Netizen sebagai Basis Citizen Power dalam Mengawasi Mutu Pelayanan Publik
Abstract
Artikel ini membahas tentang kajian pelayanan publik berbasis pada kekuatan warga negara sebagai pengawas. Citizen Power dalam mengawasi dan mempengaruhi proses Pelaksanaan pelayanan publik dengan mendorong masyarakat yang menggunakan media sosial (Netizen) untuk menjadi aktor dalam mengawasi proses pelayanan publik sebagai control power, dimana netizen berhak memberikan masukan dan saran bahkan menilai setiap pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah. Tulisan ini menggunakan metode kulaitatif dengan studi literatur secara sederhana untuk mendapatkan data primer maupun sekunder. Hasil kajian memperlihatkan perlu adanya terobosan yang paling penting sebagai bagian dari inovasi dalam meningkatkan mutu pelayanan publik adalah dengan melakukan modifikasi pengawasan yang diadaptasi dari cara kerja generasi milenial. Yaitu dengan memberikan ruang media sosial sebagai ruang penghubung partisipasi pengawasan warga negara yang dianggap lebih efektif. Sehingga pergeseran proses pengawasan dari yang sifatnya formalistik, struktural dan rigid menjadi lebih kasual dan egaliter mampu meningkatkan mutu pelayanan publik pada semua lini.
Kata Kunci: Pelayanan publik; Netizen; Citizen PowerFull Text:
PDFReferences
Fida ul Haq, Muhammad. 2019. https://news.detik.com/berita/d-4680068/walkot-tangerang-soal-paman-bopong-jenazah-ponakan-saya-tegur-dinkes
Ombudsman, C. (2012). Ombudsman.
Rahayu, A. Y. S., & Juwono, V. (2018). Birokrasi dan Governance Teori, Konsep dan Aplikasinya. Rajawali Pers.
Ramdani, D. F., & Habibi, F. (2017). Penguatan Partisipasi Masyarakat Dalam Mendorong Program Smart City di Kota Bandung. Penguatan Partisipasi Masyarakat Dalam Mendorong Program Smart City Di Kota Bandung, 125–129.
Ramdani, DF. Media Viral Sebagai Basis Penguatan Civil Society dalam Mempengaruhi Proses Kebijakan Pembangunan. 2018. Prociding KNIA STIA LAN Bandung
Sinambela, L. P. (2006). Reformasi pelayanan publik: teori, Kebijakan dan implementasi. Bumi Aksara.
Niken di acara Trusted Media Summit 2018 dan peluncuran website CekFakta.com
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)