Peninjauan Product knowledge dan Product involvement Dalam Meningkatkan Minat Menggunakan Aplikasi Pospay di Kota Bandung

Yusra Kamilatun Nuha, Hafid Aditya Pradesa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meninjau pengaruh product knowledge dan product involvement terhadap minat menggunakan aplikasi Pospay di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan responden pengguna Pospay di Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disusun berdasarkan indikator-indikator dari product knowledge, product involvement, dan minat menggunakan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa product knowledge berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan aplikasi Pospay. Pengguna yang memiliki pengetahuan yang baik tentang fitur dan manfaat aplikasi cenderung memiliki minat yang lebih tinggi untuk terus menggunakan aplikasi Pospay. Selain itu, product involvement juga berpengaruh signifikan lebih besar terhadap minat menggunakan aplikasi Pospay. Pengguna yang terlibat aktif dalam menggunakan aplikasi cenderung memiliki minat yang lebih tinggi untuk terus menggunakan aplikasi Pospay.Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan product knowledge dan product involvement pengguna terhadap fitur-fitur Pospay dapat meningkatkan minat dan adopsi penggunaan aplikasi Pospay. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi PT Pos Indonesia untuk secara berkelanjutan melakukan riset pasar terutama untuk aplikasi Pospay dan mengimplementasikan inovasi berdasarkan feedback pengguna.


Keywords


Product knowledge, Product involvement, Minat Menggunakan, Pospay, Fintech

Full Text:

PDF

References


Ahmad, F., Harahap, A. S., & Nugroho, A. B. (2020). Strategi Peningkatan Kualitas Produk dan Keunggulan Kompetitif Dalam Industri UKM. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 4.0, 4, 178–181.

Anindya, J. P., Pradesa, H. A., Nugroho, A. B., & Wijayanti, R. (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Vaksin Virus (Studi Kasus Di PT . Bio Farma Bandung). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 5324–5337.

Foster, B., Hurriyati, R., & Johansyah, M. D. (2022). The Effect of Product Knowledge, Perceived Benefits, and Perceptions of Risk on Indonesian Student Decisions to Use E-Wallets for Warunk Upnormal. Sustainability (Switzerland), 14(11). https://doi.org/10.3390/su14116475

Gunawan, I. M. I., & Suartina, I. W. (2021). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Product Knowledge, Dan Trust Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Reksadana Bibit (Studi Kasus Pengguna Platform Digital Fintech Bibit). Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1150–1160.

Hanif, R. (2022). Menentukan Loyalitas Pengguna Shopeepay Berdasarkan User Experience dan Kepercayaan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 164–172. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.969

Hanif, R., Astuti, W., & Sunardi, S. (2024). The Mediating Role of Customer Satisfaction in the Effect of Perceived Enjoyment on Customer Trust in Online Investment Application. Innovation Business Management and Accounting Journal, 3(1), 18–29. https://doi.org/10.56070/ibmaj.2024.003

Indarsyah, R., Rahman, A., Putrianti, S. D., & Taufik, N. I. (2023). The Marketing Strategy Model For Eid Cookies At UMKM Ranayya Kitchen Uses The Business Model Canvas (BMC) And Swot Analysis Model Strategi Pemasaran Kue Kering Lebaran Di UMKM Ranayya Kitchen Menggunakan Business Model Canvas (BMC) Dan Analisis Swot. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 7481–7480. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Khairunnisa, B. V., & Hendratmi, A. (2019). The Influence of Product Knowledge and Attitude Towards Intention in Mudharabah Funding Products in Sharia Banks in Mataram. KnE Social Sciences, 663–677. https://doi.org/10.18502/kss.v3i13.4239

Lestari, S.S.A., Hanif, R. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Ulang Menggunakan Brilink Melalui Kepuasan Pelanggan di Desa Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 7 (1), 127-141.

Nikmatullah, H. R., Wijayanti, R., Kurniawan, I., & Purba, C. O. (2023). Peranan Service Convenience dalam Meningkatkan Repurchase Intention dan Loyalitas Pelanggan di Bahagia Kopi. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 8018–8030. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Nugroho, A. B., Ravenska, N., & Zulvia, P. (2021). Lifestyle Patterns During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 78–82. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.015

Pamungkas, S. R., Tricahyono, D., & Soetjipto, R. (2024). Pengaruh Keamanan Data Dan Kemudahan Bertransaksi Terhadap Minat Beli Menggunakan Dompet Digital Dana Pada Kalangan Mahasiswa Di Bandung. DINAMIKA EKONOMI : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 405–424.

Putriansyah, R.S.A., Wijayanti, R., Ravenska, N., Tindaon, S.S. (2023). Analisis Promotion Mix Hijab Mandjha Ivan Gunawan. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7 (1), 131-140.

Rahman, A., Nugroho, A. B., Tindaon, S. S., & Wijayanti, R. (2020). Advokasi Model Pemanfaatan E-Commerce Untuk Peningkatan Daya Saing Umkm. SeTIA Mengabdi - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 63–69. https://setiamengabdi.stialanbandung.ac.id/index.php/stiamengabdi/article/view/8

Ruchyadi, A. P., & Ramadhan, F. (2023). the Influence of Product Perception and Knowledge on Interest Use Application Fund in Method Payment Wallet Digital (User Application Fund in Regency Karawang). Sean Institute, 12(03), 106–112.

Sabila, S.S., Pradesa, H.A., Zulvia, P., Purba, C.O. (2023). Penerapan Importance Performance Analysis (IPA) Pada E-Service Quality Pembelian Tiket Kereta Lokal Melalui KAI Access. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7 (1), 194-200.

Simbolon, A. S., & Heriyadi, H. (2023). Peran Moderasi Literasi Fintech pada Pengaruh Application Quality dan Product Knowledge terhadap Reuse Intention DANA melalui Customer Satisfaction sebagai Mediasi di Indonesia. Management Business Innovation Conference 2023, 129–140.

Ulrica, T., & Lego, Y. (2021). Pengaruh Pengetahuan Produk, Keterlibatan Produk, Dan E-Wom Terhadap Niat Pembelian Produk Max Factor Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tarumanagara Melalui Website Sociolla Di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(2), 491–499. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11896

Wijayanti, R., Ravenska, N., & Nugroho, A. (2022). Business Model Innovation with Design Thinking Approach at Bumdes Pagerwangi. Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021. https://doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315259

Zulvia, P., & Harahap, A. S. (2023). Advokasi Digitalisasi Desa Dalam Pengembangan Potensi Desa Cibodas Lembang Sebagai Desa Digital. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 518–525. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2501

Zulvia, P., Gedeona, H. T. W., & Pradesa, H. A. (2022). Disentangling Important Factors in Service Quality: An Empirical Study in Vocational Higher Education at Bandung City. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(2), 128–141. https://doi.org/10.30741/adv.v6i2.938


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)