Penyusunan Instrumen Penilaian Kinerja Tenaga Administrasi Honorer di SMK Negeri 5 Bandung
Abstract
Penilaian kinerja terhadap Tenaga Administrasi Honorer di SMK Negeri 5 Bandung saat ini belum optimal karena tidak adanya standar kerja yang jelas dan instrumen penilaian yang terukur, hanya menggunakan checklist administratif. Hal ini mengakibatkan penilaian tidak akurat, umpan balik tidak optimal, dan berpotensi menurunkan motivasi pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis instrumen penilaian kinerja yang berlaku dan merancang perbaikannya agar lebih objektif, terukur, dan aplikatif. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan informan Kepala Sekolah, Koordinator Tata Usaha, dan perwakilan Tenaga Administrasi Honorer. Data dikumpulkan melalui studi dokumen dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa penilaian kinerja saat ini tidak memiliki standar tertulis, formulir terstruktur, dan umpan balik yang insidental. Berdasarkan temuan ini, dirancang perbaikan instrumen menggunakan lima indikator kinerja (kualitas, kuantitas, tanggung jawab, kerjasama, inisiatif) dengan metode BARS (Behaviorally Anchored Rating Scale) yang menyertakan deskripsi perilaku pada setiap skala 1-5. Instrumen ini dilengkapi checklist bukti kinerja, kolom catatan penilai, dan mekanisme umpan balik konstruktif. Diharapkan rancangan instrumen ini dapat menjadi pedoman evaluasi kinerja yang profesional, objektif, dan mendukung peningkatan mutu layanan administrasi di SMK Negeri 5 Bandung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abubakar, R. R. T. (2018). Persepsi Calon Pegawai Negeri Sipil Terhadap Pelanggaran Etika. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 15(2), 163-178. https://doi.org/10.31113/jia.v15i2.149
Agustina, I., Pradesa, H.A., Putranto, R.A. (2021). Peran Dimensi Motivasi Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Komitmen Afektif Pegawai. Jurnal Ekonomi, Manajemen Akuntansi dan Perpajakan (Jemap), 4 (2), 218-235. https://doi.org/10.24167/jemap.v4i2.3237
Ananda, S., Kirana, C.A.D., Anwar, S. (2024). Pemberdayaan Kelompok Buruan SAE ditinjau melalui Teori ACTORS. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 8 (1), 110 – 117.
Anderson, G. (1996). Performance appraisal. Dalam B. Towers (Ed.), The handbook of human resource management (2nd ed., hlm. 196–220). Cambridge: Blackwell.
Anwar, S. (2019).Peran Komite Sekolah Dalam Pemenuhan Hak Pendidikan Untuk Mencapai Tujuan Sustainable Development Goals di Indonesia. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 3 (1).
Anwar, S. (2022). The Role of The School Committee as a Mediator Between Educational Institutions and Village Communities in Madrasah Tsanawiyah, Gabus Sub-district, Grobogan Regency. Jurnal Administrasi Negara, 28(2), 138–162. https://doi.org/10.33509/jan.v28i2.1712.
Anwar, S. (2021). Tantangan dan Peluang Kebijakan “Merdeka Belajar” sebagai Upaya Pemerintah Menghadapi Era Society 5.0. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 5 (1), 101-107.
Anwar, S., Pradesa, H.A., Ahmad, F. (2022).Testing Military Professionalism Construct: An Empirical Evidence From Indonesian Army (Case On Batallion Arhanud 2/ABW/2 Kostrad Malang). Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021, September 15 2021, Bandung, Indonesia. http://dx.doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315242
Bohlander, G., & Snell, S. (2004). Principles of human resource management (15th ed.). Mason, OH: South Western Cengage Learning.
Cascio, W. F. (2012). Managing human resources (9th ed.). New York: McGraw-Hill International Edition Inc.
Dessler, G. (2017). Human resource management (15th ed.). London: Pearson Education, Inc.
Gomes, F. C. (2001). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Andi Offset.
Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: PT Bumi Aksara.
Indarwati, I. R., Asmara, N. A. A., & Listiani, T. (2022). Rancangan instrumen penilaian kinerja pegawai pelaksana marketing di Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Sampah Kota Bandung. Jurnal Media Administrasi Terapan, 3(1), 29-49.
Jihan, F. T. (2023). Manajemen tata usaha dalam meningkatkan pelayanan administrasi sekolah di SMA Negeri 1 Jenangan [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Kirana, C.A.D., Harahap, A.S. (2022).Pendukung Keputusan dalam Penilaian Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri menggunakan Metode Entropy. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9 (1), 159-166. http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v9i1.3846
Komalasari, R., & Ramdan, A. (2020). Perancangan aplikasi form penilaian kinerja Pegawai PT. Daya Adicipta Motora. J-SIKA| Jurnal Sistem Informasi Karya Anak Bangsa, 2(01), 42-49.
Lautza, S., Fitriani, L., Tindaon, S.S., Ravenska, N. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Cidadap Kota Bandung. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 8 (1), 186-194.
Listiani, T., Salsadila, D. A., Pradesa, H. A., & Maasir, L. (2023). Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Berdasarkan Analisis Kesenjangan Kompetensi Marketing Executive Di PT Pegadaian Kantor Wilayah X. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5848–5859. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.3111
Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Masram, & Mu’ah. (2017). Manajemen sumber daya manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Mathis, R. L., Jackson, H. J., & Jackson, J. (2017). Human resource management (10th ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi ed.). Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Mondy, R. W., & Noe, R. M. (2008). Human resource management (10th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Putranto, R. A., & Anwar, S. (2021). Tinjauan Empiris Motivasi Pelayanan Publik di Masa Pandemi: Sebuah Studi Pada Aparatur Sipil Negara di Bandung. Progress Conference, 4(1), 424–431. Retrieved from http://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/393
Ridwan, R. A., Nugraha, H., Priatna, R., & Pradesa, H. A. (2024). Analisis Penempatan Pegawai Berdasarkan Kompetensi di Dinas Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan I – VI Jawa Barat. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 17(2), 124-142. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v17i2.260
Robbins, S. P. (1996). Perilaku organisasi, konsep, kontroversi dan aplikasi (Edisi Keenam; H. Pujaatmaka, Trans.). Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.
Rismawati, & Mattalata. (2018). Evaluasi kinerja: Penilaian kinerja atas dasar prestasi kerja berorientasi kedepan. Makasar: Celebes Media Perkasa.
Santiari, L. P., Sunu, I. G. K. A., & Dantes, K. R. (2020). Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 1-10.
Sedarmayanti. (2011). Manajemen sumber daya manusia, reformasi birokrasi manajemen pegawai negeri sipil. Bandung: PT Rafika Aditama.
Setiawan, H., & Hamdan, M. (2019, April). Strategi penilaian kinerja dalam pendidikan. Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(1), 16-31.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Tanjung, H., Salleh, N. S. N. M. ., & Pradesa, H. A. (2023). Mediating Role of Public Service Motivation in Enhancing the Effect of Spiritual Leadership on Felt Obligation and Affective Commitment. International Journal of Social Science and Business, 7(4), 864–875. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i4.49540.
Waskito, A. (2023). Rancang bangun aplikasi penilaian kinerja pegawai menggunakan metode 360 degree feedback berbasis website pada PT Jatim Sekawan Hati [Skripsi]. Universitas Dinamika.
Yufensia, S. O. (2018). Implementasi metode skala penilaian grafik untuk penilaian kinerja manajer Tupperware di PT. Bumi Manunggal Kharisma [Tesis]. Semarang: Unika Soegijapranata.
Yustiono, E. (2004). Reformulasi sistem penilaian kinerja. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 1(1), 59-75.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)

