Peran Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kopi Kataji Bandung

Nafisa Meilania Azzahra, Iwan Kurniawan

Abstract


Pertumbuhan bisnis bidang F&B (Food and Beverages) di Indonesia saat ini begitu pesat. Salah satunya adalah bisnis coffeeshop yang sudah tersebar di Kota Bandung. Kopi Kataji merupakan bisnis yang bergerak dibidang F&B (Food and Beverages) dan berdiri sejak tahun 2020. Dalam kegiatan bisnisnya, Kopi Kataji masih belum menjalankannya dengan maksimal, salah satunya yaitu penerapan strategi pemasaran yang dilakukan Kopi Kataji belum optimal yang dipengaruhi oleh beberapa faktor untuk meningkatkan tingkat kepuasan konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Penelitian ini dilakukan di Kopi Kataji Bandung dengan tujuan untuk mengetahui faktor harga, kualitas produk dan promosi yang mempengaruhi kepuasan pelanggan Kopi Kataji Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi logistik. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa variabel harga (X1) dan variabel kualitas produk (X2) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Kopi Kataji Bandung. Sedangkan variabel promosi (X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Kopi Kataji Bandung


Keywords


Harga, Kualitas Produk, Promosi, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Budyono, A., Manajemen, D., Ekonomi, F., & Manajemen, D. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Petani Dalam Melakukan Pembelian Sepeda motor Di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Skripsi Sarjana, Institut Pertanian Bogor).

Irawan, H. (2008). Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan (P. Pradnya, Ed.; 1st ed.). Kelompok Gramedia.

Fitriani, L., Kurniawan, I., Ahmad, F. (2020). Strategi Pengembangan Potensi Desa dengan Pembuatan Klaster di Wilayah Kabupaten Bandung. Jurnal Wacana Kinerja, 23 (2), 151 – 178. http://dx.doi.org/10.31845/jwk.v23i2.202

Kotler, P., & Armstrong, G. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition. Pearson Education.

Kotler, P., & Garry Armstrong. (2008). Manajemen Pemasaran (1st ed.). Erlangga.

Nugroho, A.B. , Ahmad, F., Harahap, A.S. (2020). Product Quality Improvement Strategy and Competitive Advantage In Industry Competition. Prosiding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 4.0, 178 – 181.

Nugroho, A. B., Ravenska, N., & Zulvia, P. (2021). Lifestyle Patterns During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 564(Icas 2020), 78–82. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.015.

Nuraieni, F. A., Haryanto, N.D., & Pradesa, H. A. (2021). Faktor Penentu Dalam Mendorong Niat Membeli “Odading Mang Oleh”. Jurnal Ekonomi Manajemen, 7 (2), 113–126. https://doi.org/10.37058/jem.v7i2.2735

Purba, C. O., Handayani, H. (2022).The Use Of Social Media Influencers in Digital Marketing to Target Consumer Buying Interest. Jurnal Mirai Management, 7 (3), 372 – 380.

Purba, C. O., Nurhaliza, L. ., & Putrianti, S. D. . (2022). Strategi Bauran Pemasaran Produk Tabungan Emas di PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Ujungberung Bandung. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 10 (3), 169-180.

Rachmawati Nurfitri, A., & Setyaningsih, E. (2022). Peran persepsi harga, kualitas produk, promosi dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada swalayan di Kota Depok. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue

Sa’adah, L., & Munir, A. F. (2020). Kualitas Layanan, Harga, dan Citra Merek serta Pengaruhnya Terhdap Kepuasan Konsumen. Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia.SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.

Tonce, Y., & Rangga, Y. (2022). Minat Dan Keputusan Pembelian : Tinjauan Melalui Persepsi Harga & Kualitas Produk (Kodri, Ed.). CV. Adanu Abimata.

Zulvia, P., & Haryanto, N. D. (2021). Increasing Customer Statisfaction Through Improving Service Quality at the Purworejo Post Office 54100. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 195-211. https://doi.org/10.31113/jia.v18i2.796


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)