Analisis Pengaruh Usability Aplikasi E-personal Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai di Balai Penerapan Modernisasi Pertanian (BRMP) Jawa Barat
Abstract
Transformasi digital di sektor pemerintahan menuntut sistem informasi yang mudah digunakan oleh pegawai. Salah satunya adalah aplikasi E-Personal di Balai Penerapan Modernisasi Pertanian (BRMP) Jawa Barat yang berfungsi mendukung administrasi kepegawaian. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh usability aplikasi E-Personal terhadap efektivitas kerja pegawai. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen System Usability Scale (SUS) untuk menilai usability dan self-assessment untuk mengukur efektivitas kerja. Sampel penelitian adalah 75 pegawai BRMP Jawa Barat yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Analisis dilakukan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai SUS sebesar 58,83 (kategori D), yang mencerminkan aplikasi masih memiliki banyak aspek yang perlu ditingkatkan agar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Rata-rata efektivitas kerja pegawai sebesar 23,96 dengan kategori sedang. Uji regresi menghasilkan koefisien positif 0,166, namun tidak signifikan (sig. 0,088 > 0,05), dengan nilai determinasi 0,039. Hal ini menunjukkan usability hanya menjelaskan 3,9% variasi efektivitas kerja, sementara sebagian besar dipengaruhi oleh faktor lain di luar ruang lingkup penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa usability aplikasi E-Personal tidak berpengaruh signifikan terhadap efektivitas kerja pegawai BRMP Jawa Barat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, M.N., Novira, A., Anomsari, E.T., Pradesa, H.A. (2024). Applying Collaborative Governance As An Intervention In Stunting Reduction An Empirical Community Empowerment Model In Sukabumi District. CosmoGov: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 10 (1), 44 – 64. https://doi.org/10.24198/cosmogov.v10i1.50195
Amelinda, S., Aditya Pradesa, H., Syahadat Harahap, A., & Wijayanti, R. (2025). Faktor Penentu Dari Tingkat Penerimaan Pasien Atas Sistem Antrian Online Pada Puskesmas Rancaekek DTP. JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 5(2), 134-146. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v5i2.1387
Andikaputra, F., Yulandary, W., Zulvia, P., & Nugroho, A.B. (2022). Meninjau Efektivitas Sistem Rely-on Dalam Menunjang Pengelolaan Pelanggan Pada PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) Area Batam. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(2), 143-162. https://doi.org/10.32815/jpro.v3i2.1445
Anggraeni, H. N., Nurliawati, N., Sufianti, E., & Taryono, O. (2023). Collaborative Strategies in Efforts to Increase the Innovation Index in Cimahi City Government. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 20(1), 11-28.
Ardhana, V. Y. P. (2021). Pengujian Usability Aplikasi Halodoc Menggunakan Metode System Usability Scale ( SUS ). Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 9, 132–136.
Arief, A., & Yunus Abbas, M. (2021). Kajian Literatur (Systematic Literature Review): Kendala Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.33387/protk.v8i1.1978
Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining what individual SUS scores mean; adding an adjective rating. Journal of Usability Studies, 4(3), 114–123.
Bormasa, M. F. (2022). Kepemimpinan Dan Efektivitas Kerja (Edisi Pert). CV. Pena Persada.
Brooke, J. (1986). SUS: A “Quick and Dirty” Usability Scale. In Usability Evaluation In Industry. Redhatch Consulting Ltd. https://doi.org/10.1201/9781498710411-35
Desma, S. A., Harahap, A. S., Wijayanti, R., & Kurniawan, I. (2025). Penerapan Metode Servqual dan Kano Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perumda Air Minum Tirta Raharja. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 5(03), 384–397. https://doi.org/10.69957/grjb.v5i03.2402
Dutta, R., Mantri, A., & Singh, G. (2022). Evaluating system usability of mobile augmented reality application for teaching Karnaugh-Maps. Smart Learning Environments, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40561-022-00189-8
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Giovani, N. S., Abubakar, R. R. T., Pradesa, H. A., & Novira, A. (2025). Efektivitas Penggunaan Aplikasi BJB DIGI Pada ASN di Kota Bandung. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 5(03), 329–342. https://doi.org/10.69957/grjb.v5i03.2393
Hamidi, D. Z., Mohzana, Muzakir, U., Mutmainnah, I., Ratnasari, Ilham, R. M., Suprapto, A., Suhartini, T., Irawan, P., & Putra, A. (2024). Statistik Dasar. Askara Sastra Media.
Hanizam, J.H., Sudrajat, A.S., Taryono, O., Novira, A. (2025). An Analysis of the Quality of Srikandi Utilization as a Digital Official Document Management System at Bappelitbangda of Cimahi City. Jurnal Administrasi Publik Dan Pemerintahan, 4(2), 229–234. https://doi.org/10.55850/simbol.v4i2.259
Harahap, A.S., Zulvia, P. (2023). Analisis Pengembangan Smart City berdasarkan Dimensi Teknologi, Sumber Daya Manusia, dan Insitutional di Kota Padang Panjang. Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 618 – 624. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1200
Haryono, E., Slamet, M., & Septian, D. (2023). Statistika SPSS 28 (Edisi Pert). Widina Bhakti Persada Bandung.
Irawan, B., & Hidayat, M. N. (2021). E-Govermnet: Konsep, Esensi, Dan Studi Kasus. Mulawarman University Press.
Kaltsum, N. F., Mappalotteng, A. M., & Fathahillah. (2025). Analisi Tingkat Kepuasan Mahasiswa JTIK terhadap My Sams Menggunakan Metode System Usability Scale. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin (JIMU), 03, 241–250.
Kawidjaya, S. P., Nugroho, A. B., Pradesa, H. A., & Taufik, N. I. (2023). Persepsi Atas Kualitas Sistem Dan Informasi Dalam Mendorong Kepuasan Pengguna Sistem BJB Greens. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 7775–7788. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2548
Latifa, A., & Frinaldi, A. (2024). Transformasi Digital dalam Manajemen Kepegawaian : Studi Kasus Implementasi Aplikasi e-Cuti untuk Mewujudkan Good Governance. Future Academia, 2(4), 601–610.
Lukar, G. G. B., Tewal, B., & Hasan Jan, A. (2023). Pengaruh Keahlian Kerja, Pengembangan Karir dan Self-efficacy terhadap Efektivitas Kerja Perawat pada RSUD Bolaang Mongondow Selatan. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 735–747. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51809
Nabila, P., Sufianti, E., Nugroho, A.B., Harahap, A.S. (2024). Implementasi Balanced Scorecard Sebagai Alternatif Pengukuran Kinerja Di KBM Komersial Kayu Jawa Barat dan Banten Perhutani . Cakrawala Repositori IMWI, Vol. 7 No. 5, 1353-1364.
Nuraieni, F. A., Ravenska, N., & Pradesa, H. A. (2021). Applying Importance Performance Analysis (IPA) Method in Analyzing Level of Service Quality. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 5(2), 85–93. https://doi.org/10.30741/adv.v5i2.779
Nuryasin, & Ferina, A. T. (2024). EVALUASI USABILITY APLIKASI SPOTIFY MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) 1 Nuryasin, 2 Annisa Tasya Ferina. Jurnal Perangkat Lunak, 6(2), 245–251.
Putra, F. A. A., Waluyo, B., Faturohman, R., Purwoprasetyo, W. D., & Setiawan, I. (2025). Analisis Usability Testing Menggunakan Metode System Usability Scale terhadap Kepuasan Pengguna Website Kemahasiswaan Universitas Amikom Purwokerto. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, Sains Dan Informatika, 3.
Putro, A. T. A., Wibowo, A., & Sutikno. (2024). Evaluasi Usability pada Aplikasi Sistem Pencatatan Pegawai Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire. Jurnal Masyarakat Informatika, 15(October). https://doi.org/10.14710/jmasif.15.2.67263
Ramdani, E.M. (2018).Analisis Efektivitas Pelaksanaan E Government di Tingkat Kelurahan. Sawala J. Adm. Negara, 6 (1), 31 – 48. https://doi.org/10.30656/sawala.v6i1.520
Ramdhani, V. R. ., Asri, M. D. ., Harahap, A. S. ., & Nugroho, A. B. . (2025). Pengukuran Tingkat Keberhasilan Penggunaan JMO BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan Model Delone & Mclean. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 5(03), 421–434. https://doi.org/10.69957/grjb.v5i03.2404
Reichheld, F., & Markey, R. (2011). The Ultimate Question 2.0: How Net Promoter Companies Thrive in a Customer-Driven World. Harvard Business Review Press.
Rifdan, Haerul, Sakawati, H., & Yamin, M. N. (2024). Analisis penerapan e-government dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di kecamatan tallo kota makassar. Jurnal Governance and Politik (JPG), 4, 49–61.
Riyadi, W., & Kurniabudi. (2023). Analisis Usability Aplikasi Belanjo Dengan PSSUQ Dan UMUX. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(2), 240–251. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2023.17.2.811
Rizkia, N. D., Istianingsih, N., Nuryanto, U. W., Surya, A. P., Susriyanti, Rahmat, Misno, Bander, S. E., Safarida, N., Indrajaya, S., Yudawisastra, H. G., & Atmoko, A. D. (2023). Metodologi Penelitian Bisnis (M. A. Wardana (ed.); Vol. 7, Issue 2). Intelektual Manifes Media.
Rosyid, H. Al, Rakhmadani, D. P., & Alika, S. D. (2022). Evaluasi Usability pada Aplikasi OVO Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(6), 1808. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i6.5073
Ruhiyat, R.F., Pradesa, H.A., Novira, A., Wijayanti,R. (2025). Implementation of the Balanced Scorecard for Performance Evaluation at the West Java Provincial Plantation Service. Jurnal Manajemen dan Perbankan (JUMPA), Vol. 12, No. 1, 14 – 27. https://doi.org/10.55963/jumpa.v12i1.729
Selvi, S., & Nasution, M. I. P. (2024). Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Manajemen Pemerintahan. Musytari: Neraca Manajemen …, 3(6). https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/view/1810%0Ahttps://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/download/1810/1680
Sriyeni, Y. (2022). Analisis Usability Aplikasi Investasi Digital Menggunakan Metode Heuristic Evaluation dan System Usability Scale. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 13(2), 88–93. https://doi.org/10.36982/jiig.v13i2.2294
Soufitri, F. (2023). Konsep Sistem Informasi. PT Inovasi Pratama Internasional. https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/viewFile/6095/4116
Sudrajat, A. S., & Hanifah Rahayu, R. (2025). Implementasi Kebijakan Kelas Rawat Inap Standar Jaminan Kesehatan Nasional (KRIS-JKN) di RSUD Kota Bandung. Journal of Governance Innovation, 7(1), 372–391. https://doi.org/10.36636/jogiv.v7i1.5256
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi Kedu, Vol. 11, Issue 1). Alfabeta. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Syawali, A.Z.S., Harahap, A.S., Pradesa, H.A., Andikaputra, F.A.T. (2023).Analisis Penggunaan Aplikasi BJB DIGI Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 624 – 633. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1205
Tanjung, H., Salleh, N. S. N. M. ., & Pradesa, H. A. (2023). Mediating Role of Public Service Motivation in Enhancing the Effect of Spiritual Leadership on Felt Obligation and Affective Commitment. International Journal of Social Science and Business, 7(4), 864–875. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i4.49540.
Taryono, O., Mursalim, S. W., & Anwar, S. (2021). Strategy for Handling Covid-19 in the Perspectives of Policy Implementation, Community Institutions and Community Participation in Cileunyi Sub-District. In 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020) (pp. 140-145). Atlantis Press.
Taryono, O., Aritonang, D. M., & Artisa, R. A. (2024). Implementasi Kebijakan Trans Metro Bandung (TMB) Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Transportasi Publik Di Kota Bandung. Jurnal Administrasi Publik dan Pemerintahan, 3(2), 128-140.
Wahyudi, R., Umiyati, S., & Tamrin, H. (2023). Efektivitas Aplikasi E-Personal Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai ( Studi Kasus Di Balai Besar Pelatihan Peternakan Kota Batu ). Jurnal Ilmiah Riset Dan Pengembangan, 8(4), 26–33. https://ejournal.irpia.or.id/index.php/irpia-jurnal/article/view/188/140
Wahyuning, S. (2021). Statistik Dasar-Dasar (Edisi Pert). Yayasan Prima Agus Teknik.
Wahyuningrum, T. (2021). Mengukur Usability Perangkat Lunak (Edisi Pert, Issue 1596). Deepublish.
Wibisono, P. M., Rokhmawati, R. I., & Hanggara, B. T. (2023). Evaluasi Usability Aplikasi Perangkat Bergerak Sipindo menggunakan Metode Think Aloud dan Heuristic Evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(3), 1247–1256. http://j-ptiik.ub.ac.id
Wirjatmi, E., Abdullah, S., Dwiputrianti, S., Purwasto, B. W., & Sufianti, E. (2024, November). From Manual to Digital: The Evolution of E-Service Models in Public Administration. In Iapa Proceedings Conference (pp. 1109-1132).
Wijaya, A., & Saleh, M. (2025). Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (Spbe) Dalam Mewujudkan Prinsip Good Governance Pada Pemerintahan Daerah. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 5(3), 2154–2164. https://doi.org/10.38035/jihhp.v5i3.4201
Wulandari, N. Pradesa, H.A., Zulvia, P., Agustina, I. (2025).Analisis Faktor Tentang E-Service Quality Pada Aplikasi Jakone Mobile. BanKu : Jurnal Perbankan dan Keuangan, Vol.6,No.1.
Yunaningsih, A., Indah, D., & Eryanto Septiawan, F. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi. Altasia : Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.37253/altasia.v3i1.4336
Zainuddin, F. F., Dhyaksa, P. S., Brillian, M., Buana, P. A., Studi, P., Informasi, S., Semarang, U., & Korespondensi, P. (2025). System Usability Scale (SUS): Analisis Pengalaman Pengguna pada Portal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Semarang SYSTEM USABILITY SCALE ( SUS ) : USER EXPERIENCE ANALYSIS ON THE ADMISSIONS PORTAL OF UNIVERSITAS SEMARANG. Jurnal Komputer Dan Teknologi Sains, 4(1), 23–28.
Zulvia, P., Gedeona, H. T. W., & Pradesa, H. A. (2022). Disentangling Important Factors in Service Quality: An Empirical Study in Vocational Higher Education at Bandung City. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(2), 128–141. https://doi.org/10.30741/adv.v6i2.938
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)