Adaptasi Sistem Aplikasi Aduan Online Bebeja Sebagai Tolak Ukur Responsivitas Pelayanan Publik di Kabupaten Pandeglang
Abstract
Penelitian ini berfokus kepada analisis Adaptasi Sistem Aplikasi Aduan Online Bebeja Sebagai Tolak Ukur Responsivitas Pelayanan Publik di Kabupaten Pandeglang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Adaptasi Sistem Aplikasi Aduan Online Bebeja Sebagai Tolak Ukur Responsivitas Pelayanan Publik di Kabupaten Pandeglang. Teori efektivitas menggunakan teori Duncan (Steers, 2012:53), dengan dimensi adaptasi. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling sebanyak 204 responden. Hasil penelitian diketahui Adaptasi Sistem Aplikasi Aduan Online Bebeja Sebagai Tolak Ukur Responsivitas Pelayanan Publik di Kabupaten Pandeglang dinyatakan efektif karena mendapatkan penilaian lebih dari 65% yang didasarkan pada kriteria uji hipotesis jika nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,679 > 1,882), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Presentase menurut tanggapan responden penelitian sebesar 66%. Rekomendasi penelitian yakni Dinas Komunikasi Informatika, Sandi & Statistik Kabupaten Pandeglang meningkatkan pelayanan dalam Aplikasi Bebeja dengan mencantumkan nomor telepon dan menyediakan kolom komentar/kritik/saran untuk menampung masukan masyarakat serta melakukan pelatihan bagi seluruh OPD yang terintegrasi dengan Aplikasi Bebeja sehingga dapat mempercepat proses aduan yang sudah disampaikan oleh masyarakat.
Kata Kunci: Adaptasi; Aplikasi Bebeja; ResponsivitasKeywords
Full Text:
PDFReferences
Jurnal
Prilly Resa Arinda, Suryadi, Romula Adiono. 2017. Efektivitas Penerapan B-Diso (Banyuwangi Digital Society) Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Bidang Pendidikan. 2, Hal. 360-28.
Buku
Indrajit, Richardus Eko. 2012. Electronic government : Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta. Andi Offset.
Nazir, Moh. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta. Ghalia Indonesia.
Peraturan Bupati Nomor 53 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan E-Government di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang
Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik
Steers, Richard M. 2012. Efektifitas Organisasi. Jakarta. Erlangga.
Skripsi/Tesis/Disertasi
Rafida, Hasna. 2019. Efektivitas Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Online (Simponie) Dalam Pelayanan Perizinan Usaha Secara Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Serang Tahun 2018. Skripsi. Fisip Untirta.
Internet
Website Aplikasi Bebeja Pandeglang http://bebeja.pandeglangkab.go.id (Diakses pada Senin, 8 Februari 2021 Pukul 11.20 WIB).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)