekunder, serta pengambilan sampel secara acak atau Accidental Sampling. Dan menggunakan teknik analisis data menggunakan CSI (Customer Satisfaction Index). Diharapkan dari penelitian ini dapat menggambarkan indeks kepuasan pengunjung di Taman Suroboyo Kelurahan Kedung Cowek Kecamatan Bulak Kota Surabaya berada pada indicator cukup puas.


Keywords


Pariwisata, Kepuasan Pengunjung

Full Text:

PDF

References


Kementerian Pariwisata. 2018. Kementerian Pariwisata Rencana Strategis 2018-2019. Jakarta.

Peraturan Daerah Kota Surabaya No 7 Tahun 2002.

Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 23 Tahun 2012.

Sakti, Guntur. 2018. “Siaran Pers : Surabaya Pemenang Kota Terbaik Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018.†www.kemenpar.go.id. http://www.kemenpar.go.id/post/siaran-pers-surabaya-pemenang-kota-terbaik-yokatta-wonderful-indonesia-tourism-awards-2018 (September 4, 2019).

Undang – Undang Republik Indonesia No. 9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan.

www.indonesia.go.id. 2019. “Wisata Indonesia Di Mata Dunia.†www.indonesia.go.id.

Yuliarmi, Ni Nyoman, and Putu Riyasa. 2007. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi KepuasanPelanggan Terhadap Pelayanan PDAM Kota Denpasar.†Buletin Studi Ekonomi 12(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)