Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pengembangan Kompentensi Guru Melalui Pelatihan Karya Tulis Ilmiah di BPSDM Provinsi Banten

Ipah Ema Jumiati, Delly Maulana, Muhammad Arif Rahman, Akto Gunawan

Abstract


Di Indonesia, isu pelatihan guru dan pengembangan  kompetensi profesional  melalui penulisan Karya Ilmiah masih menjadi isu utama. Kegiatan pelatihan ini dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi  guru pada saat menulis karya ilmiah. Terkait sulitnya menulis karya ilmiah, belum ditemukan solusi yang tepat di  lembaga pendidikan mana pun. Tujuan dari kegiatan pengembangan ini adalah untuk memberikan dukungan berupa pelatihan karya tulis ilmiah kepada guru sekolah menengah dan kejuruan di provinsi Banten.  Metode yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi, diskusi, dan latihan menulis. Pelatihan dilaksanakan secara luring di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Provinsi Banten dengan diikuti 45 peserta  dari berbagai sekolah di Provinsi Banten. Dalam persiapan pelatihan ini, tim juga berkoordinasi dan berkolaborasi dengan beberapa sekolah afiliasi untuk mengidentifikasi peserta yang akan mengikuti pelatihan guna meningkatkan kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah dengan teknik pendampingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  100% guru SMA/SMK di Provinsi Banten memiliki pengetahuan konseptual yang cukup untuk menulis karya ilmiah setelah pelatihan. Setelah memahami konsep-konsep penulisan karya ilmiah, keterampilan menulis mereka meningkat sebesar 70% dan tingkat penyelesaian menulis mencapai 85%, yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan sesi pendampingan online. Kegiatan ini cukup mempengaruhi pelaksanaan kegiatan pelatihan karya tulis ilmiah.


Keywords


Competency Development, Teachers, Scientific Writing

Full Text:

PDF

References


Afandi, Agus. 2022. Metodologi Pengabdian Masyarakat. 1st ed. edited by J. W. Suwendi, Abd. Basir. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Agustina, Eka Sofia. 2017. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks.” Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS 11(1).

Alimin, Al Ashadi, Mesterianti Hartati, and Mai Yuliastri Simarmata. 2020. “Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Kepada Guru Smp Se-Kota Pontianak.” GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(1):21. doi: 10.31571/gervasi.v4i1.1537.

Anshori, Sodiq. 2016. “Strategi Pembelajaran Di Era Digital (Tantangan Profesionalisme Guru Di Era Digital).” Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru.

Anugraheni, Indri. 2021. “Faktor-Faktor Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Penulisan Karya Ilmiah.” JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar) 9(1).

Anwar, S. (2019).Peran Komite Sekolah Dalam Pemenuhan Hak Pendidikan Untuk Mencapai Tujuan Sustainable Development Goals di Indonesia. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 3 (1)

Anwar, S. (2021). Tantangan dan Peluang Kebijakan “Merdeka Belajar” sebagai Upaya Pemerintah Menghadapi Era Society 5.0. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 5 (1), 101-107.

Anwar, S. (2022). The Role of The School Committee as a Mediator Between Educational Institutions and Village Communities in Madrasah Tsanawiyah, Gabus Sub-district, Grobogan Regency. Jurnal Administrasi Negara, 28(2), 138–162. https://doi.org/10.33509/jan.v28i2.1712.

Arif Widodo, Umar,. 2021. “Analisis Kesulitan Mahasiswa PGSD Dalam Menulis Ilmiah.” Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan 10(2). doi: 10.55129/jp.v10i2.1312.

Arifin, Imron, Juharyanto Juharyanto, Sultoni Sultoni, Bagus Rachmad Saputra, Maulana Amirul Adha, Athalla Nauval Bhayangkara, Karine Rizkita, and Putri Wulandari. 2020. “Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Layak Jurnal Nasional Ber-ISBN Berbasis Sitasi Online Bagi Tenaga Pendidik Se-Kabupaten Bondowoso.” Jurnal KARINOV 3(1). doi: 10.17977/um045v3i1p16-21.

Budhyani, I. Dewa Ayu Made, and Made Diah Angendari. 2021. “Kesulitan Dalam Menulis Karya Ilmiah.” Mimbar Ilmu 26(3). doi: 10.23887/mi.v26i3.40678.

Hendrik, Maulina, and Vika Martahayu. 2018. “Pemahaman Dan Partisipasi Guru Sekolah Dasar Dalam Menulis Karya Ilmiah.” Society 6(1). doi: 10.33019/society.v6i1.61.

Ibda, Hamidulloh. 2018. “Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0.” Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE) 1(1):1–21. doi: 10.24260/JRTIE.V1I1.1064.

Juanda, J., and A. Azis. 2020. “PKM Guru SMP Dalam Peningkatan Penulisan Karya Ilmah Dengan Aplikasi Program Mendeley Di Kabupaten Pinrang.” Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 895–98.

Kasiyan, Kasiyan, B. Muria Zuhdi, Zulfi Hendri, Aran Handoko, and Maraja Sitompul. 2019. “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru.” JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat). doi: 10.30595/jppm.v3i1.3128.

M. Moeliono, Anton, Hans Lapoliwa, and Hasan Alwi. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Keempat.

Mardin, Herinda, Baharuddin Baharuddin, and La Nane. 2020. “Pelatihan Cara Menulis Sitasi Dan Daftar Pustaka Jurnal Format Apa Style Menggunakan Aplikasi Mendeley.” Jurnal Abdidas 1(3). doi: 10.31004/abdidas.v1i3.37.

MenPAN-RB No. 16. 2009. “Permenpan Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya.” Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi 2009(75):31–47.

Noorjannah, L. 2014. “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung.” Jurnal Humanity 10(1):11406.

Pradesa, H.A., Tanjung, H. (2021). The Effect of Principal’s Spiritual Leadership Dimension on Teacher Affective Commitment. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (3), 69 – 81. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i3.2678

Pradesa, H.A., Tanjung, H., Agustina, I., Salleh, N.S.N.M.(2023). Increasing Proactive Work Behavior Among Teachers in Islamic Senior High School: The Role of Ethical Work Climate and Perceived Organizational Support. International Journal of Islamic Educational Psychology, Vol. 4, No.2, pp. 244 – 260. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i2.19911

Putranto, R. A., & Anwar, S. (2021). Tinjauan Empiris Motivasi Pelayanan Publik di Masa Pandemi: Sebuah Studi Pada Aparatur Sipil Negara di Bandung. Progress Conference, 4(1), 424–431. Retrieved from http://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/393

Sudirman, Andi Mangnguntungi, Irmayani Irmayani, Suardi Suardi, Rahmawati Upa, and Alif Darmawansyah. 2021. “Pelatihan Dan Pendampingan Menggunakan Dasar- Dasar Aplikasi Mendeley.” Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(2). doi: 10.30605/atjpm.v2i2.1228.

Suhardi, Muhamad, and I. Made Sonny Gunawan. 2021. “Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru Di Indonesia.” COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1). doi: 10.51878/community.v1i1.556

Tanjung, H., Salleh, N. S. N. M. ., & Pradesa, H. A. . (2023). Mediating Role of Public Service Motivation in Enhancing the Effect of Spiritual Leadership on Felt Obligation and Affective Commitment. International Journal of Social Science and Business, 7(4), 864–875. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i4.49540.

Ulum, Bahrul, Bustanol Arifin, and Ichsan Ansory AM. 2020. “Pelatihan Penyusunan Dan Publikasi Artikel Ilmiah Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah.” Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1). doi: 10.36709/amalilmiah.v2i1.14891.

Widayati, Widayati, and Vita Istihapsari. 2019. “Workshop Penyusunan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Smp Muhammadiyah Se-Kabupaten Bantul.” Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2):225. doi: 10.12928/jp.v3i2.565.

Yasir, Mochammad. 2020. “Profil Artikel Ilmiah Hasil Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Guru Biologi SMA Se-Kab. Sidoarjo.” Jurnal Ilmiah Pangabdhi 6(1):1–5. doi: 10.21107/pangabdhi.v6i1.6849.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)