Analisis Persepsi Pegawai Terhadap Penerapan Manajemen Pengetahuan di Direktorat Jenderal Pajak
Abstract
Kebutuhan pengetahuan bagi organisasi semakin penting karena pengetahuan merupakan salah satu sumber daya yang tidak akan habis walaupun telah digunakan atau dibagikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terkait dengan penerapan manajemen pengetahuan di lingkungan kerjanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mewawancarai sejumlah pegawai. Data primer dan sekunder kemudian dianalisis secara tematik agar diperoleh gambaran persepsi pegawai tentang manajemen pengetahuan. Analisis data menggunakan knowledge management framework dari Alavi & Leidner yang terdiri dari knowledge creation, knowledge retrieval, knowledge distribution dan knowledge aplication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pegawai telah memiliki pengalaman dalam pelaksanaan manajemen pengetahuan yang digambarkan melalui motivasi, alasan, manfaat, dan kendala yang mereka alami dalam berbagi dan memeroleh pengetahuan. Pegawai belum mengetahui secara detail aplikasi Knowledge Management System (KMS) di Kementerian Keuangan. Namun, mereka memiliki minat dan harapan dalam menggunakan aplikasi KMS di masa yang akan datang. Berdasarkan hal tersebut, penulis merekomendasikan agar DJP dapat mengintegrasikan aplikasi berbagi pengetahuan dalam satu platform, meningkatkan kemudahan akses dan kredibilitas konten pengetahuan, membangun budaya berbagi, memasukkan sharing knowledge dalam pengukuran kinerja, serta memberikan penghargaan bagi pegawai yang aktif berbagi pengetahuan.
Kata Kunci: Manajemen Pengetahuan, Direktorat Jenderal Pajak, Persepsi Pegawai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, I., & Harijanto, D. (2022). Determinan Perilaku Proaktif Pegawai Ditinjau Dari Persepsi Dukungan Organisasi, Keadilan Distributif Serta Keadilan Prosedural. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(1), 102-120. https://doi.org/10.32815/jpro.v3i1.1109
Agustina, I., Rindiani, B., Dellarosa, A., Gunawan, A. A., & Herdiana, S. (2022). How Well are Job Burnout and Engagement Related to Public Service Motivation Among Civil Servants? Empirical Evidence in Pandemic Setting. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(1), 36–45. https://doi.org/10.30741/adv.v6i1.828
Anggraeni, H. N., Nurliawati, N., Sufianti, E., & Taryono, O. (2023). Collaborative Strategies in Efforts to Increase the Innovation Index in Cimahi City Government. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 20(1), 11-28. https://doi.org/10.31113/jia.v20i1.891
Alavi, M., & Leidner, D. E. (2001). Review: Knowledge management and knowledge management systems: Conceptual foundations and research issues. MIS Quarterly, 25(1), 107–136. https://doi.org/10.2307/3250961
Arora, E., & Raosaheb, R. (2012). Knowledge management in public sector. International Journal of Commerce and Management Studies, 3(1), 1–10. https://ijcms.in/index.php/ijcms/article/view/64
Badan Kepegawaian Negara. (2022, Februari 23). Wujudkan World Class Government PNS Harus Kembangkan Kompetensi Melalui Jalur Pendidikan. Retrieved Maret 22, 2022, from www.bkn.go.id: https://www.bkn.go.id/berita/wujudkan-world-class-government-pns-harus-kembangkan-kompetensi-melalui-jalur-pendidikan
Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Republik Indonesia. (2024). Laporan kinerja BPPK Tahun 2024. Jakarta, Indonesia.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
CIO Council. (2001). Managing Knowledge @ Work, An Overview of Knowledge Management. Knowledge Management Working Group of the Federal Chief Information Officers Council.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Dharmanegara, I. B. A., Sulistyan, R. B., & Agustina, I. (2021). How Well Public Service Motivation and Job Satisfaction in Enhancing the Effect of Compensation on Job Performance?. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 11(2), 181–192. https://doi.org/10.30741/wiga.v11i2.853
Dharmanegara, I.B.A., Harijanto, D., Jamaluddin, M.R., Agustina, I. (2023).Mengeksplorasi Dimensi Perilaku Inovatif PNS: Sebuah Studi Empiris di Kabupaten Badung. Image: Jurnal Riset Manajemen, 11 (2), 269-282. https://doi.org/10.17509/image.2023.025
Harijanto, D., Dharmanegara, I. B. A., Pradesa, H. A., & Tanjung, H. (2022). Do Distributive Justice Really Make Public Officers Feels More Obligated in Their Job?. Innovation Business Management and Accounting Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.56070/ibmaj.v1i1.1
Hannan, M. T., & Freeman, J. (1977). The population ecology of organizations. American Journal of Sociology, 82(5), 929–964. https://doi.org/10.1086/226424
Kassa, E. T., & Ning, J. (2023). A systematic review on the roles of knowledge management in public sectors: Synthesis and way forwards. Heliyon, 9(11).
Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2024). Laporan Tahunan Kementerian Keuangan Republik Indonesia Tahun 2023. Jakarta, Indonesia.
Kementerian Keuangan. (2019). Peraturan Menteri Keuangan No. 226/PMK.11/2019 tentang Manajemen Pengetahuan di Lingkungan Kementerian Keuangan. Jakarta.
Kementerian Pendayaguaan Aparatur Negara dan Reforamasi Birokrasi. (2011). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Manajemen Pengetahuan. Jakarta.
Lee, H., & Choi, B. (2003). Knowledge management enablers, processes, and organizational performance: An integrative view and empirical examination. Journal of Management Information Systems, 20(1), 179–228. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045756
Mustika, H., Eliyana, A., Agustina, T. S., & Anwar, A. (2022). Testing the Determining Factors of Knowledge Sharing Behavior. SAGE Open, 12(1). https://doi.org/10.1177/21582440221078012 (Original work published 2022)
Nonaka, I., & Takeuchi, H. (1995). The Knowledge-Creating Company: How Japanese Companies Create the Dynamics of Innovation. Oxford: Oxford University Press.
Nowell, L. S., Norris, J. M., White, D. E., & Moules, N. J. (2017). Thematic analysis: Striving to meet the trustworthiness criteria. International Journal of Qualitative Methods, 16(1), 1–13. https://doi.org/10.1177/1609406917733847
Susiawati, M., Nugraha, H., Priyantoro, A. (2025). Bureaucratic Simplification: Changes in Organizational Structure From Structural to Functional in the Central Java Provincial Government. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 9(1). https://doi.org/10.29040/ijebar.v9i1.16764
OECD. (2000). Knowledge Management in The Learning Society. Ottawa: OECD.
Putranto, R. A., & Anwar, S. (2021). Tinjauan Empiris Motivasi Pelayanan Publik di Masa Pandemi: Sebuah Studi Pada Aparatur Sipil Negara di Bandung. Progress Conference, 4(1), 424–431. Retrieved from http://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/393.
Sandhu, M. S., Jain, K. K., & bte Ahmad, I. U. K. (2011). Knowledge sharing among public sector employees: evidence from Malaysia. International Journal of Public Sector Management, 24(3), 206-226
Sobandi, B., Nugraha, H., Dawud, J. (2025). Model Panca Krama/COACHEE Model (Commitment, Analysis, Choice, Execution, Evaluation): Alternatif Strategi Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara di Indonesia. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik, 28 (1), 111 – 134.
Subroto, G. (2020). Knowledge Management In Tax Administration: A Case Study In Indonesia. Scientax: Direktorat Jenderal Pajak
Suharsono, A., & Indaryani, S. A. (2020). Implementasi Knowledge Management dalam Kemenkeu Corporate University. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6-15.
Supriatna, M. D. (2020). Knowledge sharing activities among public sector employees: Evidence from Indonesia. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 17(2), 121–134. https://doi.org/10.31106/jema.v17i2.6686
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)