Evaluasi Strategi Fundraising dalam Meningkatkan Jumlah Donasi Pada Yayasan Tunas Mulia Bantargebang

Fitri Handayani, Putri Wulandari Atur Rezeki, Ely Sufianti, Reni Wijayanti

Abstract


Organisasi nirlaba seperti Yayasan Tunas Mulia sering menghadapi tantangan pendanaan yang menghambat kegiatan operasional mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk strategi  fundraising yang dilakukan, hambatan yang dihadapi, dan memberikan rekomendasi perbaikan strategi  fundraising. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Yayasan Tunas Mulia menerapkan bentuk strategi  fundraising seperti strategi dialogue  fundraising ; prospecting, strategi corporate  fundraising ; sistem amal, dan strategi multichannel  fundraising ;  fundraising online. Hambatan yang dihadapi yaitu keterbatasan SDM, minimnya konsistensi, kurangnya pelatihan SDM, belum memanfaatkan teknologi secara maksimal, kurangnya bahan-bahan strategi  fundraising, tidak ada evaluasi rutin, kesulitan mengumpulkan data donatur, kurangnya bantuan dari pemerintah, dan persaingan antar organisasi sejenis. Rekomendasi perbaikan strategi  fundraising yaitu strategi dialogue  fundraising ; melakukan pelatihan dan pengembangan SDM, strategi corporate  fundraising ; melakukan pendekatan inisiatif kepada perusahaan dan pemerintah serta membuat proposal yang menarik dan terstruktur, strategi multichannel  fundraising ; memanfaatkan crowdfunding, optimalisasi penggunaan media sosial, dan sistem penerimaan donasi melalui e-wallet, strategi retention and development ; memberikan apresiasi kepada donatur dan penguatan transparasi dan akuntabilitas.


Keywords


Strategi Fundraising, Organisasi Nirlaba, Donasi

Full Text:

PDF

References


Akbar, Rizky. (2020). Strategi Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat Infak Sedekah di Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Cabang Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Anindya, J. P., Pradesa, H. A. ., Nugroho, A. B. ., & Wijayanti, R. (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Vaksin Virus (Studi Kasus di PT. Bio Farma Bandung). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5324–5337. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2567

Azizah, Afina, dan Santoso T. Raharjo. (2020). “Strategi Fundraising SOS Children’s Villages Indonesia Dalam Pandemi Covid- 19.” Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat 7(2):237–47.

David, Fred R. (2009). Manajemen Strategik. Jakarta: Salemba Empat.

Guntur, Sri Sunantri, dan A.Rafik. (2021). Strategi Fundraising dan Filantropi Dalam Pengelolaan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) di Kabupaten Sambas.Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin 6(2):103–15.

Harahap, N., Sutrisno, E., & Asropi, A. (2022). Application of Collaborative Governance to Handle Earthquake Victims in West Nusa Tenggara. KnE Social Sciences, 7(9), 488–505. https://doi.org/10.18502/kss.v7i9.10961

Harahap, A., Zulvia, P. (2021). Klasterisasi Desa dengan Menggunakan Algoritma K-Means pada Data Potensi Desa. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8 (6), 237 – 246. http://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3724

Harahap, A.S., Zulvia, P. (2023). Analisis Pengembangan Smart City berdasarkan Dimensi Teknologi, Sumber Daya Manusia, dan Insitutional di Kota Padang Panjang. Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 618 – 624. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1200

Istiqomah, dan Ahmad Fauzi. (2021). Strategi Fundraising Dana Zakat Pada Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Kota Kediri. Jurnal Ekonomi Islam 3(1):99–124.

Kettner, Peter M. (2002). Achieving Excellence in The Management of Human Service Organizations. Boston : Allyn and Bacon.

Kettner, Peter M. (2002). Excellence In Human Service Organization Management. Second Edi. A Person Education Company.

Maulidiyah, Nikmahtul, dan Darno. (2019). Pengaruh Transparansi Dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Terhadap Kepercayaan Donatur di Yayasan Sosial Keagamaan. Jurnal Akuntansi Terapan 1(1):1–8.

Muksin, Ahmad, Aditya Arya Prananda, Fauziah Fatiha, Agun Christian Nugroho, Ernita Fentini, dan Ahmad Rizky Ariq. (2023). Meningkatkan Kinerja Organisasi Non Profit Melalui Desain Organisasi yang Inovatif dan Berkelanjutan. Musytari : Neraca Manajemen, Akutansi, dan Ekonomi 2(1).

Muna, F. ., Sutrisno, E. ., & Giyanto, B. (2024). Case Study of the Institutional Management Policy National Laboratory Post Transition the National Institute of Health Research and Development (NIHRD) . International Journal of Economics Development Research (IJEDR), 5(1), 569–578. https://doi.org/10.37385/ijedr.v5i2.5054

Nugroho, A. B., Ravenska, N., & Zulvia, P. (2021). Lifestyle Patterns During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 564(Icas 2020), 78–82. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.015

Pradesa, H. A., Zulvia, P., & Syawali, A. Z. S. (2022). Policy Advocacy for Strengthening Village Governance in Developing Tourism Destination in Wangunharja Village. Empowerment Society, 5(1), 33–40. https://doi.org/10.30741/eps.v5i1.840

Rachmasari, Yessi, Soni A. Nulhaqim, dan Nurliana C. Apsari. (2016). Strategi Fundraising: Konsep dan Implementasi. diedit oleh B. W. & S. T. Raharjo. Bandung: Unpad Press.

Sargeant, Adrian. (2010). Fundraising Principal and Practices. John Wiley & Sons, Inc.

Sutrisno, E., & Mabileti, A. (2023). Effective Village Fund Utilization Model In Alor Regency, East Nusa Tenggara. Ilomata International Journal of Social Science, 4(2), 278-302. https://doi.org/10.52728/ijss.v4i2.751

Tantriani, dan Sri Wibawani. (2022). Formulasi, Implementasi , dan Evaluasi Strategi BUM Desa ‘Sarana Mandiri’ pada Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan 11(3):121– 32.

Tindaon, S.S. (2023).Edukasi dan Pelatihan Dasar Berinvestasi di Pasar Modal Bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah Agro Garut. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol Pp. 3330 – 3338.

Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)