Penanganan Keluhan Penyewaan Point Lab Coworking Space di Bandung Milik PT. POS Properti Indonesia
Abstract
Point Lab Coworking space merupakan salah satu Unit Bisnis di bidang hospitality milik PT Pos Properti Indonesia yang memiliki tujuan untuk memberikan kontribusi profit bagi perusahaan. Maka perusahaan harus mampu bersaing dengan bisnis sejenis yang mulai menjamur khususnya di Kota Bandung. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana Point Lab melakukan penanganan keluhan pelanggan yang menjadi salah satu bagian penting dalam perusahaan yang bergerk di bidang jasa agar bisa terus digunaka oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penanganan keluhan pelanggan sejauh ini (2) merumuskan usulan perbaikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah pegawai tenant privat office. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah responden 74 orang. Berdasarkan analisis menggunakan indikator penanganan keluhan yaitu Empat indikator penanaganan keluhan yaitu Empati terhadap pelanggan, Kecepatan dalam peanganan keluhan, Kewajaran dalam pemecahan masalah dan Kemudahan bagi konsumen untuk menghubungi perusahaan yang kemudian dimasukkan kedalam garis kontinum menunjukkan bahwa penanganan keluhan pelanggan yang dilakukan Point Lab berada dalam kategori baik dengan skor aktual 2.979 dengan persentase 73,56%. Maka dari Point Lab bisa memulai dengan penyediaan media penyapaian keluhan yang beragam, membuat SOP yang terpadu, pembentukan tim lapangan untuk mengecek kebutuhan konsumen secara berkala dan melakukan pelatihan pegawai untuk penanganan keluhan konsumen.
Kata Kunci : Point Lab Coworking Space, Penanganan Keluhan, Garis Kontinum
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Etta, M. (2015). Kepercayaan Konsumen Terhadap Atribut Produk. 14–46.
Dwiputrianti, S., Nugroho, A.B., Islam, V.R., Kurniawan, I. (2023).Increasing Consumer Hedonic Shopping Motivation in Encouraging the Purchase of Local Skincare Products' Somethinc'. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI), 4 (2), 200-210. https://doi.org/10.31289/jimbi.v4i2.2831
Febrianti, W. , Rahman, A., Rahmawati, A., & Taufik, N. I. (2023). Model Penilaian Kinerja Keuangan PT XYZ . Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5596–5604. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2843
Firdaus, Adi. Univeristas Komputer Indonesia. Skripsi, Bab IV. Diakses dari (https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/795/jbptunikompp-gdl-adifirdaus-39714-4-unikom_2-v.pdf).
Lestari, S.S.A., Hanif, R. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Ulang Menggunakan Brilink Melalui Kepuasan Pelanggan di Desa Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 7 (1), 127-141.
Hanif, R., Astuti, W., & Sunardi, S. (2024). The Mediating Role of Customer Satisfaction in the Effect of Perceived Enjoyment on Customer Trust in Online Investment Application. Innovation Business Management and Accounting Journal, 3(1), 18–29. https://doi.org/10.56070/ibmaj.2024.003
Hanif, R., Sidi, A.P., Annisa, A.R.(2024).Model Aida Pada Pelayanan Pelanggan Untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian. CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 8 (1), 19-33. http://doi.org/10.25273/capital.v8i1.19931
Hidayat, I. F. ., Wijayanti, R. ., & Taufik, N. I. . (2024). Analisis Kinerja Keuangan PT Bank Syariah Indonesia Tbk Menggunakan Metode Sharia Conformity and Profitability (SCnP) Periode 2021-2023. Economics and Digital Business Review, 5(2), 472–487. https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i2.1562
Indarsyah, R., Rahman, A. ., Putrianti, S. D. ., & Taufik, N. I. . (2023). Model Strategi Pemasaran Kue Kering Lebaran Di UMKM Ranayya Kitchen Menggunakan Business Model Canvas (BMC) Dan Analisis Swot. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 7471–7487. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2790
Kawidjaya, S. P., Nugroho, A. B., Pradesa, H. A., & Taufik, N. I. (2023). Persepsi Atas Kualitas Sistem Dan Informasi Dalam Mendorong Kepuasan Pengguna Sistem BJB Greens. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 7775–7788. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2548
Korelasi Product Moment. Diakses dari (http://elemetafor.Weebly.com/uploads/1/1/7/8/11788213/tugas_statistik_pendidikan_sadriadi.docx)
Lukman, R. I., & Dwimawanti, I. H. (2020). Analisis Penanganan Keluhan di Pusat Pengelolaan Pengaduan Masyarakat (P3M) Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 10(1), 144–163.
Novitasari, D. E., Arso, S. P., & Fatmasari, E. Y. (2016). Analisis Pelaksanaan Penanganan Keluhan Pelanggan Dan Pelayanan Informasi di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 4(1), 1–23.
Nugroho, A. B., Ravenska, N., & Zulvia, P. (2021). Lifestyle Patterns During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 564(Icas 2020), 78–82. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.015
Nuraieni, F. A., Ravenska, N., & Pradesa, H. A. (2021). Applying Importance Performance Analysis (IPA) Method in Analyzing Level of Service Quality. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 5(2), 85–93. https://doi.org/10.30741/adv.v5i2.779
Pradesa, H.A.; Purba, C..O.; Priatna, R. (2021). Menilai risiko dari organisasi yang bertransformasi: pelajaran terbaik untuk penguatan akuntabilitas pendidikan tinggi di Indonesia. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, v. 9, n. 2, p. 146-158, DOI:https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.40104.
Pradesa, H. A., Agustina, I., Sulistyan, R. B., & Rusdianti, I. S. (2023). Studi Empiris Tentang Kompetensi Auditor Dalam Melakukan Fungsi Audit Internal Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 10(1), 81-91. https://doi.org/10.35838/jrap.2023.010.01.08
Putriansyah, R.S.A., Wijayanti, R., Ravenska, N., Tindaon, S.S. (2023). Analisis Promotion Mix Hijab Mandjha Ivan Gunawan. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7 (1), 131-140.
Rahayu, T. R. P. ., & Tindaon, S. S. (2024). Penerapan Service Quality Dan Service Recovery Untuk Meningkatkan Customer Satisfaction Pada Hotel Nyland Bandung . Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 8570–8579. https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.5637
Sabila, S.S., Pradesa, H.A., Zulvia, P., Purba, C.O. (2023). Penerapan Importance Performance Analysis (IPA) Pada E-Service Quality Pembelian Tiket Kereta Lokal Melalui KAI Access. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7 (1), 194-200.
Salsabil, H., Ravenska, N., Taufik, N.I., Wijayanti, R. (2023). Perancangan Brand Strategy Canvas Untuk Meningkatkan Brand Awareness Pada Perusahaan Haircare. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7 (1), 105-114.
Syawali, A.Z.S., Harahap, A.S., Pradesa, H.A., Andikaputra, F.A.T. (2023).Analisis Penggunaan Aplikasi BJB DIGI Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 624 – 633. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1205
Taufik, N.I., Sulistianti, I., Pradesa, H.A. (2022). Penilaian risiko pada layanan pembayaran pensiun PT Asabri Bandung: Sebuah praktek terbaik untuk penguatan tata kelola perusahaan. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5 (2), 857-867. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i2.1729
Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.
Tindaon, S.S., Asty, W.D. (2023). Marketing Mix Strategy to Increase the Product Sales at Flaleeka Creative Industry. Journal of Advanced Management Science Vol. 11, No. 3, pp. 91 – 98.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)