E-readiness Aktor Pelaksana PACEMACE Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura

Grace Salindeho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesiapan e-readiness pada layanan digital Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya transformasi digital dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang cepat, transparan, dan akuntabel. Penilaian dilakukan dengan menggunakan enam domain utama, yaitu Strategy, Technology, Organization, People, Environment, dan Budget. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapan e-readiness secara keseluruhan berada pada kategori “Siap” (Skala 3, 62–86%), dengan capaian sebesar 79,7% melalui perhitungan rata-rata sederhana, serta 73,84% apabila menggunakan bobot relatif antar domain. Domain Strategy, Organization, People, dan Environment memperoleh skor tertinggi (78%), menandakan adanya arah strategis, dukungan organisasi, kesiapan SDM, dan lingkungan yang kondusif. Sementara itu, domain Technology (76%) dan Budget (72%) memiliki nilai lebih rendah, menunjukkan masih adanya keterbatasan infrastruktur, keamanan data, serta alokasi anggaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Dukcapil Kota Jayapura telah siap melaksanakan layanan digital, namun perlu penguatan pada aspek teknologi dan pendanaan agar mampu mencapai kategori “Sangat Siap”.


Keywords


E-readiness, Layanan Digital, Dukcapil, Kota Jayapura, Transformasi Digital

Full Text:

PDF

References


Abubakar, R. R. T., Prasetya, D.D. (2025).Penerapan E-Government melalui Aplikasi Masagi Musrenbang di Desa Ciburial.Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik, 28 (1), 25 – 42.

Abubakar, R. R. T. , Nurhaliza, G.A.(2023). Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pemanfaatan Aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat di Kota Cimahi. Ministrate: Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah, 5 (2), 82 – 92.

Amelinda, S., Aditya Pradesa, H., Syahadat Harahap, A., & Wijayanti, R. (2025). Faktor Penentu Dari Tingkat Penerimaan Pasien Atas Sistem Antrian Online Pada Puskesmas Rancaekek DTP. JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 5(2), 134-146. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v5i2.1387

BAPPEDA. 2025. “Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Jayapura.”

Chanyagorn, Pornchai, and Bundid Kungwannarongkun. 2011. “ICT Readiness Assessment Model for Public and Private Organizations in Developing Country.” International Journal of Information and Education Technology 1.

CID Harvard. 2019. Readiness for Networked World A Guide for Developing Countries. http://unpan1.un.org/intradoc/groups/public/documents/APCITY/UNPAN00 4060.pdf.

KEMENPANRB. 2024. Laporan Evaluasi SPBE Tahun 2024. Jakarta.

Kennedy, Alexander, William Hartato Surya, and Franciscus Xaverius Wartoyo. 2024. “Tantangan Dan Solusi Penerapan E-Government Di Indonesia.” Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau 4(2).

Maulana, R.R., Priatna, R. (2021). Perancangan Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan dalam Menunjang Digitalisasi Desa. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8 (6), 419 – 423. http://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3753

Mengesha, Getachew H., Philip F. Musa, Solomon Negash, Ruth Leuleged, and George Munchus. 2022. “Assessment of Readiness for Launching Cloud Computing Services: The Case of Ethio?Telecom in Ethiopia.” THE ELECTRONIC JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS IN DEVELOPING COUNTRIES 88(4). doi:10.1002/isd2.12210.

Mugiarto, M., Agustina, I., & Suryaman, W. (2023). Adopsi Teknologi Aplikasi Aset Dan Kompetensi Pegawai Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Pengelolaan Barang Milik Negara Di Sopd Kota Cimahi . Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 4823–4835. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2800

Mursalim, S. W., & Anwar, S. (2024). Institutional model of science techno Park: Overview of government-owned Stp management in West Java. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 14(1), 43. doi:10.26858/jiap.v14i1.57033

Nugroho, Rossi Adi. 2020. “KAJIAN ANALISIS MODEL E-READINESS DALAM RANGKA IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT.” Masyarakat Telematika Dan Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi 11(1):65. doi:10.17933/mti.v11i1.171.

Nurhidayat, Nurhidayat, Achmad Nurmandi, and Misran Misran. 2024. “Evaluation of the Challenges of E-Government Implementation: Analysis of the E-Government Development Index in Indonesia.” Jurnal Manajemen Pelayanan Publik 8(2):371–83. doi:10.24198/jmpp.v8i2.52759.

Osaimi, Khalid, Abdulmohsen Alheraish, and Saad Haj Bakry. 2006. “An Integrated STOPE Framework for E-Readiness.” (1):75. doi:10.1002/nem.657.

Pramuditha, R., & Agustina, I. (2022). Persepsi Masyarakat Pengguna Atas Kualitas Pelayanan E-KTP Pada Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(1), 884-901. https://doi.org/10.31955/mea.v6i1.1922

Rachman, Marjoni. 2021. Manajemen Pelayanan Publik. 1st ed. Samarinda: TAHTA MEDIA GROUP.

Ramdani, E.M. (2019). Analisis Keberlanjutan Inovasi Lokal: Studi Kasus Inovasi e-Health Cimalaka Sehat. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik, 22 (2), 163-182. http://dx.doi.org/10.31845/jwk.v22i2.159.

Riani, Dinda, Gusti Agung Ayu Putri, and I. Putu Agus Eka Pratama. 2021. “E-Readiness Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Gianyar).” JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer 2(3). doi:10.24843/jtrti.2021.v02.i03.p09.

Sufianti, E., Jubaedah, E., Abdullah, S. (2021). Building Sustainability of Public Service Innovation in Bandung City, West Java, Indonesia. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), pp. 19 – 24. 10.2991/assehr.k.210629.005

Sugiyono. 2023. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 5th ed. Yogyakarta: ALFABETA.

Tebay, Fransiska, Ike Pertiwi Windasari, and Risma Septiana. 2023. “ANALISIS USABILITY WEBSITE APLIKASI PACEDUKCAPIL KOTA JAYAPURA MENGGUNAKAN METODE WEBUSE.” Jurnal Teknik Komputer 2:11–15.

Ummah, A.J., Nurliawati, N., Sudrajat, A.S., Novira, A. (2024). hambatan proses akselerasi penerbitan sertifikat rechts cadaster:program pendaftaran tanah sistematis lengkap di kabupaten bandung Creative Research Journal, 10(01), 27-40. https://doi.org/10.34147/crj.v10i1.340

Yuliantini, Lisa Sophia, and Ulung Pribadi. 2024. “Citizens Readiness for E-Government on The Jogja Smart Service (JSS) Application in Yogyakarta City.” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) 13(2):234–47. doi:10.23887/janapati.v13i2.67697


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)