Model Monitoring Pasca Pelaksanaan Penilaian Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik Oleh Ombudsman Republik Indonesia
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana model monitoring pasca pelaksanaan penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik oleh Ombudsman Republik Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan telaah dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Kepala Keasistenan Utama Manajemen Pencegahan Ombudsman Republik Indonesia, Koordinator Penilaian Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Barat, Kepala Bagian Organisasi Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Sumedang. Teknik validasi data dilakukan dengan Teknik triangulasi, transferability dan confirmability. Hasil penelitian diperoleh bahwa dalam melaksanakan monitoring setelah penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik di Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat yang tidak cukup hanya dilakukan dengan menjalankan fungsi secara normatif, tetapi harus juga dilakukan dengan mendorong peran Ombudsman melalui perumusan model monitoring yang bisa diterapkan setelah pelaksanaan penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik. Model monitoring yang bisa dilakukan berupa koordinasi dengan Kepala Daerah, evaluasi dan bimbingan teknis kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pendampingan lapangan, cek lapangan, penyediaan anggaran monitoring dan peningkatan Sumber Daya Manusia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Anifah. 2018. Journal of Politic and Government Studies. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Penilaian Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Sesuai Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Vol 7, No 3.
Dinorov. 2014. Jurnal Ilmu Administrasi. Implementasi Pengawasan Melekat dan Fungsional terhadap Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Volume XI, No. 3
Dunn, William N. 2000. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
Hendrikus. 2011. Jurnal Ilmu Administrasi. Strategi Penyusunan Standar Pelayanan Publik Dengan Pendekatan Partisipasi Masyarakat Dan Stakeholders. Volume VIII, No. 3.
Hendrikus. 2013. Jurnal Ilmu Administrasi. Manajemen Pelayanan Publik Yang Bermutu Dan Berorientasi Publik Guna Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Dan Pembangunan Daerah. Vol 10, No 1.
Jones, Charles O, 1991. Pengantar Kebijakan Publik (Public Policy), Diterjemahkan oleh Ricky Istamto, Rajawali Pers.Jakarta.
Kawung, Vanesa dkk. 2017. Jurnal Administrasi Publik. Fungsi Monitoring Kepala Dinas Pada Penerapan Standar Pelayanan Minimal Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa Utara. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol 3, No. 046.
Kartasasmita, Ginanjar. 1994. Manajemen Pembangunan Untuk Negara Berkembang. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Kriswahyu, Herru dkk. 2017. Standar Pelayanan Publik Sesuai UU No 25 Tahun 2009 Survei Ombudsman RI. Jakarta: Ombudsman Republik Indonesia
Meri. 2015. Jurnal Dimensi. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Penyelenggara Pelayanan Publik Pemerintah Kota Batam. Vol 4, No 3.
Nurfadilah. 2019. Jurnal. Analisis Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik Pemerintah Kota Dispendukcapil Surabaya. Surabaya: STIESIA
Nugroho, Riant. 2011. Public Policy. Jakarta: PT. Elex MediaKomputindo. Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama. Subarsono, AG. (2005). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Aplikasi.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Philosopheryn Jurnal. 2010. Monitoring Kebijakan Publik. Tersedia di: (https://www.philosopheryn.blogspot.com/2010/11/monitoring-kebijakan- publik.html?m=1) . (Diakses pada tanggal 17 Oktober 2020).
Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
.2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Tahir, Arifin. 2014. Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Alfabeta. Bandung.
Wahab. Solichin. 2012. Pengantar Analisis Kebijaksanaan Negara.Rineka Cipta.Jakarta.
Winarno, Budi. 2012. Kebijakan Publik: Teori, Proses dan Studi Kasus.Yogyakarta: CAPS.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)