Penerapan Balanced Scorecard Dalam Evaluasi Kinerja Pada Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Barat

Azka Rizkia Salsabilla, Susi Susanti Tindaon, Alikha Novira, Caesar Octoviandy Purba

Abstract


Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Barat memiliki berbagai sasaran program dan kegiatan dalam proses organisasi yang dijalankan. Agar proses tersebut berjalan sesuai dengan tujuan organisasi yang telah dirancang, maka organisasi perlu melakukan evaluasi kinerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Organisasi dengan metode Balanced Scorecard pada Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Barat hingga memberikan rekomendasi kebijakan untuk meningkatkan kinerja yang terlaksana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik telaah dokumen dengan berkas-berkas terkait seperti Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), dokumen Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dan sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian pada BBPMP Provinsi Jawa Barat menunjukan bahwa: (1) Kinerja dari perspektif keuangan memiliki kinerja yang sangat ekonomis dan sangat efektif; (2) Kinerja dari perspektif pelanggan memperoleh interpretasi sangat baik; (3) Kinerja dari perspektif proses bisnis internal memperoleh interpretasi baik; (4) Kinerja dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan interpretasi baik. Secara keseluruhan, kinerja BBPMP Provinsi Jawa Barat memperoleh kategori sangat baik. Rekomendasi kebijakan dari penelitian ini yaitu adalah pelatihan teknis penyusunan laporan berbasis output, pengembangan sistem manajemen kinerja berbasis digital dan pemenuhan komposisi SDM yang ideal dan proporsional.

Keywords


Balanced Scorecard; Measurement; Performance; Center for Education Quality Assurance of West Java Province.

Full Text:

PDF

References


Agustina, I., & Suryana, W. P. (2024). Peran Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Pada Kelurahan Antapani Wetan Kota Bandung. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 17(2), 112–123.

Amelinda, S., Salsabila, G. S., Nuha, Y. K., & Pradesa, H. A. (2024). Optimalisasi layanan kesehatan melalui sosialisasi dan edukasi penggunaan sistem pendaftaran online di puskesmas Rancaekek DTP. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2652–2661.

Bassani, G., Leardini, C., Campedelli, B., & Moggi, S. (2022). The dynamic use of a balanced scorecard in an Italian public hospital. The International Journal of Health Planning and Management, 37(3), 1781–1798. https://doi.org/10.1002/hpm.3440

Camilleri, M. A. (2021). Using the balanced scorecard as a performance management tool in higher education. Management in Education, 35(1), 10–21. https://doi.org/10.1177/0892020620921412

Dawali, A. F. (2024). Analisis Kinerja Organisasi Dengan Metode Balance Scorecard Di Dinas Kesehatan Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 6(3), 1508-1514. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB

Febrianti, W., Rahman, A., Rahmawati, A., & Taufik, N. I. (2023). Model Penilaian Kinerja Keuangan PT XYZ. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4 (5), 5596–5604.

Gasperz, V. (2005). Balanced Scorecard dengan Six Sigma?: Untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah. Gramedia Pustaka Utama.

Herdian, R. S., Lestari, E. W. T., & Sufianti, E. (2022). Penilaian Kinerja Berdasarkan Perspektif Balanced Scorecard Untuk Penerapan Remunerasi Pada RS. Mata Cicendo Bandung. Jurnal Media Administrasi Terapan, 2(2), 133-145.

Hidayat, I. F. ., Wijayanti, R. ., & Taufik, N. I. . (2024). Analisis Kinerja Keuangan PT Bank Syariah Indonesia Tbk Menggunakan Metode Sharia Conformity and Profitability (SCnP) Periode 2021-2023. Economics and Digital Business Review, 5(2), 472–487. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i2.1562

Kaplan, R., & Norton, D. (2016). Balanced Scorecard?: Translating Strategy Into Action (Y. Sumiharti & W. Kristiaji, Eds.). Erlangga.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 11 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Laila, N. D, & Burhany, I. D. (2020). Pengukuran Kinerja Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, Dan Olahraga Kota Cimahi Dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Indonesian Accounting Research Journal, 1(1), 53-64. https://jurnal.polban.ac.id/iarj/article/view/2361

Lautza, S., Fitriani, L., Tindaon, S.S., Ravenska, N. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Cidadap Kota Bandung. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 8 (1), 186-194.

Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP STIM YKPN.

Mahsun, M. (2013). Pengukuran Kinerja Sektor Publik (4th ed.). BPFE.

Maryati, Wasliman, L, Rostini, D, & Iriantara, Y. (2022). Implementasi Balanced Scorecard dalam Meningkatkan Kinerja Lembaga Pendidikan. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(2), 157-167. https://doi.org/10.31960/ijolec.v4i2.1050

Mursalim, S. W., & Anwar, S. (2024). Institutional model of science techno Park: Overview of government-owned Stp management in West Java. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 14(1), 43. doi:10.26858/jiap.v14i1.57033

Nabila, P., Sufianti, E., Nugroho, A.B., Harahap, A.S. (2024). Implementasi Balanced Scorecard Sebagai Alternatif Pengukuran Kinerja Di KBM Komersial Kayu Jawa Barat dan Banten Perhutani.Cakrawala Repositori IMWI, Vol. 7 No. 5, 1353-1364.

Nuroh, E.L., Putrianti, S.D., Nugroho, A.B., Tindaon, S.S. (2024). Penanganan Keluhan Penyewaan Point Lab Coworking Space di Bandung Milik PT. POS Properti Indonesia. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 8 (1), 610 - 619.

Ramdani, D.F., Abubakar, R.R.T., Dawud, J. (2021). Studi Kebijakan dalam Optimalisasi Pajak dan Retribusi Parkir dalam Mendongkrak PAD di Kota Bandung. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3 (2), 263-269.

Rohyati, A., & Damarwulan, L. M. (2024). Penilaian Kinerja Pelayanan Publik Dengan Balanced Scorecard Pada Kecamatan Ciomas. Journal of Management and Innovation Entreprenership (JMIE), 1(4), 939-949. https://doi.org/10.59407/jmie.v1i4.1053

Rahayu, T. R. P. ., & Tindaon, S. S. (2024). Penerapan Service Quality Dan Service Recovery Untuk Meningkatkan Customer Satisfaction Pada Hotel Nyland Bandung . Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 8570–8579. https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.5637

Ravenska, N., Ginanjar, Y.R,, Nugroho, A.B., & Nurmalia, E. (2025). Efektivitas Anggaran Berbasis Kinerja: Studi Tentang Pengelolaan Keuangan di RSUP Dr. Hasan Sadikin . JAKUMA : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Keuangan, 6(1), 77-90. https://doi.org/10.31967/jakuma.v6i1.1427

Ruhiyat, R.F., Pradesa, H.A., Novira, A., Wijayanti,R. (2025). Implementation of the Balanced Scorecard for Performance Evaluation at the West Java Provincial Plantation Service. Jurnal Manajemen dan Perbankan (JUMPA), Vol. 12, No. 1, 14 – 27. https://doi.org/10.55963/jumpa.v12i1.729

Shidiq, H.R., Pradesa, H.A., Agustina, I. (2025). Studi Deskriptif Tentang Keberhasilan Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) Bagi Masyarakat oleh PT Pindad Bandung . JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7 (3), 1174-1181

Susiawati, M., Nugraha, H., Priyantoro, A. (2025). Bureaucratic Simplification: Changes in Organizational Structure From Structural to Functional in the Central Java Provincial Government. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 9(1). https://doi.org/10.29040/ijebar.v9i1.16764

Tarigan, W.A, & Sinaga, M.H. (2022). Analisis Pengukuran Kinerja Untuk Mengevaluasi Perencanaan Strategis Dengan Menggunakan Balanced Scorecard. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6(2), 1194-1207. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.688

Taryono, O., Mursalim, S.W., Anwar, S. (2021). Strategy for Handling Covid-19 in the Perspectives of Policy Implementation, Community Institutions and Community Participation in Cileunyi Sub-District. 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 140 – 145.

Telaumbanua, D. J. Y., Halawa, O., Baene, E., & Lase, D. (2024). Pengaruh evaluasi kinerja dan motivasi kerja guru terhadap mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Bawolato. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi (EMT), 8(4), 1586-1593. https://doi.org/10.35870/emt.v8i4.3290

Tindaon, S.S. (2023).Edukasi dan Pelatihan Dasar Berinvestasi di Pasar Modal Bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah Agro Garut. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol Pp. 3330 – 3338.

Tindaon, S.S., Asty, W.D. (2023). Marketing Mix Strategy to Increase the Product Sales at Flaleeka Creative Industry. Journal of Advanced Management Science Vol. 11, No. 3, pp. 91 – 98.

Widianingrum, R, & Purwanto, W. (2024). Analisis Kinerja Pegawai Dengan Metode Balance Scorecard Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Di Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Gemarang Ngawi Tahun 2018. Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia, 2(1), 50-72. https://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrima/article/view/872

Wijayanti, R., Taufik, N.I. (2022). The Role of Village Funds to Improve Community Welfare: A Study in West Bandung Regency. International Journal of Entrepreneurship and Business Development (IJEBD), 5 (1), 155-163. https://doi.org/10.29138/ijebd.v5i1.1641


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)