Strategi Peningkatan Kompetensi Teknis Personel Polri di Polsek Tanggeung Cianjur

Eva Yulianti, Nefi Aris Ambar Asmara

Abstract


Kepolisian sektor Tanggeung adalah bagian dari kepolisian resort Cianjur provinsi jawa barat. Undang-undang kepolisan nomor 2 tahun 2002, menyatakan bahwa tugas dan fungsi kepolisian adalah pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi teknis personel, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi teknis, hambatan untuk meningkatkan kompetensi, bagaimana strategi untuk meningkatkan kompetensi teknis personel polri di polsek Tanggeung Cianjur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa, implementasi peningkatan kompetensi personel belum optimal,  motivasi personel untuk meningkatkan kompetensi sangat rendah, serta kompetensi teknis personel dilihat dari karakteristik usia dan karakteristik masa kerja perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil analisis lingkungan internal dan eksternal dirumuskan strategi peningkatan kompetensi teknis personel, sebagai berikut: (1) Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan kompetensi teknis personel. (2) Merumuskan anggaran tunjangan kinerja. (3) Memotivasi pegawai melalui promosi jabatan. (4) Beasiswa untuk Bintara polri. (5) Membangun suasana hati personel melalui kenaikan gaji dan tunjangan kinerja. (6) Memfasilitasi personel dengan teknologi sebagai alat yang digunakan untuk pelayanan public secara online.

Keywords


strategi, kompetensi teknis, personel polri

Full Text:

PDF

References


Jubaedah, E. (2019). Analisis Hubungan Gaya Kepemimpinan dan Kompetensi Komunikasi dalam Organisasi. Jurnal Ilmu Administrasi Negara.

Luliyani, D., Listiani, T., & Ambar Asmara, N. A. (2019). Pola Karier Berbasis Kompetensi di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Bandung. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kineja Berbasis Kompetensi (Revisi ed.). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Muliawaty, L. (2019). Peluang dan Tantangan Sumber Daya Manusia di Ea Disrupsi. Jurnal Ilmu Administrasi, 10.

Rangkuti, F. (2015). nalisis SWO. Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi. OrganizationaL Behavior (16 ed.). Salemba Empat.

Sedarmayanti, & Eliyani, E. L. (2015). Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Efektivitas penatausahaan barang Persediaan Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan-Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi, XII.

Sedarmayanti, Listiani, T., Jubaedah, E., & Christiningrum, V. A. (2019). The Influence Of Competency and Compensation on Performance of Full Time Employees in Parahyangan Catholik University Bandung. ATLANTIS PRESS.

Soehardi, S., Rony, Z. T., & Nurbaiti, B. (2020). Pengaruh Kompetensi Teknis, Disiplin dan Kompensasi Tidak Langsung Terhadap Kinerja Anggota Provos . Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara.

Spencer, L. M., & Spencer, S. M. (1993). Competence at Work. Canada: Simultaneously i.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, W., Jubaedah, E., & Dawud, J. (2021). Technical Competency Development Planning Model at The Regional Secretariat of Purwakarta Regency. ICAS.

http://www.flevin.com/id/lgso/legislation/Mirror/czozMToiZD1ibisyMDEwJmY9Ym40MjMtMjAxMC5wZGYmanM9MSI7.pdf#

https://jdihn.go.id/files/4/2002uu002.pdf

https://kalsel.polri.go.id/perkap/2017/PERKAP%20NOMOR%2016%20TAHUN%202017%20TTG%20POLA%20KARIER%20BINKAR%20PNS%20.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2023
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)