Pelaksanaan Proses Seleksi Karyawan Pada Panin Dubai Syariah Bank Kantor Bandung

Nova Nurafiah Budiana, Metha Djuwita Supriatna

Abstract


Dalam pelaksanaan proses seleksi yang di Panin Dubai Syariah Bank KC Bandung masih ditemukan hal – hal yang dapat mengurangi keefektifan dalam proses seleksi karyawan. Hal tersebut terdapat dalam sistematika penilaian yang dilakukan selama proses seleksi dilaksanakan yaitu pemberian penilaian yang masih bersifat subjektif dan pemberian penilaian dapat dilakukan oleh Back Office yang memberikan penilaian tanpa mengetahui fakta dari pelamar apakahberkompeten atau tidak. Pada proses seleksi yang dilaksanakan di Panin Dubai Syariah Bank KC Bandung ini dilakukan dengan menggunakan pendekatanSuccessive Hurdles Selection Approved. Untuk tahapanseleksi di Panin Dubai Syariah Bank KC Bandung sendiri dilakukan dengan menggunakan proses wawancara langsung yang dinilai langsung oleh Branch Manager. Dalam proses pelaksanaan seleksi juga formulir interview seharusnya menjadi dasar acuan penilaian, tetapi pada kondisi lapangan formulir interview tidak berpengaruh terhadap proses penilaian yang diberikan pewawancara karena pengisian formulir interview bisa juga diisi oleh Back Office. Hal ini menjadikan bahwa formulir interview hanya sebagai bahan laporan saja tetapi poin-poin yang ada di dalamnya tidak dijadikan sebagai acuan dasar penilaian terhadap pelamar.

Keywords


Seleksi Karyawan, Penilaian Subjektif, Perencanaan SDM

Full Text:

PDF

References


Ade, A. A. (2018). Metode dan Prosedur Pelaksanaan Rekrutmen Seleksi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kompetensi, Vol 12, No 2, 94.

Anindita, N., Maasir, L. (2019).Work Life Balance (WLB) melalui Penerapan Aplikasi Kerja Berbasis IT pada Pegawai Wanita. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 3 (1).

Anindita, N., Hidayat, M.T. (2023). Implementasi Analisis Kebutuhan Pelatihan Pegawai Negeri Sipil di Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Jombang. Journal of Economics and Business UBS, 12 (1), 127 – 142. https://doi.org/10.52644/joeb.v12i1.119

Anindya, J. P., Pradesa, H. A. ., Nugroho, A. B. ., & Wijayanti, R. (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Vaksin Virus (Studi Kasus di PT. Bio Farma Bandung). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5324–5337. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2567

Anwar, S., Pradesa, H.A., Ahmad, F. (2022).Testing Military Professionalism Construct: An Empirical Evidence From Indonesian Army (Case On Batallion Arhanud 2/ABW/2 Kostrad Malang). Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021, September 15 2021, Bandung, Indonesia. http://dx.doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315242

Bellionardi, A. R. (2013). Model Analisis Perekrutan dan Seleksi Karyawan di PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia (SAMI). Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 43.

Damayanti, M.K., Anindita, N., Ahmad, F. (2023). Perencanaan Kebutuhan Pegawai Berdasarkan Analisis Beban Kerja Melalui Metode FTE (Full Time Equivalent) Pada PT. X. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS, 17 (1), 1 – 14. https://doi.org/10.61133/pns.v17i1.388

Suwatno, S. (2011). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Harijanto, D., Salleh, N. S. N. M., Touati, H., Dharmanegara, I. B. A., & Tanjung, H. (2022). Human Resource Development Perspective in Analyzing the Strategic Environment: Case on Inspectorate Probolinggo Regency. Innovation Business Management and Accounting Journal, 1(3), 86–93. https://doi.org/10.56070/ibmaj.v1i3.15

Harsoko, R. M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Aktivitas Utama Dan Pengembangan Sdm). Malang: Ub Media.

Listiani, T., Salsadila, D. A., Pradesa, H. A., & Maasir, L. (2023). Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Berdasarkan Analisis Kesenjangan Kompetensi Marketing Executive Di PT Pegadaian Kantor Wilayah X. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5848–5859. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.3111

Marnis, P. d. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Nikmatullah, H. R. , Wijayanti, R., Kurniawan, I., & Purba, C. O. (2023). Peranan Service Convenience dalam Meningkatkan Repurchase Intention dan Loyalitas Pelanggan di Bahagia Kopi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 8018–8030. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2655

Pradesa, H. A., Agustina, I., Sulistyan, R. B., & Rusdianti, I. S. (2023). Studi Empiris Tentang Kompetensi Auditor Dalam Melakukan Fungsi Audit Internal Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 10(1), 81-91. https://doi.org/10.35838/jrap.2023.010.01.08

Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Retrieved from UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Siagian, S.P. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Susilarini, T. (2021). Diktat Kuliah Pengantar Psikodiagnostik III. Retrieved from Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia

Samsudin. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Pustaka Setia.

Taufik, N.I., Wijayanti, R. (2021). Penerapan E-Office di Lingkungan Politeknik STIA LAN Bandung. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8 (6), 424-428. http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3754

Wijayanti, R., Ravenska, N., & Nugroho, A. (2022). Business Model Innovation with Design Thinking Approach at Bumdes Pagerwangi. Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021. https://doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315259


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)