Pemanfaatan Aplikasi Citizen Relation Management untuk Tata Kelola Pemerintahan yang Baik di Provinsi DKI Jakarta

Muhamad Shendy Adam Firdaus

Abstract


Perkembangan teknologi yang amat pesat telah mengakibatkan disrupsi pada berbagai bidang termasuk sektor pemerintahan. Pemprov DKI Jakarta sebagai barometer penyelenggaraan pemerintahan daerah di Indonesia berupaya untuk adaptif terhadap perubahan ini. Penyelenggaraan penanganan pengaduan masyarakat saat ini sudah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, yaitu dengan aplikasi Citizen Relation Management yang dikelola oleh Unit Pengelola Jakarta Smart City. Aplikasi tersebut mengintegrasikan pengaduan dari seluruh kanal yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta, baik yang berbasis teknologi seperti Qlue, Facebook, Twitter, email, SMS maupun yang sifatnya manual seperti posko pengaduan di kelurahan, kecamatan dan Balaikota. Pemantauan tindak lanjut pengaduan masyarakat kini dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Aplikasi ini juga memudahkan koordinasi internal di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Penyempurnaan terus dilakukan baik dari sisi teknologi maupun regulasi dan prosedur operasional standard. CRM sejauh ini membantu Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, yaitu pada prinsip partisipasi, transparansi, responsivitas, efektif dan efisien.

Keywords


mobile government, smart city, good governance

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)