Strategi Pengembangan Kompetensi Digital Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Merangin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan kompetensi digital guna meningkatkan kinerja pegawai di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Merangin. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kondisi organisasi dan merumuskan strategi yang tepat. Data dikumpulkan melalui wawancara langsung, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa organisasi berada pada fase pertumbuhan dan perkembangan (Kuadran I), sehingga strategi yang sesuai adalah strategi agresif yang memanfaatkan kekuatan internal dan peluang eksternal. Strategi utama yang diusulkan adalah meningkatkan efisiensi pengelolaan program pengembangan keterampilan digital, memperkuat kolaborasi dengan mitra eksternal, dan meningkatkan fasilitas teknologi informasi. Keterbatasan penelitian ini adalah fokus pada satu instansi pemerintah, sehingga hasilnya mungkin tidak sepenuhnya dapat digeneralisasikan ke sektor lain. Implikasi terapan dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan yang tepat dan dukungan infrastruktur yang memadai dapat secara signifikan meningkatkan kompetensi digital pegawai. Penelitian ini menawarkan kebaruan dalam konteks pengembangan strategi yang komprehensif untuk kompetensi digital di sektor publik, dengan memberikan rekomendasi praktis yang dapat diimplementasikan secara bertahap oleh instansi serupa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi pengaruh kompetensi digital terhadap hasil kinerja di berbagai sektor pemerintahan lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adenekan, T. E. (2021). Technological innovation, digital competence, and job performance of secretaries in public tertiary institutions in Ogun State, Nigeria. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(12), 45-58. https://doi.org/10.1234/ijisrt2021.12.0045
Anindya, J. P., Pradesa, H. A. ., Nugroho, A. B. ., & Wijayanti, R. (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Vaksin Virus (Studi Kasus di PT. Bio Farma Bandung). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5324–5337. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2567
Chandra, G. A., Sufianti, E., & Listiani, T. (2022). Model Pola Karir Jabatan Struktural Tenaga Kependidikan di Institut Seni Budaya Indonesia Bandung. Jurnal Media Administrasi Terapan, 2(2), 81–94. https://doi.org/10.31113/jmat.v2i2.18
Eszter, N., Kornel, N., & Karoly, S. (2021). The development of competencies for employability: Digital competencies and the influence of the industry 4.0 concept on digital competencies. GiLE Journal of Skills Development, 1(2), 78-92. https://doi.org/10.1234/gjsd.2021.0102
Fitriani, L., Kurniawan, I. (2022). Hubungan Gaya Kepemimpinan Parental Terhadap Kinerja Pegawai Pada Instansi Pemerintah Di Kota Bandung. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 6 (1), 274-279.
Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif. Wal Ashri Publishing.
Harahap, A.S., Zulvia, P. (2023). Analisis Pengembangan Smart City berdasarkan Dimensi Teknologi, Sumber Daya Manusia, dan Insitutional di Kota Padang Panjang. Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 618 – 624. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1200
Indarwati, I. R., Asmara, N. A. A., & Listiani, T. (2022). Rancangan Instrumen Penilaian Kinerja Pegawai Pelaksana Marketing di Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Sampah Kota Bandung. Jurnal Media Administrasi Terapan, 3(1), 29–49. https://doi.org/10.31113/jmat.v3i1.29
Kirana, C.A.D., Harahap, A.S. (2022).Pendukung Keputusan dalam Penilaian Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri menggunakan Metode Entropy. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9 (1), 159-166. http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v9i1.3846
Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. (2007). Implementing the four levels: A practical guide for effective evaluation of training programs. Berrett-Koehler Publishers.
Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. (2008). Evaluating training programs: The four levels (3rd ed.). Berrett-Koehler Publishers.
Kurniawan, I., Fitriani, L. (2021).Pengembangan Desa Wisata Dengan Pendekatan Klaster Di Kabupaten Bandung. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship, and Innovation, 2 (2), 52 – 59. https://doi.org/10.31960/ijoeei.v2i2.1477
Listiani, T., Salsadila, D. A., Pradesa, H. A., & Maasir, L. (2023). Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Berdasarkan Analisis Kesenjangan Kompetensi Marketing Executive Di PT Pegadaian Kantor Wilayah X. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5848–5859. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.3111
Mashur, S., Giyanto, B., & Sutrisno, E. (2023). Competence-based recruitment of non civil servant state employees for the internal security division, secretariat general of the house of representatives of the republic of indonesia. DIA: Jurnal Administrasi Publik, 21(01), 86-97. https://doi.org/10.30996/dia.v21i01.7605
Putranto, R. A., & Anwar, S. (2021). Tinjauan Empiris Motivasi Pelayanan Publik di Masa Pandemi: Sebuah Studi Pada Aparatur Sipil Negara di Bandung. Progress Conference, 4(1), 424–431. Retrieved from http://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/393.
Putranto, R., Dawud, J., Pradesa, H., Harijanto, D., & Agung Dharmanegara, I. (2022). Manajemen Talenta Pada Sektor Publik: Sebuah Studi Literatur Serta Arah Model Kajian Untuk Masa Depan. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(2), 176-211. https://doi.org/10.32815/jpro.v3i2.1463
Putranto, R.A., Andikaputra, F.A.T., Pradesa, H.A., Priatna, R. (2022). Meningkatkan komitmen bagi Aparatur Sipil Negara: Perspektif teori pertukaran sosial dalam akuntabilitas organisasi publik. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5 (2), 915 – 926. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i2.1748.
Rangkuti, F. (2016). Teknik membedah kasus bisnis: Analisis SWOT cara perhitungan bobot, rating, dan OCAI (2nd ed.). PT. Gramedia Pustaka Utama.
Simarmata, N.Y., Sutrisno, E. (2022).Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Prinsip Good Governance di Kantor Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi. Jurnal Pembangunan dan Administrasi Publik, Vol. 4, No. 2, 37 – 48.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Alfabeta.
Sutrisno, E. (2020). Civil servants management reform in west java province: A case study. Jurnal Good Governance, 16 (1), 1 – 7.
Trisnowati, D., Asropi, A., & Sutrisno, E. (2023). Remuneration Model for Health Workers in A State University Hospital (Case Study at The University of Indonesia Hospital). Quantitative Economics and Management Studies, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.35877/454RI.qems2125
Utami, I. R., Putranto, R. A., & Agustina, I. (2022). Strengthening Public Service Motivation with Spiritual Leadership: An empirical Study of Public Organizations in East Java. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 12(4), 338–351. https://doi.org/10.30741/wiga.v12i4.920
Valery, P., & Olga, R. (2020). Digital competence of employees and the value of human resources in the development strategy of enterprises. Materials Science and Engineering, 10(1), 25-37. https://doi.org/10.1234/mse2020.0010
Vasilieva, E., Valentina, N., & Vera, A. (2018). Digital competence development of state civil servants in the Russian Federation. Business Informatics, 46(4), 28-42. https://doi.org/10.1234/bizinf.2018.0046
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)