Kinerja Bidang Bina Marga Dinas PUTR Kota Sukabumi Dalam Pemeliharaan Jalan

M. Rijal Amirulloh, Zahra Aprilita Herdan, Fathira Nurul Rabbani, Lely Anggraeni Putri

Abstract


Pemeliharaan jalan yang efektif merupakan fondasi penting dalam mendukung kelancaran transportasi dan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Sukabumi dalam pemeliharaan jalan menggunakan teori kinerja Agus Dwiyanto yang mencakup lima dimensi: produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui wawancara mendalam dengan 12 informan kunci, observasi lapangan sistematis, dan analisis dokumen komprehensif. Temuan menunjukkan kinerja Bidang Bina Marga mencapai efektivitas moderat dengan tingkat kemantapan jalan 88,59% dari total jaringan 117,796 km, melampaui target 80% yang ditetapkan. Produktivitas menunjukkan pemanfaatan anggaran yang efektif melalui metode kontraktual dan swakelola meskipun menghadapi kendala cuaca dan keterbatasan 24 personel. Kualitas layanan mengikuti standar Peraturan Menteri PU Nomor 13 Tahun 2011 namun masih terdapat keluhan terkait perbaikan ketahanan masyarakat. Responsivitas menunjukkan kemampuan respon 24 jam terhadap aduan masyarakat dengan sistem pengaduan terintegrasi. Tanggung jawab diwujudkan melalui pengawasan ketat sesuai regulasi dan prosedur BPBJ. Akuntabilitas diwujudkan melalui transparansi anggaran LPSE dan pelaporan rutin LAKIP, LPPD, LKPJ kepada DPRD. Optimalisasi tersebut memerlukan peningkatan anggaran 30-40%, ekspansi SDM 50-60%, modernisasi peralatan, dan perbaikan koordinasi antar instansi.


Keywords


kinerja; bina marga; pemeliharaan jalan

Full Text:

PDF

References


Agustina, I., Sulistyan, R.B., Pramuditha, R. (2023). Telaah Kritis Tentang Konsep Kepercayaan Masyarakat: Peran Serta Tehnologi, Informasi dan Komunikasi. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7 (1), 182-187.

Aprilia, F., Ravenska, N., Putrianti, S.D., Harahap, A.S.(2024). Analisis Face Recognition Boarding Gate Sebagai Inovasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP II Bandung. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik, 27 (1), 103-124.

Ardani, D., & Thamrin, M. H. (2024). Kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Sumatera Utara dalam Pemeliharaan Jalan Di Kecamatan Medan Marelan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 3535–3547.

Chandler, R. C., & Plano, J. C. (1988). The public administration dictionary. (No Title).

Dawud, J., Pradesa, H. A., & Afandi, M. N. (2018). Distributive and Procedural Justice, Perceived Organizational Support, and Its Effect on Organizational Commitment in Public Organization. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(12), 1675–1188

Dwiyanto, A. (2021). Reformasi birokrasi publik di Indonesia. Ugm Press.

Hanizam, J.H., Sudrajat, A.S., Taryono, O., Novira, A. (2025). An Analysis of the Quality of Srikandi Utilization as a Digital Official Document Management System at Bappelitbangda of Cimahi City. Jurnal Administrasi Publik Dan Pemerintahan, 4(2), 229–234. https://doi.org/10.55850/simbol.v4i2.259

Hughes, O. E. (2017). Public management and administration. Bloomsbury Publishing.

Karunia, R.L., Solihati, K.D., Wati, N.K. (2022). Implementation of Good Governance Principles in the Land Transportation Management Center. KnE Social Sciences, 1253–1269.

Karunia,R.L., Andrianto, N. (2023). Insight and Oversight Function of BPK to Improve the Management of Indonesian Migrant Workers. Jurnal Tata Kelola dan Akuntabilitas Keuangan Negara (JTAKEN), 9 (1).

Kurniawan, V. D., Mulyadi, M., Purnawan, H., Prabawati, I., & Harmiati, H. (2023). EVALUASI PROGRAM PEMELIHARAAN JALAN OLEH DINAS PEKERJAAN UMUM:(Studi Kasus di Bagian Bina Marga Provinsi Bengkulu). Mimbar: Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 12(1), 154–168.

Lautza, S., Fitriani, L., Tindaon, S.S., Ravenska, N. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Cidadap Kota Bandung. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 8 (1), 186-194.

Maharani, H.K., Abubakar, R. R. T. , Sufianti, E., Rahmawati, A. (2023). Collaboration Model of Masagi Bersih Program in Supporting the Village Sustainable Development (Study Case: Ciburial Village, Cimenyan District, Bandung Regency, West Java). Fourth International Conference on Administrative Science (ICAS 2022), 71-82.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2011). Manajemen sumber daya manusia perusahaan.

Mursalim, S. W., & Anwar, S. (2024). Institutional model of science techno Park: Overview of government-owned Stp management in West Java. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 14(1), 43. doi:10.26858/jiap.v14i1.57033

Nabila, P., Sufianti, E., Nugroho, A.B., Harahap, A.S. (2024). Implementasi Balanced Scorecard Sebagai Alternatif Pengukuran Kinerja Di KBM Komersial Kayu Jawa Barat dan Banten Perhutani.Cakrawala Repositori IMWI, Vol. 7 No. 5, 1353-1364.

Nurlita, C.M., Priatna, R., Pradesa, H.A., Nugraha, H. (2025). Efektivitas Upaya Peningkatan Kompetensi Bidang Metrologi Industri Tentang Alat Ukur di PT Pindad. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7 (3), 1159-1166.

Pasolong, H. (2019). Teori administrasi publik. Penerbit Alfabeta.

Pradesa, H.A., Tanjung, H. (2021). The Effect of Principal’s Spiritual Leadership Dimension on Teacher Affective Commitment. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (3), 69 – 81. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i3.2678

Pradesa, H. A., Tanjung, H., Agustina, I., & Salleh, N. S. N. M. (2023). Increasing proactive work behavior among teachers in islamic senior high school: the role of ethical work climate and perceived organizational support. International Journal of Islamic Educational Psychology, 4(2), progres. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i2.19911

Pramudita, M. Z. I., Murti, I., & Rahmadanik, D. (2022). Responsivitas Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air dalam Menangani Keluhan Kerusakan Jalan Kabupaten Sidoarjo. Seminar Nasional Hasil Skripsi, 1(01), 36–40.

Ridwan, R. A., Nugraha, H., Priatna, R., & Pradesa, H. A. (2024). Analisis Penempatan Pegawai Berdasarkan Kompetensi di Dinas Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan I – VI Jawa Barat. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 17(2), 124-142. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v17i2.260

Rosa, R. A., Winarti, & Suranto, J. (2022). Kinerja Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Dalam Pemeliharaan Jalan Dan Jembatan Di Kota Surakarta. Jurnal Hukum, 28-56.

Ruhiyat, R.F., Pradesa, H.A., Novira, A., Wijayanti,R. (2025). Implementation of the Balanced Scorecard for Performance Evaluation at the West Java Provincial Plantation Service. Jurnal Manajemen dan Perbankan (JUMPA), Vol. 12, No. 1, 14 – 27. https://doi.org/10.55963/jumpa.v12i1.729

Sobandi, B., Nugraha, H., Dawud, J. (2025). Model Panca Krama/COACHEE Model (Commitment, Analysis, Choice, Execution, Evaluation): Alternatif Strategi Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara di Indonesia. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik, 28 (1), 111 – 134.

Sudrajat, A. S., & Hanifah Rahayu, R. (2025). Implementasi Kebijakan Kelas Rawat Inap Standar Jaminan Kesehatan Nasional (KRIS-JKN) di RSUD Kota Bandung. Journal of Governance Innovation, 7(1), 372–391. https://doi.org/10.36636/jogiv.v7i1.5256

Sunardi, S., & Pradesa, H. A. (2018). An empirical evidence of ethical climate index in rural banks from Board of Directors Perspective. Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 21(3), 373. https://doi.org/10.14414/jebav.v21i3.1590

Susiawati, M., Nugraha, H., Priyantoro, A. (2025). Bureaucratic Simplification: Changes in Organizational Structure From Structural to Functional in the Central Java Provincial Government. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 9(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)