Efektivitas Iklan Promosi Tambah Daya Pada Akun Instagram PLN UID Jabar Menggunakan Pendekatan Epic Model

Fadhlin Rizki Ramadhan, Reni Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas iklan media sosial Instagram dalam mempromosikan program tambah daya di PLN UID Jabar. Menggunakan Model EPIC (Empathy, Persuation, Impact, Communication), penelitian ini menganalisis respons konsumen terhadap promosi yang dilakukan. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen yang telah mengikuti promosi tambah daya. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik simple random sampling, dan penentuan jumlah sampel dilakukan dengan Rumus Slovin dengan jumlah 109 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan pada akun Instagram PLN UID Jabar secara keseluruhan efektif yaitu memiliki skor rata – rata 3,79 dalam menyampaikan informasi terkait promosi tambah daya. Masing – masing dimensi yaitu dimensi Emphaty, Impact, Persuation dinyatakan efektif, sedangkan dalam kategori cukup efektif pada dimensi Communication. Dengan menekankan pada strategi komunikasi yang efektif dan efisien, PLN UID Jabar dapat meningkatkan kesadaran, minat, dan partisipasi pelanggan dalam program promosi tambah daya.

Kata kunci: efektivitas iklan, media sosial, Instagram, promosi tambah daya, EPIC model, PLN UID Jabar.


Keywords


Efektivitas iklan, Media sosial, Instagram, Promosi tambah daya, EPIC model, PLN UID Jabar.

Full Text:

PDF

References


Ajat Rukajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. (Deepublish).

Amaliah, N., Fianto, A. Y. A., & Yosep, S. P. (2015). Perancangan Media Promosi Pt Petronika Sebagai Upaya Pembentukan Citra Perusahaan. Jurnal Art Nouveau, 4(1), 133–143. https://jurnal.dinamika.ac.id/index.php/ArtNouveau/article/view/768/0

Amanah,D.,&Harahap, D. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Perusahaan Terhadap Kesadaran Merek Pelanggan. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 11(3), 207–216.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Populasi dalam penelitian merupakan suatu hal yang sangt penting, karena ia merupakan sumber informasi. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

Andikaputra, F., Yulandary, W., Zulvia, P., & Nugroho, A.B. (2022). Meninjau Efektivitas Sistem Rely-on Dalam Menunjang Pengelolaan Pelanggan Pada PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) Area Batam. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(2), 143-162. https://doi.org/10.32815/jpro.v3i2.1445

Anindya, J. P., Pradesa, H. A. ., Nugroho, A. B. ., & Wijayanti, R. (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Vaksin Virus (Studi Kasus di PT. Bio Farma Bandung). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5324–5337. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2567

Anggraini S. (2013). Efektivitas strategi promosi dalam pemasaran beras organik nusantara di bawah komunitas sehat organik.

Anwar, S., Trilestari, E. W., & Agustina, I. (2022). The Tourism Development Policy in Bandung Regency: A Study on Kampung Gamis Soreang. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 19(1), 112 - 121. https://doi.org/10.31113/jia.v19i1.859

BPS. (2024). Listrik yang Didistribusikan Menurut Provinsi (GWh) (GWh), 2021-2022. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/ODU5IzI=/listrik-yang-didistribusikan-menurut-provinsi--gwh-.html

Choerunnisa, S., & Nugraha, A. R. (2020). Pengelolaan Konten Instagram oleh Humas PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat dalam Meningkatkan Informasi Publik. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 2(2), 1–19. https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v2i2.3591

Darmadi, D. (n.d.). Invansi Pasar dengan Iklan yang Efektif. PT. Gramedia Pustaka Utama.

David AAker. (2015). Aaker On Branding 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, h. 3.

Dimitha,D.V.,Ibrahim,A.,&Ahmadsyah, I. (2021). Analisis Persepsi Nasabah terhadap Strategi Pemasaran Bank Aceh Syariah di Kota Banda Aceh. Journal of Sharia Economics, 2(1), 42–58.

Juliwardi, I., Arisna, P., & Ningsih, L. (2023). Sosial dan Website dengan Pendekatan EPIC Model. 1(1), 1–15.

Keller, K. &. (2012). Manajemen Pemasaran. Erlangga, (Jilid 1 E.

Kotler, P., dan Kevin, L. K. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P. (2016). Marketing Management 15th Global Edition.

Kotler Philip. (2000). Marketing Management Millenium Edition, Prentice Hall International. Principles of Marketing.

Kusuma, M. H., & Damiri, N. (2021). The effectiveness of the PLN website application as a communication media and services for customers during the pandemic period in Pangkalpinang city. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 753(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/753/1/012042

Lestira Putri Warganegara, T., & Septiadi, S. (2022). Pengambilan Keputusan Strategi Dalam Pencapaian Target Migrasi Pelanggan Prabayar Pada PLN UP3 Tanjung Karang. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 219–228. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.241

Nikmatullah, H. R. ., Wijayanti, R., Kurniawan, I., & Purba, C. O. . (2023). Peranan Service Convenience dalam Meningkatkan Repurchase Intention dan Loyalitas Pelanggan di Bahagia Kopi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 8018–8030. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2655.

Nugroho, A. B., Ravenska, N., & Zulvia, P. (2021). Lifestyle Patterns During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 564(Icas 2020), 78–82. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.015

PLN. (2024). PLN. https://web.pln.co.id/media/siaran-pers/2024/03/dirut-pln-raih-best-ceo-communications-pln-jadi-best-best-communications-dengan-12-penghargaan-dari-menteri-bumn-di-ajang-bcomss-2024

Pradesa, H.A., Agustina, I., & Zulvia, P. (2022). Mengurai Faktor Terpenting Pada Kualitas Pelayanan Pembiayaan Murabahah Pada Bank Perkreditan Rakyat Syariah. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 725-734. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2419

Putriansyah, R.S.A., Wijayanti, R., Ravenska, N., Tindaon, S.S. (2023). Analisis Promotion Mix Hijab Mandjha Ivan Gunawan. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7 (1), 131-140.

Ramadhan, F. H. (2017). Pkm Pemanfaatan Media Sosial Instagram. Jom Fisip, 4(2), 1– 15.

Rangkuti, F. (2009). Mengukur Efektivitas Program Promosi dan Analisis Kasus Menggunakan SPSS (Erlangga (ed.)).

Rezki, M. A., & Hapsari, D. R. (2019). Efektivitas Strategi Promosi Produk Kopi Lokal Di Rumah Kopi Ranin. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 38–54. https://doi.org/10.29244/jurnalkmp.17.1.38-54

Salsabil, H., Ravenska, N., Taufik, N.I., Wijayanti, R. (2023). Perancangan Brand Strategy Canvas Untuk Meningkatkan Brand Awareness Pada Perusahaan Haircare. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7 (1), 105-114.

Satria,F.,&Munggaran, N. R. . (2022). Komunikasi Pemasaran Paket Data Internet Freedom. Dialog,7(1), 53–79.

Sholihin, R. (2019). Digital Marketing di Era 4.0.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Susan, G. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.

Susilawati. (2014). Analisis Efektivitas Promosi Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta Di Sukabumi Dengan Menggunakan Metode EPIC Model. Seminar Nasional Inovasi Dan Tren (SNIT).

Taryono, O., Mursalim, S.W., Anwar, S. (2021). Strategy for Handling Covid-19 in the Perspectives of Policy Implementation, Community Institutions and Community Participation in Cileunyi Sub-District. 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 140 – 145.

Tjiptono, F. (2016). Pemasaran : Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi.

We Are Social Ltd. (2024a). Favourite Social Media Platforms. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/

We Are Social Ltd. (2024b). Social Media Users Over Time. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/

Widi R. (2011). Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian epidemiologi kedokteran gigi. J.K.G Unej., 8 (1), 27–34

Zulvia, P., Gedeona, H. T. W., & Pradesa, H. A. (2022). Disentangling Important Factors in Service Quality: An Empirical Study in Vocational Higher Education at Bandung City. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(2), 128–141. https://doi.org/10.30741/adv.v6i2.938


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)