Penerapan Importance Performance Analysis (IPA) Pada E-Service Quality Pembelian Tiket Kereta Lokal Melalui KAI Access

Sania Salsa Sabila, Hafid Aditya Pradesa, Pepi Zulvia, Caesar Octaviandy Purba

Abstract


PT. Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang mengatur, menyediakan dan mengurus jasa angkutan kereta api di Indonesia. Hal tersebut mengharuskan perusahaan memberikan layanan yang terbaik bagi para calon penumpangnya. Salah satu upayanya adalah dengan menyediakan layanan berbasis internet dengan meluncurkan aplikasi berupa KAI Access yang diharapkan mampu mempermudah calon penumpang dalam memesan tiket dan mengakses informasi mengenai kerata api. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Gap dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan metode Analsis Gap nilai keseluruhan menunjukkan hasil -0,49. Sedangkan nilai rata-rata per atribut secara keseluruhan bernilai negatif. Pada nilai rata-rata keseluhan tingkat performance sebesar 3,74 lebih kecil dari nilai importance sebesar 4,19 yang artinya Persepsi < Harapan yang berarti kinerja masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Dari hasil metode IPA pada pemetaan diagram kartesius terdapat 2 atribut pada kuadran I, 11 atribut pada kuadran II, 7 atribut pada kuadran III dan tidak ada yang masuk ke dalam kuadran IV. Dapat disimpulkan bahwa perlu ada peningkatan pada tujuh dimensi untuk meningkatkan layanan KAI Access.

 


Keywords


KAI Access, Kualitas Layanan, Electronic Service Quality, Importance Performance Analysis

Full Text:

PDF

References


Anindya, J. P. ., Pradesa, H. A. ., Nugroho, A. B. ., & Wijayanti, R. (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Vaksin Virus (Studi Kasus di PT. Bio Farma Bandung). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5324–5337. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2567

Elma, N., Ariyanti, M., Sumrahadi. S. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Online (E-Servqual) Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Pada Bhinneka.Com. E-proceeding Of Management, Vol. 5 No. 1, pp. 141 – 151.

Haryanto, N. D., Zulvia, P., & Setiawan, B. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Kuadran Importance Performance Analysis (IPA) dan Indeks Potential Gain Customer Value (PGCV) Pada Kantor Pos Purworejo 54100. Progress Conference, 4(1), 413–423.

Novira, A., Priatna, R., Pradesa, H.A.(2020).Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Kesehatan Puskesmas di Kabupaten Sumedang Tahun 2019. JEMAP: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, dan Perpajakan, Vol. 3, No.2, pp. 288 – 302.

Nugroho, A.B. , Ahmad, F., Harahap, A.S. (2020). Product Quality Improvement Strategy and Competitive Advantage In Industry Competition. Prosiding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 4.0, 178 – 181.

Nugroho, A. B., Ravenska, N., & Zulvia, P. (2021). Lifestyle Patterns During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 564(Icas 2020), 78–82. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.015

Nuraieni, F. A., Haryanto, N.D., & Pradesa, H. A. (2021). Faktor Penentu Dalam Mendorong Niat Membeli “Odading Mang Oleh”. Jurnal Ekonomi Manajemen, 7 (2), 113–126. https://doi.org/10.37058/jem.v7i2.2735

Nuraieni, F. A., Ravenska, N., & Pradesa, H. A. (2021). Applying Importance Performance Analysis (IPA) Method in Analyzing Level of Service Quality. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 5(2), 85–93. https://doi.org/10.30741/adv.v5i2.779

Pradesa, H.A., Agustina, I., & Zulvia, P. (2022). Mengurai Faktor Terpenting Pada Kualitas Pelayanan Pembiayaan Murabahah Pada Bank Perkreditan Rakyat Syariah. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 725-734. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2419

Rahayu, D. (2022). E-service Quality From Mobile Application KAI Access PT Kereta Api Indonesia (persero) DAOP II Bandung. Journal of Applied Business Administration, 6(2), 115-122. https://doi.org/10.30871/jaba.v6i2.4258

Ravenska, N., & Zulvia, P. (2022). Perilaku Impulsive Buying Masyarakat Bandung Raya Pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 15-26. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.133

Pramuditha, R., & Agustina, I. (2022). Persepsi Masyarakat Pengguna Atas Kualitas Pelayanan E-KTP Pada Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(1), 884-901. https://doi.org/10.31955/mea.v6i1.1922

Purba, C. O., Handayani, H. (2022).The Use Of Social Media Influencers in Digital Marketing to Target Consumer Buying Interest. Jurnal Mirai Management, 7 (3), 372 – 380.

Purba, C. O., Nurhaliza, L. ., & Putrianti, S. D. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Produk Tabungan Emas di PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Ujungberung Bandung. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 10 (3), 169-180.

Taufik, N.I., Sulistianti, I., Pradesa, H.A. (2022). Penilaian risiko pada layanan pembayaran pensiun PT Asabri Bandung: Sebuah praktek terbaik untuk penguatan tata kelola perusahaan. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5 (2), 857-867. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i2.1729

Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.

Wijayanti, R., Ravenska, N., & Nugroho, A. (2022). Business Model Innovation with Design Thinking Approach at Bumdes Pagerwangi. Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021. https://doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315259

Zulvia, P., & Haryanto, N. D. (2021). Increasing Customer Statisfaction Through Improving Service Quality at the Purworejo Post Office 54100. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 195-211. https://doi.org/10.31113/jia.v18i2.796

Zulvia, P., Gedeona, H. T. W., & Pradesa, H. A. (2022). Disentangling Important Factors in Service Quality: An Empirical Study in Vocational Higher Education at Bandung City. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(2), 128–141. https://doi.org/10.30741/adv.v6i2.938


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)