Kontribusi Inovasi Produk Terhadap Peningkatan Keputusan Pembelian

Maya Setiawardani

Abstract


Industri kreatif dapat diartikan sebagai industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas keterampilan individu yang dikolaborasikan dengan penggunaan teknologi informasi untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan dengan mengandalkan penciptaan nilai tambah dari inovasi dan entrepreneurship. Kota Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki kontribusi besar untuk industri kreatif di Indonesia. Meningkatnya industri kreatif ini tidak terlepas dari peranan UMKM yang ada. Jumlah UMKM terbesar terdapat pada usaha sektor makanan dan minuman, salah satunya  minuman yang sedang menjadi trendsetter yaitu  Thai Tea. Satu permasalahan pokok adalah ketatnya persaingan, dimana munculnya pesaing baru, maupun pesaing lama yang telah berhasil menguasai pasar sehingga setiap pemilik usaha Thai Tea harus melakukan inovasi pada produknya agar mampu bertahan dan mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk tersebut di lingkungan pasar minuman yang semakin kompetitif ini. Untuk itu, penelitian ini ingin mengungkapkan seberapa besar kontribusi inovasi produk terhadap peningkatan keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 110 responden yang merupakan konsumen produk minuma Thai Tea di Kota Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk memiliki kontribusi terhadap peningkatan keputusan pembelian sebesar 32,1%, dan dimensi cost reduction yang paling besar kontribusinya dibandingkan dimensi lainnya.

Kata kunci :  Inovasi produk, Keputusan pembelian, Thai Tea


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)