Strategi Peningkatan Kepatuhan Pembayaran Retribusi Pelayanan Air Bersih di Perusahaan Umum Daerah Tirtawening Kota Bandung

Muhammad Maradithya, Septiana Dwiputrianti, Endang Wirjatmi Tri Lestari, Nita Nurliawati, Abdul Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan kepatuhan pembayaran retribusi pelayanan air bersih di Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Tirtawening Kota Bandung. Permasalahan utama yang dihadapi PERUMDA adalah tingginya jumlah tunggakan pembayaran dari pelanggan, yang berdampak negatif pada stabilitas operasional perusahaan dan kualitas layanan yang diberikan. Melalui pendekatan metode campuran (mixed methods), penelitian ini menggunakan data kuantitatif dari 2.720 responden serta metode kualitatif berupa Soft System Methodology (SSM) untuk memahami berbagai perspektif dari pemangku kepentingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan pembayaran meliputi infrastruktur teknologi, diversifikasi saluran pembayaran, serta edukasi pelanggan. Penelitian ini menawarkan strategi untuk meningkatkan kepatuhan, termasuk modernisasi sistem teknologi pembayaran, perluasan saluran pembayaran, dan kampanye edukasi pelanggan. Implikasi dari penelitian ini mencakup peningkatan efisiensi operasional PERUMDA dan peningkatan kepuasan pelanggan melalui solusi teknologi yang inovatif. Keterbatasan penelitian ini terletak pada keterbatasan data kualitatif yang bersifat lokal, sehingga rekomendasi lebih lanjut diperlukan untuk penelitian di berbagai wilayah lainnya. Penelitian ini berkontribusi pada literatur tentang manajemen pelayanan publik di sektor air bersih dan menawarkan pendekatan holistik yang dapat diadopsi oleh perusahaan daerah lainnya.


Keywords


Kepatuhan Pembayaran; Retribusi Pelayanan Air Bersih; PERUMDA Tirtawening; Teknologi Pembayaran; Edukasi Pelanggan, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Anindya, J. P., Pradesa, H. A. ., Nugroho, A. B. ., & Wijayanti, R. (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Vaksin Virus (Studi Kasus di PT. Bio Farma Bandung). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5324–5337. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2567

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Arto, G., & Kasir, K. (2024). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kecamatan Bojongloa Kaler. Jurnal Maneksi, 13(2), 283–291. https://doi.org/10.31959/jm.v13i2.2230

Azzahra,S., Wijayanti, R. (2023). Strategy of Population Administration Services in Bojongloa Kaler District During Covid-19 Pandemic. Fourth International Conference on Administrative Science (ICAS 2022), pp. 102-111.

Chung, K. C., & Liang, S. W. J. (2020). Understanding factors affecting innovation resistance of mobile payments in taiwan: An integrative perspective. Mathematics, 8(10), 1–18. https://doi.org/10.3390/math8101841

Harahap, A.S., Zulvia, P. (2023). Analisis Pengembangan Smart City berdasarkan Dimensi Teknologi, Sumber Daya Manusia, dan Insitutional di Kota Padang Panjang. Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 618 – 624. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1200

Kasman, F. R., & Ruslan, A. (2023). Inovasi Keuangan Digital Mobile Banking Syariah Terhadap Perkembangan Bank Syariah. Islamic Economic and Business Journal, 5(2), 1–19. https://doi.org/10.30863/iebjournal.v5i2.4694

Kawidjaya, S. P., Nugroho, A. B., Pradesa, H. A., & Taufik, N. I. (2023). Persepsi Atas Kualitas Sistem Dan Informasi Dalam Mendorong Kepuasan Pengguna Sistem BJB Greens. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 7775–7788. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2548

Kirana, C.A.D., Harahap, A.S. (2022).Pendukung Keputusan dalam Penilaian Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri menggunakan Metode Entropy. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9 (1), 159-166. http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v9i1.3846

Munaldi, & Mutiara, T. T. (2022). Analisis Kendala Pemanfaatan E-Commerce dalam Pengembangan Produktivitas Usaha Perbelanjaan. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan Dan Informatika (MANEKIN), 1(2), 45–49.

Munawwarah, S. H., & Rahmani, N. A. B. (2023). Strategi Perumda Tirtanadi Medan Dalam Mensejahterakan Masyarakat Melalui Sdm Yang Efektif. Mustytari, 2(11).

Novira, A., Suherman, N.P. (2023). Penerapan Kebijakan Sistem Informasi Pemerintah Daerah pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Garut. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7 (1), pp. 170 – 175.

Saputri, D. G., & Sriwana, I. K. (2024). Analisis Kebutuhan Sistem Monitoring untuk Perbaikan Proses Bisnis dengan Soft System Methodology (SSM) pada UMKM Ibunmanis Coklat. Journal of Technology and System Information, 1(3). https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i3.2578

Sartika, D. (2020). Melihat Attitude and Behavior Manusia Lewat Analisis Teori Planned Behavioral. Journal of Islamic Guidance and Counseling, 4, 51–70.

Shabalov, M. Y., Zhukovskiy, Y. L., Buldysko, A. D., Gil, B., & Starshaia, V. V. (2021). The influence of technological changes in energy efficiency on the infrastructure deterioration in the energy sector. Energy Reports, 7, 2664–2680. https://doi.org/10.1016/j.egyr.2021.05.001

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Pen

elitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suprina, R., Hendrayati, H., Gaffar, V., & Hurriyati, R. (2022). Memahami Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Hotel: Suatu Tinjauan Pustaka Sistematis. Jurnal Manajemen Dan Organisasi (JMO), 13(3), 233–243. https://doi.org/10.29244/jmo.v13i3.39338

Taufik, N.I., Sulistianti, I., Pradesa, H.A. (2022). Penilaian risiko pada layanan pembayaran pensiun PT Asabri Bandung: Sebuah praktek terbaik untuk penguatan tata kelola perusahaan. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5 (2), 857-867. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i2.1729

Tilameoa, Y., Blongkod, H., & Mahmud, M. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Pembayaran Pajak Restoran Di Kota Gorontalo. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 11(2), 488–497. https://doi.org/10.37606/publik.v11i2.1385

Wafi, U. R. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pembayaran Retribusi di Pasar Tanggul Jember. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)