Peran Kualitas Sistem, Informasi, dan Layanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pengguna Face Recognition Kereta Api
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan dalam meningkatkan kepuasan pengguna terhadap implementasi teknologi face recognition pada layanan boarding kereta api. Menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 148 responden yang merupakan pengguna layanan tersebut di stasiun kereta api, selama periode Juni hingga Juli 2025. Teknik insidental sampling digunakan untuk memilih sampel. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa ketiga variabel kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan secara positif dan signifikan memengaruhi kepuasan pengguna. Temuan utama menunjukkan bahwa kualitas informasi memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan pengguna, dengan koefisien regresi yang paling tinggi. Ini mengindikasikan bahwa akurasi dan kecepatan sistem dalam memproses verifikasi wajah adalah faktor paling krusial yang menentukan kepuasan. Sementara itu, kualitas sistem dan kualitas layanan juga memberikan kontribusi signifikan, meskipun tidak sebesar kualitas informasi. Hasil penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengelola layanan transportasi untuk memprioritaskan investasi pada aspek teknis yang mendukung akurasi dan kecepatan sistem, selain menjaga kualitas layanan pendukung.
Kata Kunci: Kualitas Sistem,Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, I., Sulistyan, R. B., & Pramuditha, R. (2023). Telaah Kritis Tentang Konsep Kepercayaan Masyarakat: Peran Serta Tehnologi, Informasi dan Komunikasi. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi Vol 7 No 1, 182–187.http://knia.stialanbandung.ac.id/index.php/knia/article/viewFile/969/349
Alif, S. E. N., & Andikaputra, F. A. T. (2024). Penerimaan Pengguna Pada Aplikasi Teman PBB Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Konferensi Nasional Ilmu Administrasi Vol 8 No 1, 96–103.
Amelinda, S., Pradesa, H. A., Harahap, A. S., & Wijayanti, R. (2025). Faktor Penentu Dari Tingkat Penerimaan Pasien Atas Sistem Antrian Online Pada Puskesmas Rancaekek DTP. JMBI?: Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 5(2), 134–146.
Amelinda, S., Salsabila, G. S., Nuha, Y. K., & Pradesa, H. A. (2024). Optimalisasi layanan kesehatan melalui sosialisasi dan edukasi penggunaan sistem pendaftaran online di puskesmas Rancaekek DTP. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2652–2661.
Andikaputra, F. A. T., Yulandary, W., Zulvia, P., & Nugroho, A. B. (2022). Meninjau Efektivitas Sistem Rely-on Dalam Menunjang Pengelolaan Pelanggan Pada PT . Perusahaan Gas Negara ( PGN ) Area Batam. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(2), 143–162.
Aprianti, F. N., Ravenska, N., Anwar, S., & Pradesa, H. A. (2025). Efektivitas Penerapan Viral Marketing Melalui Instagram Dalam Promosi TIC (Tourist Information Center) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 05(03), 372–383. https://doi.org/10.69957/grjb.v5i03.2396
Giovani, N. S., Abubakar, R. R. T., Pradesa, H. A., & Novira, A. (2025). Efektivitas Penggunaan Aplikasi BJB Digi Pada ASN di Kota Bandung. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 05(03), 329–342. https://doi.org/10.69957/grjb.v5i03.2393
Hanif, R., Astuti, W., & Sunardi, S. (2024). The Mediating Role of Customer Satisfaction in the Effect of Perceived Enjoyment on Customer Trust in Online Investment Application. Innovation Business Management and Accounting Journal, 3(1), 18–29. https://doi.org/10.56070/ibmaj.2024.003
Hidayati, N., Hanif, R., Pradesa, H. A., & Agustina, I. (2025). Increasing Customer Trust in Islamic Bank?: Role of Service Quality and Satisfaction. Journal of Business and Economics Research (JBE), 6(2), 621–630. https://doi.org/10.47065/jbe.v6i2.7291
Kawidjaya, S. P., Nugroho, A. B., Pradesa, H. A., & Taufik, N. I. (2023). Persepsi Atas Kualitas Sistem Dan Informasi Dalam Mendorong Kepuasan Pengguna Sistem BJB Greens. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 7775–7788. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2548
Mugiarto, M., Agustina, I., & Suryaman, W. (2023). Adopsi Teknologi Aplikasi Aset Dan Kompetensi Pegawai Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Pengelolaan Barang Milik Negara Di Sopd Kota Cimahi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 4823–4835.
Nurrahmah, S., & Andikaputra, F. A. T. (2024). Penerapan Aplikasi SIM BARRAYA Pada DISBUDPAR Kabupaten Bandung Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi Vol 8 No 1, 142–152.
Perdana, A. A., Utami, M. C., & Aini, Q. (2021). End User Computing Satisfaction?: Model Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (Studi Kasus). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(6), 1237–1246. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021863586
Petter, S., DeLone, W., & McLean, E. (2008). Measuring information systems success: Models, dimensions, measures, and interrelationships. European Journal of Information Systems, 17(3), 236–263. https://doi.org/10.1057/ejis.2008.15
Petter, S., Delone, W., & Mclean, E. R. (2013). Information Systems Success: The Quest for the Independent Variables. Journal of Management Information Systems, 29(4), 7–62. https://doi.org/10.2753/MIS0742-1222290401
Pramuditha, R., & Agustina, I. (2022). Persepsi Masyarakat Pengguna Atas Kualitas Pelayanan E-KTP Pada Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(1), 884–901.
Puspitasari, N., Tampubolon, W., & Taruk, M. (2021). Analisis Metode EUCS Dan HOT-FIT Dalam Mengevaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG). Jurnal SITECH?: Sistem Informasi Dan Teknologi, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.24176/sitech.v4i1.6031
Putri, A. S., & Zulvia, P. (2025). Eksplorasi Perilaku Pengguna Aplikasi Access by KAI dalam Pemesanan Tiket Kereta Api Lokal Bandung Raya?: Penerapan Modifikasi Model UTAUT. Jurnal Perkeretaapian Indonesia (Indonesian Railway Journal), 9(1), 1–14.
Ramdhani, V. R. ., Asri, M. D. ., Harahap, A. S. ., & Nugroho, A. B. . (2025). Pengukuran Tingkat Keberhasilan Penggunaan JMO BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan Model Delone & Mclean. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 5(03), 421–434. https://doi.org/10.69957/grjb.v5i03.2404
Subandi, N., Lubis, B. O., & Santoso, B. (2021). Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk Menganalisa Kemudahan dan Kegunaan Aplikasi Solfina Pada PT. SKK di Jakarta. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer MH. Thamrin, 7(1), 71–87.
Syawali, A. Z. S., Harahap, A. S., Pradesa, H. A., & Andikaputra, F. A. T. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi BJB DIGI Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Kompute, 4(1), 625–633. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1205
Taufik, N. I., Sulistianti, I., & Pradesa, H. A. (2022). Penilaian risiko pada layanan pembayaran pensiun PT Asabri Bandung?: Sebuah praktek terbaik untuk penguatan tata kelola perusahaan. Fair Value Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 857–867.
Wilansari, W., Jumiati, I. E., & Agustino, L. (2022). Implementasi Sistem Infomasi Berbasis Elektronik Melalui SIPD dalam Proses Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Lebak. Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer, 2(1), 121–129.
Zulvia, P., & Harahap, A. S. (2023). Advokasi Digitalisasi Desa Dalam Pengembangan Potensi Desa Cibodas Lembang Sebagai Desa Digital. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 518–525. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2501
Zulvia, Pepi, Gedeona, H. T. W., & Pradesa, H. A. (2022). Disentangling Important Factors in Service Quality?: An Empirical Study in Vocational Higher Education at Bandung City. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(2), 128–141.
Zulvia, Pepi, & Yerina, A. S. (2023). Motivasi Dan Pengalaman Pengguna Sebagai Faktor Tambahan Dalam Meninjau Penerimaan Aplikasi Seluler Kai Access?: Modifikasi Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 27(2), 209–228. https://doi.org/10.17933/jskm.2023.5250
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)