ANALISIS SISTEM PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS DIGITAL DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDUNG

Budi Setiawan, Raisa Rafifiti Choerunnisa, Chilvia Indharwati Widyastuti

Abstract


Pelayanan berbasis digital merupakan inovasi pemerintah untuk memperbaiki kualitas layanan yang dianggap masih kurang baik. Pemanfaatan teknologi menjadi harapan dalam  meningkatkan kualitas pelayanan yang cepat dan tepat. Pelayanan pengujian kendaraan bermotor akan meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas di Kota Bandung. Dengan memperbaiki kualitas pelayanan uji kendaraan, akan menurunkan tingkat kecelakaan akibat kendaraan yang tidak layak jalan. Sistem pelayanan yang diberikan dalam pengujian kendaraan bermotor telah berbasis digital dan komputerisasi, diharapkan efektifitas pelayanan akan memberikan kepuasan masyarakat. Penelitian ini menyebarkan angket kepada 100 responden menggunakan Skala Likert dan Strategi model 7’s McKinsey. Hasil survei mendapatkan gambaran sistem pelayanan digital belum membuat masyarakat puas. Nilai SKM rata-rata 78,23 dengan mutu pelayanan “C†dan Kinerja Unit Pelayanan “Kurang Baikâ€. Rekomendasi penulis adalah: (1) memperbaiki kecepatan pelayanan; (2) memperbaiki metode pembayaran; (3) maksimalkan proses sosialisasi pelayanan berbasis digital; (4) peningkatan kualitas jaringan; (5) meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana dalam antrian pendaftaran.

Kata Kunci: Digitalisasi Pelayanan, Survai Kepuasan Masyarakat, Indeks Kepuasan Masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Agus Dwiyanto, 2017. Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif dan Kolaboratif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Agustina, I., Bin Ajis, M. N., & Pradesa, H. A. (2021). Entrepreneurs perceived risk and risk-taking behavior in the small-sized creative businesses of tourism sector during COVID-19 pandemic. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 18(2), 187–209. https://doi.org/10.31106/jema.v18i2.12563

Ajat Rukajat, 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitative Research Approach. Yogyakarta: CV. Budi Utama

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Aritonang, D. M. (2017). Perkembangan pengaturan format dekonsentrasi di indonesia. Jurnal Legislasi Indonesia, Vol 14, No 2 (2017). https://doi.org/10.54629/jli.v14i2.124

Aritonang, D. M. (2021). Kompleksitas Penegakan Hukum Administrasi dan Pidana di Indonesia. Jurnal Legislasi Indonesia, 18(1), 45- 58. https://doi.org/https://doi.org/10.54629/jli.v18i1.729

Channon, D. F. and Caldart, A. A. 2015. McKinsey 7S Model. Wiley Encyclopedia of Management.

Dwiputrianti, S. (2011). Scope of Auditing on the Quality of Content in the Indonesian External Public Sector Auditing Reports. International Review of Public Administration, 16(3), 133-149. https://doi.org/10.1080/12294659.2011.10805211

Eri Barlian. MS, 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang: Sukabina Press

Kuswoyo, Chandra. Tjahyadi, Rully Arlan. 2017. Dimensi-Dimensi Kualitas Layanan: Pengujian Model Kualitas Layanan Dari Perspektif Europa. Jurnal Manajemen Maranatha. Vol. 17.

Osborne, Stephen P. 2012. A New Theory for Public Service Management?Toward a (Public) Service-Dominant Approach. American Review of Public Administration. Vol. 43(2). p. 135-158.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 133 Tahun 2015 tentang Pengujian Kendaraan Bermotor.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Pradesa, H.A., Tanjung, H. (2021). The Effect of Principal’s Spiritual Leadership Dimension on Teacher Affective Commitment. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (3), 69 – 81. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i3.2678

Rahman, A. (2017). Sebuah Pelajaran Dari Pelaksanaan Reformasi Pajak di Indonesia dan Vietnam. Jurnal Borneo Administrator, 13(1), 73–88. https://doi.org/10.24258/jba.v13i1.276

Ravanfar, Mohammad Mehdi. 2015. Analyzing Organizational Structure Based on 7s Model of Mckinsey. Global Journal of Management and Business Research: A Administration and Management. Vol. 15.

Rosenbloom, David H. Managing Digital Governance. (e-book) New York: Taylor and Francis Group.

Shaqrah, Amin. Dkk. 2018. Analyzing Business Intelligence Systems Based on 7s Model of McKinsey. International Journal of Business Intelligence Research. Vol. 9

Suandi. 2019. Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten Oku Timur. Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK), Vol.1. p. 2654-3141.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunardi, S., & Pradesa, H. A. (2018). An empirical evidence of ethical climate index in rural banks from Board of Directors Perspective. Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 21(3), 373. https://doi.org/10.14414/jebav.v21i3.1590

Yusup, febrianawati. 2018. Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 7. p. 17-23

Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)