Studi Tentang Kompetensi Pelayanan Prima Pada Aparatur Desa Sukaraja Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut

Koharudin Koharudin, Ramdani Priatna

Abstract


Penelitian ini mengenai analisis pegawai di bagian Pelayanan di Desa Sukaraja Kabupaten Garut.Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriftif bertujuan untuk mengetahui gambaran pegawai di bagian pelayanan di Desa Sukaraja Kabupaten Garut. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara secara mendalam dan telaahan dokumen.Teknik verifikasi data menggunakan trigulasi teknik,sedangkan untuk reabilitas dilakukan dengan memeriksa transkrip wawancara Analisis data dan penyusunan kesimpulan. Hasil penelitian pegawai di bagian pelayanan di Desa Sukaraja Kabupaten Garut dilihat dari aspek kualitas kerja ,kecepatan bekerja,komunikasi dan kemampuan pegawai sudah baik.Sedangkan dilihat dari inisiatif pegawai yaitu masih terbatasnya pengetahuan di bagian pelayanan di Desa Sukaraja kabupaten Garut di bidang IT untuk menunjang pelaksanaan tugas Berdasarkan kesimpulan di atas ,Penulis dapat memberikan saran sebagai berikut melaksanakan sosialisasi dan pembekalan terhadap pegawai di bagian pelayanan Desa Sukaraja kabupaten Garut bekerjasama dengan instansi terkait,melaksanakan pengkajian formasi pegawai di bagian layanan Desa Sukaraja kabupaten Garut dan melaksanakan program pengembangan diri untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta kerjasama dalam bekerja dengan program motivator building.


Keywords


Pelayanan Prima, Aparatur Desa, Kompetensi

Full Text:

PDF

References


Agustina, I., Pradesa, H. A., & Putranto, R. A. (2021). Peran Dimensi Motivasi Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Komitmen Afektif Pegawai. JEMAP: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Dan Perpajakan, 4(2), 218–235. https://doi.org/10.24167/jemap.v4i2.3237

Ahmad, H. (2020). Analisis Kompetensi Aparat Pemerintah Desa Dalam Menunjang Pembangunan Desa di Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Proceedings of IICSDGs, 8–20.

Alfian, Y. (2019). Peran Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Kepada Masyarakat Di Desa Ciharashas Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 3(1), 59–69.

Anwar, S. (2022). The Role of The School Committee as a Mediator Between Educational Institutions and Village Communities in Madrasah Tsanawiyah, Gabus Sub-district, Grobogan Regency. Jurnal Administrasi Negara, 28(2), 138–162. https://doi.org/10.33509/jan.v28i2.1712

Arifin, N. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori dan Kasus. Unisnu Press.

Azzahra,S., Wijayanti, R. (2023). Strategy of Population Administration Services in Bojongloa Kaler District During Covid-19 Pandemic. Fourth International Conference on Administrative Science (ICAS 2022), pp. 102-111.

Baharuddin, B., & Nara, N. (2019). Kompetensi dan Komitmen dalam Kinerja Layanan Publik. Unhas Press.

Dharmanegara, I.B.A., Harijanto, D., Jamaluddin, M.R., Agustina, I. (2023).Mengeksplorasi Dimensi Perilaku Inovatif PNS: Sebuah Studi Empiris di Kabupaten Badung. Image: Jurnal Riset Manajemen, 11 (2), 269-282. https://doi.org/10.17509/image.2023.025

Djuka, W. R. K., Fithriana, N., & Larasati, D. C. (2022). Pelayanan Prima Dan Faktor-Faktornya Dalam Pemberian Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Dau Kabupaten Malang. PANOPTIKON: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 1–14.

Hapsari, R. A., & Sudaryanti, S. (2021). Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa Dalam Optimalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi di Desa Ngimbrang Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung). JAP : Jurnal Administrasi Publik, 11(2), 112 – 128. https://doi.org/10.31506/jap.v11i2.8385

Hidayat, A. T., & Agustina, T. (2020). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Kompensasi, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Polisi Lalu Lintas Polresta Banjarmasin. BIEJ: Business Innovation & Entrepreneurship Journal, 2(1), 48–53.

Mugiarto, M., Agustina, I., & Suryaman, W. (2023). Adopsi Teknologi Aplikasi Aset Dan Kompetensi Pegawai Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Pengelolaan Barang Milik Negara Di Sopd Kota Cimahi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 4823–4835.

Pradesa, H. A., Agustina, I., Taufik, N. I., & Mulyadi, D. (2021). Stakeholder Theory Perspective in the Risk Identification Process in Village Government. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 5(1), 17–27. https://doi.org/10.30741/adv.v5i1.665

Pradesa, H.A., Tanjung, H., Agustina, I., Salleh, N.S.N.M.(2023). Increasing Proactive Work Behavior Among Teachers in Islamic Senior High School: The Role of Ethical Work Climate and Perceived Organizational Support. International Journal of Islamic Educational Psychology, Vol. 4, No.2, pp. 244 – 260. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i2.19911

Pramuditha, R. (2021). Aspek Terpenting Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan : Sebuah Studi Empiris Pada Layanan E-KTP Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 2(1), 83–102.

Pramuditha, R., & Agustina, I. (2022). Persepsi Masyarakat Pengguna Atas Kualitas Pelayanan E-KTP Pada Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(1), 884–901.

Prasetyo, A. W. (2019). Telaah Pengembangan Kompetensi Aparatur Pemerintah Desa. Journal of Public Administration and Local Governance, 3(2), 105–115.

Putranto, R. A., Andikaputra, F. A. T., Pradesa, H. A., & Priatna, R. (2022). Meningkatkan komitmen bagi Aparatur Sipil Negara : Perspektif teori pertukaran sosial dalam akuntabilitas organisasi publik. Fair Value Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 915–926.

Putranto, R., Dawud, J., Pradesa, H., Harijanto, D., & Agung Dharmanegara, I. (2022). Manajemen Talenta Pada Sektor Publik: Sebuah Studi Literatur Serta Arah Model Kajian Untuk Masa Depan. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(2), 176-211. https://doi.org/10.32815/jpro.v3i2.1463

Sutrisno, E. (2020). Civil servants management reform in west java province: A case study. Jurnal Good Governance, 16 (1), 1 – 7.

Taufik, N. I., Pradesa, H. A., & Agustina, I. (2022). Persepsi Risiko Pada Pemerintahan Desa: Sebuah Tinjauan Dari Perspektif Perangkat Desa Di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 120–135. https://doi.org/10.32812/jibeka.v16i1.353

Turiasih, E. ., Asropi, A., & Sutrisno, E. . (2024). Competency Development for Animal Handlers : Human Resource Perspective . International Journal of Economics Development Research (IJEDR), 5(2), 1406–1422. https://doi.org/10.37385/ijedr.v5i2.4893

Utami, I. R., Putranto, R. A., & Agustina, I. (2022). Strengthening Public Service Motivation with Spiritual Leadership : An empirical Study of Public Organizations in East Java. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 12(4), 338–351.

Wicaksono, E., & Ilyas, S. M. (2022). Analisis Kinerja Aparatur Desa Dalam Memberikan Pelayanan publik (Studi Kasus di Desa Karanggeger Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo). Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(01), 61–70. https://doi.org/10.46306/jbbe.v15i1.157

Wijayanti, R., Taufik, N.I. (2022). The Role of Village Funds to Improve Community Welfare: A Study in West Bandung Regency. International Journal of Entrepreneurship and Business Development (IJEBD), 5 (1), 155-163. https://doi.org/10.29138/ijebd.v5i1.1641


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)